berkreasi penuh inspirasi

kita harus semangat dalam beraktifitas

Rabu, 18 Desember 2019

Big Dreasts and Wide Hips


Judul Buku    : Big Dreasts and Wide Hips
Penulis          : Mo Yan
Tebal Buku    : 752
ISBN             : 978 - 978 024 – 246 - 3
Penerbit        : Serambi Ilmu Semesta


Keren tantangan Reading Challenge ODOP (RCO) pekan ini sangat menyenangkan dengan membaca sebuah buku terjemahan dari luar negeri dan membandingkannya dengan keadaan di Indonesia.



Sangat banyak buku terjemahan di sini, sehingga dengan mudah mendapatkannya. Ada buku yang tebal dengan cover yang menarik berwarna merah dengan desain yang sangat apik ditambah ada gadis berpayung putih menambah apik tampilan buku ini.

Sangat senang membaca karya-karya Mo Yan yang mampu menghadirkan nuansa yang berbeda dalam karyanya. Kalau menurut saya yang juga suka membaca buku psikologi, karya Mo Yan bisa masuk dalam halusinasi yang realistis.

Beberapa waktu lalu saat ada tugas keluar kota, tidak lupa membawa buku ini, sebagai bagian tugas tantangan Reading Challenge Odop (RCO) senantiasa tidak akan terlewatkan dan tetap terlaksana melanjutkan membaca Big Dreasts and Wide Hips.

Dari berbagai karya yang telah saya baca semua ceritanya sangat kompleks dengan cerita yang detail, deskriptif, dan sistematis. Memadukan realitas dan fantasi yang dibalut dengan nilai sejarah, budaya, dan dinamika sosial pada masyarakat sebagai suatu fenomena.

Sangat menarik ceritanya, sebagai seorang pembaca pasti memiliki sudut pandang bisa berbeda-beda. Sebuah kritik sosial yang ingin di bangun mengenai peran perempuan yang menjadi komoditi baik masyarakat maupun media.

Mengisahkan tentang seorang ibu yang ditekan harus melahirkan anak laki-laki, tapi ternyata suaminya mandul. Akhirnya si ibu selingkuh dengan banyak lelaki. Anak 1-8 perempuan, baru ketika melahirkan ke sembilan kali dapat anak kembar perempuan dan laki-laki.

Dari kisah dalam novel ini bisa kita petik bahwa seorang istri jangan terlalu bergantung sama suami. Iya kalau suaminya baik, kalau dapat suami yang kejam seperti Shangguan Shouxi seperti dalam cerita ini kan, celaka!

Dalam novel ini perempuan benar-benar seperti tidak ada harganya. Bahkan lebih rendah dari hewan ternak. Kekerasan yang terjadi di dalam rumah tangga juga sangat mengerikan, di luar batas.

Hal utama yang bisa dipetik dari novel ini adalah sebagai kaum wanita jangan mau ditindas begitu saja. Harus memperjuangkan kebahagiaannya sendiri, jangan bergantung pada orang lain.

Sangat seru membacanya membutuhkan ketelatenan dan kesabaran dengan halaman yang fantastis setebal 750. Penerbit Serambi Ilmu Semesta telah menghadirkan buku yang menarik dengan judul Big Dreasts and Wide Hips, karya Mo Yan. Novel yang memukau berlatar kisah nyata. Cerita yang sangat luar biasa, meramu fantasi, kritik sosial dan kisah supranatural.
#RCO6 #OneDayOnePost

Tidak ada komentar: