berkreasi penuh inspirasi

kita harus semangat dalam beraktifitas

Selasa, 11 Agustus 2020

MEMBINA PERSAHABATAN SEJATI

 

Jadi Apakah Persahabatan Itu ?

Persahabatan adalah hubungan timbal balik antara 2 orang atau lebih yang di dasari atas asas sukarela untuk berbagai kepentingan tertentu dengan intensitas hubungan yang sangat erat.

Bagaimana sebuah hubungan di katakan sebagai “Persahabatan” ?

Sebuah hubungan dikatakan persahabatan jika memiliki ciri-ciri sebagai berikut :

-          Saling menyayangi dan berbagi dalam banyak hal

-          Saling setia, jujur dan kerjasama yang baik

-          Saling berkomunikasi secara intensif

-          Saling menjaga rahasia saling percaya dan mengedepankan kejujuran

-          Saling membantu terutama saat salah satu mendapatkan kesulitan

-          Saling Menjaga persamaan hak dan kwajiban

-          Saling menghargai adanya perbedaan, baik perbedaan hobi, visi dan status sosial

 

 Bagaimana Membina persahabatan agar awet dan lebih bermanfaat.

1. Menghormati dan Menghargai, Kalau kita ingin bersahabat dengan seseorang, jangan pernah kita melihat latar belakang orang tersebut. Jangan pernah kita melihat dia dari golongan mana, suku mana, agama apa, dll. Jadi siapapun dia dan apapun latar belakangnya kita harus menghormati dan menghargainya

2. Saling Menjaga Rahasia, Sahabat adalah merupakan tempat kita berbagi dan berkeluh kesah. Tak jarang rahasia pribadi mereka, mereka mau menceritakan sama kita. Untuk itu supaya persahabatan tetap terjaga, kita harus menjaga rahasia itu dan jangan kita sia-siakan kepercayaan sahabat itu yang sudah di berikan kepada kita.

3. Jangan Bermuka Dua, Manusia di dunia ini tak ada seorangpun yang sempurna. Begitu juga dengan sahabat, tak pernah lepas dari yang namanya kesalahan, lupa dan khilaf. Jadi kalau suatu saat nanti sahabat kita melakukan kesalahan baik yang di sengaja maupun tidak, jangan pernah kita membicarakan dia di belakangnya. Apapun dia masalah itu harus di selesaikan dengan baik-baik.

4. Jadilah pendengar yang baik buat teman-temanmu, Jangan pernah sekalipun kamu bersikap menggurui. Memberi nasihat boleh-boleh aja, tapi jangan melakukannya dengan cepat. Pelahan-lahan namun pastikan temanmu itu mendengarkannya.

5. Setiap orang memiliki pribadi yang unik dan khas, Cobalah mengerti bagaimana karakter temanmu. Hormatilah pendapatnya. Walau kadang kalian bisa saling berbeda pendapat dan keyakinan, namun pasti ada jalan tengah yang bisa ditempuh asal jangan tergesa-gesa memutuskannya.

6. Peliharalah kepercayaan yang telah diberikan oleh teman dekatmu itu., Kalo yang ini nyambung tuh sama yang sebelumnya, yaitu Saling Menjaga rahasia. Jangan pernah sekali-kali kamu mengobral rahasia temanmu pada orang lain. Saling jaga rahasia, anggap saja antara kalian ada sebuah permainan yang hanya bisa dimainkan oleh kamu dan temanmu.

7. Berilah dukungan dan pujilah temanmu, kesampingkan kesalahannya dan kelemahannya.Memberi dukungan kepada sahabat dalam keadaan apapun itulah yang terbaik. Apalagi saat temam/sahabat kita mengalami suatu masalah yang membuat ia terpuruk, maka kta sebagai sahabatnya harus bisa menghiburnya dan membuat ia ceria kembali. Dukungan dari orang-orang yang berarti bisa menjadi sebuah kekuatan untuknya.

8. Jangan pernah merasa iri kepada temanmu. Kebahagiaannya adalah bahagia milikmu juga. Ikut berbahagialan atas keberhasilan temanmu. Iri itu hanya membawamu pada keburukan. Buang jauh-jauh perasaan iri. Kita patut ikut Berbahagia apabila teman/sahabat kita mendapatkan suatu kebahagiaan atau keberhasilan.

9. Dekat bukan berarti harus tergantung satu sama lain. Berikan pertolongan secukupnya. Jagalah ‘jarak’ yang wajar. Mundurlah sedikit bila kita merasa pertemanan sudah terlampau dekat. Sebaliknya, mendekatlah kala kita merasa pertemanan sudah semakin renggang.

10. Sisihkan waktu untuk melakukan kegiatan refresing bersama. Kembangkan sikap toleransi, fleksibelitas, asertive, empati dan belajar saling memahami. Kegitan keluar/liburan dan hang out bareng bisa mendekatkan satu sama lain. Sering-seringlah jalan bareng temen.

11. Jangan pernah ragu untuk minta maaf pada temanmu saat kamu melakukan sebuah kesalahan padanya. Setelah itu berusahalah perbaiki kesalahanmu. Begitu pula sebaliknya, berikan maaf dan lupakan kesalahannya jika ia bersalah.

12. Harus Peduli. Sebagai yang sahabat yang baik, kita harus peduli kepada sahabat kita. Jadi jangan sewaktu kita membutuhkan pertolongan dia ada untuk kita, sementara disaat dia butuh pertolongan kita justru tak mau peduli dan tak mau tau.

 

 

 

 

Tujuh sikap terbaik dalam membangun tali persahabatan : 

1.   Jadilah diri yang rendah hati. Seorang yang memiliki sikap rendah hati akan lebih mampu dalam membangun tali persahabatan. Lawan utama dari sikap ini adalah kesombongan. Manakala kita lebih banyak sombongnya daripada rendah hatinya maka akan makin sedikit orang yang tetap mau berteman dengan kita. 

Sikap rendah hati tidak muncul tiba tiba, ada banyak faktor yang menjadi latar belakang mengapa orang yang sombong tiba tiba bisa berubah menjadi rendah hati.Salah satu faktor yang memberi pengaruh besar itu berasal dari dalam sendiri, yaitu keinginan untuk menjadi manusia yang lebih baik dan lebih berguna dar sebelumnya.

2.   Jadilah pendengar yang baik. Tampaknya begitu mudah ketika kita diminta untuk menjadi pendengar, namun hanya ada sedikit orang yang mampu menjalankan hal ini. Seorang yang biasa dan telah terlatih untuk mendengarkan orang lain maka ia akan lebih mudah diterima orang lain dimanapun berada. Dengarkan baik baik ketika sahabat kita sedang bercerita, fokuskan perhatian terhadap apa yang sedang diceritakan, jangan sampai sahabat kita merasa dicuekin karena kita syik main game atau begitu asyik menonton televisi. 

3.   Berikan pujian yang tulus kepada sahabat. Mungkin ada sebagian pembaca yang belum pernah memberikan pujian kepada temannya sendiri meski jalinan persahabatan yang ada telah terjalin selama puluhan tahun ? Kita tak boleh terlambat untuk memberikan pujian, kita hendaknya percaya bahwa pujian akan memberi semangat dan energi baru untuk sahabat sahabat yang ada dalam hidup ini.Kita mesti yakin bahwa seburuk apapun ke lakuan dari sahabat kita maka mereka pasti punya sisi keunggulan yang pantas diganjar dengan pujian. Sanjuangan yang bernilai positif itu ibarat angin dalam roda mobil, atau udara yang membuat balon terbang ke tempat yang lebih tinggi. Asal pujiannya tak terlalu sering dan tidak over maka jalinan persahabatan akan makin langgeng dimasa masa berikutnya. 

4.   Mengalah demi kebaikan sahabat. Sungguh teramat beruntung ketika kita memiliki sahabat sahabat yang lebih banyak mengalah dan lebih mengutamakan kepentingan kita. Mereka inilah yang jiwanya bersih, hatinya tulus dan mampu menghargai arti persahabatan lebih tinggi dari umumnya orang. Mereka menjadikan kita sahabat bukan karena harta atau apa, namun mereka membangun persahabatan dengan tujuan untuk memberi kebaikan kepada sesama.  Dari sekian banyak jumlah teman yang kita miliki maka hanya ada sedikit sahabat yang mempunyai sikap lebih banyak mengalah.Tentunya kita bisa belajar lebih banyak dan meneladani sikap yang begitu mulia ini, karena sikap mengalah pada jangka panjangnya akan membuat kita makin kuat. 

5.   Berani menegur kita dengan sikap yang tegas tetapi santun. Sahabat yang baik bukanlah orang yang selalu setuju dengan semua tindakan yang kita ambil. Menegur sahabat tak selamanya mudah, perlu cara dan waktu yang tepat pula.  Kita mungkin pernah mengalami hal yang tak enak saat menegur sahabat yang melakukan kesalahan, karena mereka malah jadi membenci dan menjauh dari kita. Kita dianggap telah mencampuri urusannya dan sok peduli dengan masalahnya. Selama niat kita tulus dan kita yakin bahwa teguran itu demi kebaikan sahabat kita maka jangan pernah ragu untuk mengingatkan sahabat yang kita cintai. 

6.   Setia dan tanggung jawab. Inilah sikap yang sangat dibutuhkan sahabat sahabat kita, mereka sangat membenci yang namanya pengkhianatan baik itu dilakukan secara terang terangan ataupun melalui cara cara keji yang tak mereka ketahui sepanjang hidupnya. Jangan pernah mengorbankan sahabat sendiri hanya karena kita ingin kepentingan pribadi segera terwujud. Sahabat yang telah bertahun tahun dengan kita dan telah bersama dalam kita dalam suka atau duka itu jauh lebih penting dari segalanya. Kebeningan dan kesetiaan yang telah sahabat berikan kepada kita tak akan pernah bisa dibeli, tak ada orang yang sanggup membeli kedamaian pikiran saat kita bersahabat dengan orang lain.  Sebagian dari kita ada yang mengorbankan sahabat hanya demi tujuan uang dan kekayaan, padahal para ahli telah menemukan satu bukti andai seluruh harta dan uang di dunia ini diubah menjadi emas maka hanya akan menjadi beberapa kubik saja, namun seluruh emas yang telah disatukan ini tak akan mampu menggantikan kelembutan dan kesetiaan para sahabat kita yang mengagumkan. 

7.   Rutinkan untuk mendoakan sahabat kita. Apapun agama yang kita anut maka jangan pernah lupa untuk mendoakan mereka, kebiasaan ini akan membuat kita makin dekat dengan Tuhan dan kita akan memahami bahwa mereka ada dalam hidup kita tentu bukan tanpa sebab. Harus kita akui bahwa kita berhutang besar atas kebaikan para sahabat, kita tak mungkin melupakan mereka, sejelek apapun perilaku sahabat maka jangan pernah bosan untuk memberi harapan lewat doa doa suci saat kita menyatukan hati kepada Tuhan. Doa kebaikan akan kembali kepada diri kita dan mendoakan kejahatan atau kecelakaan untuk sahabat maka itu pun akan kembali pada diri kita. Wahai sahabat...boleh saja kau melupakanku, tetapi jangan pernah bosan untuk mengingatku dalam tiap sembah sujudmu. Karena itulah yang aku inginkan, aku ingin kelak engkau tahu bahwa tali persahabatan diantara kita bukan karena apa, tetapi karena kita ingin mendapat kebaikan dalam hidup baik kini, esok ataupun selamanya. 

 

      Hal-hal yang merusak Persahabatan

·      Sudah tidak ada kejujuran, rasa saling percaya dan rasa saling mebnjaga rahasia

·      Adanya persaingan yang tidak sehat dan kecemburuan

·      Mulai mementingkan kepentingan dan keuntungan pribadi

·      Tidak adanya keadilan, keseimbangan , kebersamaan dan rasa saling memiliki lagi.

227 komentar:

1 – 200 dari 227   Lebih baru›   Terbaru»
Unknown mengatakan...

Nama:Roro alifia tazkiya nafsi
Absen:25
Kelas:7-7
Jawaban:menjalin persahabatan yang baik dilakukan dengan cara saling percaya,saling membantu apabila teman sedang kesusahan,saling mendukung dalam kebaikan

Unknown mengatakan...

Komentat:Saling menghargai, tidal membedabedakan teman,saling membantu.
Kelas:7-7
Absen:2
Nama:Ahmad farel affandi

Triani Wulandari7-7 mengatakan...

Nama : Triani Wulandari
Kls. :7-7
No absen : 30
Jawab : dengan kita meyakini bahwa sahabat itu sangat penting dalam kehidupan kita dan kita harus menghargai apa itu persahabatan ,dan persahabatan itu amatlah penting bagi kita semua

Unknown mengatakan...

Nama:Kisna Undarwati
Kls:7-7
Absen:13
Jwb:Dengan saling percaya dan terbuka satu dengan lainnya dan fleksibel

Roudhotul Jannah mengatakan...

Nama : Yunita Febrianti
Kelas: 7-7
Absen: 32
Komentar: saling menghargai perbedaan, saling membantu satu sama lain, tidak menyinggung baik perkataan maupun perbuatan, berkomunikasi dengan baik.

Ahmad Rafi Ardiansah mengatakan...

Nama: Ahmad Rafi Ardiansah
Absen:03
Kelas:7-7
Comentar:Sahabat adalah teman kita kita harus tolong menolong tidak membedakan membantu ketika memerlukan bantuan.

Jawaban dari soal pembelajaran konseling mengatakan...

Nama :Maya Setiyo Puji Purwandari
Kls :7-7
No.absen:15
Jawaban.:Dgn memahami sifat & karakter sahabat kita,selalu menghargai satu sama lain,selalu memberi suport untuk hal" positif yg akan dilakukan sahabat kita,saling mengingatkan apabila ada kesalahan yg dilakukan & apabila salah satu dari kita yg bersalah harus siap untuk meminta maaf,sedangkan yg lainnya jg harus siap untuk memaafkan & melupakan segala masalah yg sudah terselesaikan

Unknown mengatakan...

Nama:Enggar Dyah Sesulih
Absen:09
Kelas:7-7
Komentar:kita harus saling menjalin persahabatan dengan cara,saling percaya dan mengedepan kan kejujuran ,saling menjaga persamaan hak dan kewajiban, saling menghargai adanya perbedaan hobi,visi,dan status sosial

Nama:Dini Imroatus Sholekah mengatakan...

Nama:Dini Imroatus Sholekah
Kls:7-7
Absen:Persahabatan adalah hubungan timbal balik antara 2 orang atau lebih yang di dasari atas asas sukarela untuk berbagai kepentingan tertentu dengan intensitas hubungan yang sangat erat.

Anonim mengatakan...

Nama:Muhammad Thoriqia Rahman
No.absen:18
Kelas:7_7
menjujung tinggi hubungan prsahabatan,dengan cara saling menghormati ,saling jujur,menjaga setiap perkataan agar tidak saling menyinggung perasaan,saling mengingatkan dansaling menolong dalam hal hal kebaikan.

Unknown mengatakan...

Nama:Aulia Alifatur Rohmania
Kls :7-6
Absn:08
Jawaban:saling percaya dan terbuka antar satu sama lain,saling mendukung yg menjadi keputusan sahabat,Memahami sifat dan karakter sahabat

Unknown mengatakan...

Nama;Carere Sanita Ganie
Kls;7'6
No.Abs: 9
Komentar: Sahabat adalah teman yg antar satu sama lain saling mendukung, menghormati, saling percaya,saling menghargai antar adanya perbedaan dan saling membantu dalam hal hal kebaikan

Unknown mengatakan...

Nama: Putri Ayuningnegari
Kls:74
No.absen:23
Komentar: Sahabat Adalah teman yang baik dan lebih menyayangi kita dari teman yang lain dan sahabat yang baik tidak akan menyakiti hati kita

Hendra Julian Pratama mengatakan...

Nama:Hendra Julian pratama
Kls:7-4
No absen:1
Komentar:sahabat adalah seseorang yang bisa kita ajak berbagi dalam keadaan suka maupun duka. Sebagai sahabat kita tidak boleh memanfaatkan kekurangan sahabat kita,, namun sebaliknya kita harus bisa saling melengkapi kekurangan dan kelemahan sahabat kita sendiri.

Anonim mengatakan...

Nama:Cantika putri lestari
Kelas:7-4
Absen:21
Jawaban:Berilah dukungan dan pujilah temanmu, kesampingkan kesalahannya dan kelemahannya.Memberi dukungan kepada sahabat dalam keadaan apapun itulah yang terbaik. Apalagi saat temam/sahabat kita mengalami suatu masalah yang membuat ia terpuruk, maka kta sebagai sahabatnya harus bisa menghiburnya dan membuat ia ceria kembali. Dukungan dari orang-orang yang berarti bisa menjadi sebuah kekuatan untuknya.

Unknown mengatakan...

Kita harus saling menghargai dan tetap memberi dukungan dan saling membantu

Unknown mengatakan...

Nama Rendika Guntur Alfian Akbar
Kelas 7-8
Kita harus saling menghargai dan saling membantu

Fadhil mengatakan...

Nama : Fadhil Rizky Akbar
Kelas : 7-8
No.absen : 11

Jawaban :
Jadilah diri yang rendah hati. Seorang yang memiliki sikap rendah hati akan lebih mampu dalam membangun tali persahabatan.

Unknown mengatakan...

Nama: Mandania Dewi Safitri
Kls:7-8
Absen:31

Kita harus saling percaya satu sama lain dan tidak meng hianati 1 Sama lain saling menjaga rahasia agar bisa mempererat saat satu dari kalian mengalami kesusahan maka kalian bantu dia saling mendukung saling mensupport apa yg disuka sahabat kalian jangan saling kerendahkan dan mengejek apa yg disukai sahabat kalian

Unknown mengatakan...

Nama : Elvina masrurotul mufiddah
Kelas: 7-8
No absen : 28
Jawaban : kita harus menghormati dan saling tolong menolong terhadap sahabat,teman,orang tua,dll.

Fatoni mengatakan...

Nama:muhammad rizal fatoni
Kelas:7-8
No absen:10
Jawaban:kita harus tolong menolong terhadap sahabat,teman,orang tua,dll

Diana Aprilia mengatakan...

Nama: Diana Aprilia
No.absen: 29
Kelas: 7-8
Jawaban: Sesama sahabat kita harus saling memaafkan, menjaga kepercayaan satu sama lain, saling menyayangi,dan saling tolong menolong agar mempererat tali persahabatan

Agis Najrina Rahma mengatakan...

Nama: Agis Najrina Rahma
Kelas: 7.8
No absen: 20
Jawaban: kita selalu berkomunikasi dengan sahabat sahabat kita, supaya selalu akrab dengan mereka dan saling tukar pendapat dengan mereka sekali sekali kita berjumpa dengan mereka.

Unknown mengatakan...

Nama:Moch mi'rod ashofa
No absen:13
Kelas:7-8
Jawaban:Kita harus saling menghormati sesama teman meski berbeda ras suku agama dan adat istidat dengan itu kita bisa memupuk rasa persahabatan

M.vyan adrianto mengatakan...

Nama:muhammad vyan adrianto
Kelas:7.8
Jawab:kita selalu berkomunikasi dengan sahabat sahabatkita,supaya selalu akrab dengan mereka

Unknown mengatakan...

Nama: Apris kurniawanto
Kelas:3
Jawaban: kita selalu berkomunikasi dengan sahabat sahabat kita, supaya selalu akrab dengan mereka dan saling tukar pendapat dengan mereka sekali sekali kita berjumpa dengan mereka.

Unknown mengatakan...

NMa : Amelia Agustin Fatkhul Janah
Absen : 23
Kelas : 7-8

Jawaba : kita harus saling bertukar cerita, menjadi pendengar yang baik dan menjaga rahasia atau privasi sahabat kita dengan begitu kita bisa menjadi lebih dekat dengan sahabat atau teman kita

Anonim mengatakan...

Nama:Dhimas Pratama
Jawaban:Kita harus saling memaafkan
Sesama teman supaya semakin akrap dengan
Teman yang baru kenal

Aisyah mengatakan...

Nama:Aisyah novita sari kelas
Kls:78
Absen:3

Jawaban:
Kita harus saling terbuka dengan sahabat kita biar makin erat hubungan persahabatan

Unknown mengatakan...

Nama :Siti Nur Nabila Intan julianti
Kelas:7'8
Absen:24
Jwban:Dgn saling terbuka,saling percaya,saling menjaga dan saling menyayangi bahkan selalu ada saat sahabat kita sdng sedih maupun senang akan membuat hubungan persahabatan semakin erat.

Renr66823 mengatakan...

Nama:Queen kireina Zanuar Santi
Kls:78
Absen:18
Jawaban:dengan saling berbuka hati,saling percaya satu sama lain,saling menjaga selayak nya sodara,dan tidak menghianati satu sama lain,bahkan saat sahabat sedih kita harus ada disamping nya itu yg nama nya sahabat

Thoba Syifa'ul mengatakan...

Nama :Thoba Syifaul Qolbi
No :05

Jawab:Dengan sering berkomunikasi dan bercerita tentang diri nya masing masing maka kita akan tau apa kelemahan dan kelebihanya dwngan begitu kita bisa menjaga kata kata yang bisa menyinggung hati nya dengan begitu maka persahabatan akan terjaga dengan baik

Unknown mengatakan...

Nama:muhammad fahmi harist
Kelas:7-8

Jawaban:Kita harus saling menghargai dan tetap memberi dukungan dan saling membantu

Unknown mengatakan...

Nama Rendika Guntur Alfian Akbar
Kelas 7,8
Jawab:Dengan sering berkomunikasi dan bercerita tentang diri nya masing masing maka kita akan tau apa kelemahan dan kelebihanya dwngan begitu kita bisa menjaga kata kata yang bisa menyinggung hati nya dengan begitu maka persahabatan akan terjaga dengan baik

Nathaniela07 mengatakan...

Nama : Nathaniela Santika Dwi Nurlaila
Kelas : 7'2
Absen : 20
komentar : kita harus saling memaafkan bila ada kesalahan saling toling menolong guyub rukun

Nathaniela07 mengatakan...

Nama : Nathaniela Santika Dwi Nurlaila
Kelas : 7'2
Absen : 20
komentar : kita harus saling memaafkan bila ada kesalahan saling toling menolong guyub rukun

Nathaniela07 mengatakan...

Nama : Nathaniela Santika Dwi Nur laila
kelas : 7'2
Absen : 20
Komentar : kita harus saling tolong menolong,guyub rukun,saling memaafkan,salung bekerja Sama,tidak membiasakan berkelahi

Nathaniela07 mengatakan...

Nama : Nathaniela Santika Dwi Nur laila
kelas : 7'2
Absen : 20
Komentar : kita harus saling tolong menolong,guyub rukun,saling memaafkan,salung bekerja Sama,tidak membiasakan berkelahi

M.vyan adrianto mengatakan...

Nama:muhammad vyan adrianto
Kelas:7.8
No absen22
Komentar:kita harus saling tolong menolong

Unknown mengatakan...

Nama:Jovita deviana aulya putri hadi
Kelas:7-2
No.absen:14
Komentar:Saling tolong menolong,saling bekerja sama,guyub rukun,saling memaafkan

Unknown mengatakan...

Nama:Vian Ardila Syahputra
Kelas:7-2
Absen:31
Komentar:saling tolong menolong,saling menghargai,saling memaafkan

Unknown mengatakan...

Nama=Eva okta viona
Kls=7"2
No Ab=10
Komentar=Kita harus saling memaafkan sesama teman ,saling tolong menolong dan saling menghormati /menghargai sesama teman

Unknown mengatakan...

Nama:sindhu aditya japung
kelas:7-2
no.absen:30
komentar:saling tolong menolong,saling menghormati

Unknown mengatakan...

Nama : ahmad chumaidi azkiya
Kelas: 7-2
No. Absen : 02
Komentar: untuk memupuk persahabatan kita harus menghormati dan menghargai, saling menjaga rahasia, bersikap apa adanya, jangan bermuka dua, menjadi pendengar yg baik, memahami karakter teman, memelihara kepercayaan dan kejujuran, memberikan dukungan atau support, tidak iri, bisa jaga jarak( tidak selalu bergantung), menyisihkan waktu untuk refresing bersama, jangan malu minta maaf, dan dan saling peduli.

Unknown mengatakan...

Hs

Fathur mengatakan...

Nama : Muhammad Fathurrahman Hadi
Kelas : 7-2
No absen :19
Bagaimana cara kita memupuk persahabatan sehingga kita semakin akrab dengan sahabat kita?
Jawab : yaitu dengan menjaga komunikasi.,jangan malu untuk meminta maaf, menjaga kepercayaan, saling jujur, selalu ada di saat penting, menjadi pendengar yang baik dan jangan egois.

Unknown mengatakan...

Nama :nur Sheilla Najwa
Kls:7-2
No.absn:22
Komentar:sesama sahabat kita harus saling menghargai, tolong menolong, rukun, saling memaafkan,saling peduli,saling mendukung,saling menyayangi,berbicara dengan baik/sopan,dan Janggan berkelahi,
Sesama sahabat jangan berbicara yg tidak baik..
Contoh/ex:berkata jorok/yg tdk baik
Kenapa kitq tdk boleh berbicara seperti itu kpd sahabat?
Karena... kita bisa melukai hatinya,dan bisa membuat dia kecewa

Unknown mengatakan...

Nama:karima nur Fitriani
Kelas:7-8
Absen:27
Komentar:dalam persahabatan kita harus saling tolong menolong, sering bertukar cerita dengan sahabat,tidak saling membenci satu sama lain dan harus hidup rukun yang dilakukan dalam persahabatan adalah saling toleransi satu sama lain

Rahma amelia putri ramadhani mengatakan...

nama:Rahma amelia putri ramadhani
Kelas:7-2
No.absen:26
JAWAB:Saling merhomati dan menghargai satu sama lain,saling membantu,saling jujur,saling memaafkan,menjadi pendengar yang baik,tidak bersikap egois,bisa menjaga rahasia satu sama lain,jaga komitmen bersama.

Unknown mengatakan...

Nama:cheiza fadhilla anditya putri
Kelas:7-8
No absen:22
Cara membina persahabatan yaitu
Kita harus saling menolong, saling
Menghormati, jujur, tidak egois, dan kita
Harus saling terbuka 1 sama lain

Nihayatuz mengatakan...

Nama: Nihayatuz zahwa cahaya islami
Kls:7-2
Absen:21
komentar:saling percaya dan terbuka satu dengan lainnya

Unknown mengatakan...

Nama: cantika aurellia zahra Wardhani
Kelas:7-2
No absen:27
Jawab: saling menghargai ,saling menghormati , saling bersikap jujur, saling memahami , menjadi yg terbaik , menjaga rahasia dengan baik,tidak membeda bedakan satu sama lain, saling memaafkan,saling menasehati:)

Unknown mengatakan...

Nama:M.A.W.Aji
Kelas :7.2
Absen :17
Komentar
Dalam persahabatan kita harus saling menghormati, menghargai, saling percaya, dan tolong menolong, saling memaafkan, tidak membeda-bedakan teman.

Nihayatuz mengatakan...

Nama:Nihayatuz zahwa cahaya islami
Kls:7-2
Absen:21
komentar: saling percaya dan terbuka satu dengan lainnya

Anonim mengatakan...

Nama:Ashfa aulia agustin
Kelas:7-2
Absen:06
Komentar:Dalam sebuah persahabatan kita harus melakukan sesuatu untuk memupuk persahabatan kita agar semakin erat dan akrab,cara nya yaitu,berikan perhatian kpd sahabat yg lagi curhat,jika kita melakukan kesalahan jangan ragu utk meminta maaf ke sahabat kita,luangkan waktu utk refreshing bersama sahabat kita,sebisa mungkin kita menjaga rahasia sahabat kita,jangan bersikap egois,saling membantu,saling menghargai,dan nasehatilah sahabat kita jika dia berada di jalan yang salah

Unknown mengatakan...

Nama : M. A. W. Aji
Kelas :7.2
No absen :17
Komentar: Dalam persahabatan kita harus saling menghormati, menghargai, saling tolong menolong, tidak mementingkan diri sendiri.

Unknown mengatakan...

Nama:Pangkayuh yuwono kurniawan
Kls:7.2
No Absen:24
Komentar:saling percaya dengan satu dengan lainnya

Unknown mengatakan...

Nama : Ash Zahra Sausan Salzabila
Kelas : 7-2
No absen : 08
Komentar: di dalam persahabatan itu harus saling menyayangi dan berbagi banyak hal. Saling setia, jujur, dan bekerjasama yang baik, saling berkomunikasi secara intensif, saling bisa menjaga rahasia satu sama lain, membantu satu sama lain, saling menjaga persamaan hak dan kewajiban, menghargai perbedaan

Mohamad arga putra pratama mengatakan...

Nama:mohamad arga putra pratama
Kls:7-2
No absen:18
Jawaban
Kita harus tolong menolong , bila teman membuat salah kita maaf kan, kalau teman tidak tahu kita beritahu, tidak membedabedakan

Unknown mengatakan...

Nama: nuri rahmayani
Kls : 7-2
No absen :23
Jawaban : saling mengormati satu sama lain ,adil ,jujur ,selalu bersama

Alief S. N mengatakan...

Nama : Alief Shoufiya Nafi
Kls : 7-2
No. Absen : 05
Jawaban : Setia, bersama dalam suka maupun duka, jika ada salah saling memaafkan, tolong menolong, saling percaya, menjadi pendengar yang baik/temen curhat.💦💝

Wulan Agustin N. P mengatakan...

Nama:Wulan Agustin Nirmala Putri
Kelas: 7-2
No. Absen: 32
Jawab:
Cara yang dapat kita lakukan untuk memupuk persahabatan dapat dilakukan beberapa cara dan masing-masing individu memiliki cara yang berbeda-beda, menurut saya cara untuk memupuk persahabatan yaitu dengan selalu menjaga silaturahmi dengan sahabat kita, baik silaturahmi secara langsung maupun melalui telefon, saling pengertian antara satu dengan yang lain, saling tolong menolong, menghargai pendapat sahabat, dan selalu mengusahakan ketika sahabat membutuhkan kita.

Nathaniela07 mengatakan...

Nama : Ailla Azzura
Kelas : 7'2
Absen : 03
Komentar : Saling memaafkan,Guyub rukun,Tolong menolong

Siti muslikah mengatakan...

Nama: Wulan indah prastika
Kelas: 7-8
Absen: 30
Jawaban:persahabatan adalah suatu ikatan yang ada 2 orang atau lebih, dan didalam persahabatan kita harus saling menghargai, peduli satu sama lain dan saling toleransi atas apa yang terjadi.

Aisyah nuriatul humairoh 7-2 mengatakan...

Nama :Aisyah nuriatul humairoh
Absen:04
Kelas:7-2
Jawab:kita harus saling menjaga rahasia,tidak berkhianat,dan ketika teman kita bercerita maka dengarkanlah,adil,saling membantu dalam kesulitan.dan kita bersahabat tidak untuk tujuan harta tetapi untuk menjalin hubungan 1 sama lain.

Unknown mengatakan...

Nama: Saskiya a'yunul khusna
Kelas: 7-2
No absen: 29
Dalam persahabatan kita harus saling memaafkan satu sama lain, saling tolong menolong, tidak menyakiti perasaan teman DLL

Faisa Najwa Andini mengatakan...

Nama : Faisa Najwa Andini
Kelas 7-2
No Absen : 11
Jawaban : harus selalu parcaya dan saling membantu satu sama lain

Faisa Najwa Andini mengatakan...

Nama : Faisa Najwa Andini
Kelas : 7-2
No Absen : 11
Jawaban : harus saling menghirmati, saling percaya, dan saling membantu

Faisa Najwa Andini mengatakan...

Nama : Faisa Najwa Andini
Kelas 7-2
No Absen : 11
Jawaban : harus selalu parcaya dan saling membantu satu sama lain

Faisa Najwa Andini mengatakan...

Nama : Faisa Najwa Andini
Kelas : 7-2
No Absen : 11

Jawaban : harus saling membantu dan saling percaya dan menghormati

Faisa Najwa Andini mengatakan...

Nama : Faisa Najwa Andini
Kelas : 7-2
No Absen : 11
Jawaban : harus saling tolong menolong

Unknown mengatakan...

NAMA:ilham dwi irfandi
KLS:7-10
NO ABSEN:8

JAWABAN:Jangan mrnjelek kan satu sama lain

Unknown mengatakan...

Nama : Agustiani firnanda sari
Kelas : 7-10
No.abs : 2

Jawaban :- sudah tidak ada kejujuran,rasa saling percaya dan rasa saling menjaga rahasia
- adanya persaingan yang tidak sehat dan kecemburuan
- mulai mementingkan kepentingan dan keuntungan pribadi
- tak adanya keadilan,keseimbangan, kebersamaan,dan rasa tidak saling memiliki lagi

Unknown mengatakan...

Nama : Agustiani firnanda sari
Kelas : 7-10
No.abs : 2

Jawaban :- sudah tidak ada kejujuran,rasa saling percaya dan rasa saling menjaga rahasia
- adanya persaingan yang tidak sehat dan kecemburuan
- mulai mementingkan kepentingan dan keuntungan pribadi
- tak adanya keadilan,keseimbangan, kebersamaan,dan rasa tidak saling memiliki lagi

Unknown mengatakan...

Nama: FANITA NAFADILA FIRDANINGRUM
Kelas:7-10
No abs:27

Jawab:karena persahabatan itu harus ada saat kita sedih dan butuh pertolongan,
Bukan nya datang pas butuh nya saja

Alyatul Zulfaana Syafii'ah mengatakan...

Nama:Alyatul Zulfaana Syafii'ah
Kelas:7-10
Absen:24
Jawaban:karena sahabat harus ada di saat kita lagi
sedih atau butuh pertolongan,Dan bukan datang hanya
untuk saat mereka membutuhkan.Hal hal yg merusak persahabatan:
1.Adanya ketidak jujuran
2.tidak saling percaya
3.Ada persaingan yang tidak sehat
4.adanya kecemburuan
5.Dan tidak saling kompak

Dita aulia mengatakan...

Nama:Dita Aulia Rahma Ningtyas
Kelas:7'10
No. Abs:8
Jawaban:karena sahabat haru kompak
Berbohong,tidak percaya satu sama lain,egois,susah dibilangin,suka bicara dibelakang.

Elektronik mengatakan...

Nama :Arinka ardianti
Kelas:7-10
No.abs:7
Jawaban;karena persahabatan adalah seseorang yang selalu membantu,mendukung, dan berada didekat kita.
Hal-hal yang merusak persahatan:
-sudah tidak ada rasa saling menjaga rahasia
-adanya kecemburuan
-mulai mementingkan kepentingan pribadi
-tidak adanya kebersamaan

Nama : MUHAMMAD MEIDIKA NUR ROHMAN mengatakan...

Nama : MUHAMMAD MEIDIKA NUR ROHMAN
Kelas:7-10
No.Abs:11
Jawaban: Persahabatan adalah hubungan antara 2 orang/lebih yang saling menyuport 1 sama lain.Senang bersama,sedih/duka bersama itulah yang dinamakan sahabat.
Hal-hal yang merusak persahabatan :
-Tidak jujur 1 sama lain
-Menyimpan rahasia antara 1 sama lain
-Tidak percaya 1 sama lain
-Saling cemburu (sifat normal ini yang di
miliki oleh semua orang).

Unknown mengatakan...

Nama:wisnualbarokah
Kls:7-7
No.abs:31
Jawaban:membohongin teman
Bertengkar sama teman

Unknown mengatakan...

Nama:Ahmad farel affandi
Kelas:7-7
Absen:02
Komentar: agar tidak menrusak persahabatan adalah tidak pilih pilih, tidak boleh berbohong

Jawaban dari soal pembelajaran konseling mengatakan...

Nama :Maya Setiyo Puji Purwandari
Kelas : 7-7
No absen : 15
Jawaban : 1. Sudah tidak ada kejujuran
2. Hilangnya rasa saling percaya
3. Adanya persaingan yg tidak sehat
4. Hilangnya rasa saling menjaga Rahasia
5. Mulai mementingkan kepentingan & keuntungan pribadi

Unknown mengatakan...

Nama:kisna Undarwati
Kelas:7-7
Absen:13

Jawaban:contoh hal" yang merusak persahabatan:1.Egois 2.sinis 3.selalu menghakimi 4.adanya sifat kecemburuan,dll

Unknown mengatakan...

Nama:Aulia Alifatur RohmaNia
Kls :7-6
Absn:08
Jawaban:Hal" yg merusak persahabatan adalah: sudah tdk ada kejujuran,Adanya persaingan yg tdk sehat dan kecemburuan, mulai mementingkan kepentingan pribadi,Tdk adanya keadilan

Jawaban dari soal pembelajaran konseling mengatakan...

Nama :Maya Setiyo Puji Purwandari
Kelas : 7-7
No absen : 15
Jawaban : 1. Sudah tidak ada kejujuran
2. Hilangnya rasa saling percaya
3. Adanya persaingan yg tidak sehat
4. Hilangnya rasa saling menjaga Rahasia
5. Mulai mementingkan kepentingan & keuntungan pribadi

Unknown mengatakan...

Nama:elinda sephia anggraini
Kls:7-6
No absen:32
Jawaban:tidak jujur 1 sama lain
Tidak saling percaya
Dan cemburu

Unknown mengatakan...

Nama:elinda sephia anggraini
Kls:7-6
No absen:32
Jawaban:tidak jujur 1 sama lain
Tidak saling percaya
Dan cemburu

Moh arfan naq mengatakan...

Nama:moh arfan naqi
Kelas:7-6
No absen:4
Jawaban:hal yang merusak persahabatan adalah:saling menjelakkan teman,tidak mau menolong sat teman kesusahan dll

Unknown mengatakan...

NAMA:ENGGAR DYAH SESULIH
KLS:77
ABSEN:09
JAWAB:karena sahabat itu datang disaat kita lagi membutuhkan pertolongan bukan datang hanya untuk saat mereka membutuh kan.

Unknown mengatakan...

Nama :Naila Marsamda Aulia
Kelas :7-7
No. Absen :21
Komen :bertengkar dengan teman, tidak saling percaya, tidak saling menghargai

Kesya mengatakan...

Nama:Kesya Aluna Ramadhani
Kelas:7-7
No absen:12
Jawaban:Membeda bedakan teman,tidak jujur,tidak saling percaya,mementingkan kepentingan sendiri,cemburuan

Unknown mengatakan...

Nama: Moch. Maulana Ilham Chakiki
Kelas: 7-6
No absen: 21
Jawab: Iri dengan keberhasilannya, tidak mau menolong bila dalam kesulitan, tidak menghargai pendapatnya

Unknown mengatakan...

Nama:Djaseena Sabrina dzakiah
Kelas: 7'6
No.abs:13
Jawab:agar tidak merusak persahabatan adalah tidak pilih pilih, tidak boleh berbohong

Unknown mengatakan...

Nama:Difa milda
Kls:7-6
Absen:11
Jwb:memfitnah teman,iri dengan keberhasil an teman,berbicara kasar pada teman,memilih milih teman,mengejek teman,memusuh i teman tanpa alasan.

Mochamad Ridwan mengatakan...

Nama : Moch. Ridwan
Kelas : 7-6
Absen : 22
Jawab : Hal yang merusak persahabatan adalah iri dengan keberhasilan teman, mengadu domba, saling berbohong

Unknown mengatakan...

Nama : Afifa Maulida takhalliya
Kelas : 7-7
No absen : 1
Jawaban :
1. Kecemburuan. Sebenarnya sifat ini sangat normal dialami semua orang
2. Sinis
3. Egois
4. Selalu negative thinking
5. Selalu menghakimi

Unknown mengatakan...

Nama : Afifa Maulida takhalliya
Kelas : 7-7
No absen : 1
Jawaban :
1. Kecemburuan. Sebenarnya sifat ini sangat normal dialami semua orang
2. Sinis
3. Egois
4. Selalu negative thinking
5. Selalu menghakimi

Unknown mengatakan...

Nama:Carere Sanita Ganie
Kelas:7'6
No.absen: 9
Komentar:tidak jujur, tidak ada kekompakan , Saling bermusuhan,egois

Rahma mengatakan...

Nama:Tengku rahma syah putra
Kelas:7-6
No.absen:30

Unknown mengatakan...

Nama :Nazila Wahyuningsih
Kelas:7-5
Absen:25
Jawaban:iri dengan keberhasilan teman,menuduh teman tanpa alasan,tidak saling mempercayai, kecemburuan,sinis

Megaretameme mengatakan...

Nama:Megareta
Kelas:7-5
Absen:17
Jawaban:dengan tidak membuka aib sesama sahabat,maka persahabatan akan tetap utuh terjaga dan saling memahami keadaan satu sama lain.

Unknown mengatakan...

Nama : Oktavia Nurul Ambarwati
Kelas: 7-5
No.abs:27
Jawab :saling menyimpan dendam,Cemburuan,menuduh teman yang
tidak bersalah,sinis,saling negatif thinking,selalu
menuntu sahabat di samping kita,tidak saling percaya

Unknown mengatakan...

Nama:nazzala shaffa Rahmadhani
Kls:7'5
No.absen:26
Jawab:egois,selalu menghakimi
Tidak percaya satu sama lain,mementingkan diri sendiri,

chindy riyu mengatakan...

Nama: Chindy Riyu Aulya
Kelas:7-3
No.absen:21
Jawab: mementingkan diri sendiri, cemburu,egois.

Devi karmilaasari mengatakan...

Nama:Rendi Febrian Dwi Pratama
Kelas:7-1
Absen:26
Jawaban:Menyimpan dendam,sering bertengkar,selalu menuntut sahabat disamping,mengadu antar teman,fitnah teman,dan egois.

Sylvia mengatakan...

Nama : sylvia ananda riawan
Kelas : 7-1
No absen : 31
Jawab : kecemburuan, sinis, egois, selalu negatif thinking, selalu menghakimi, tidak saling percaya satu sama lain, mementingkan diri sendiri.

Unknown mengatakan...

NAMA:LAILI NUR QOMARIYAH
KLS :7-3
NO. :18
JAWABAN: sinis,egois ,tidak saling percaya 1 sama lain , mementingkan diri sendiri, dan selalu berpikiran negatif

Unknown mengatakan...

NAMA:LAILI NUR QOMARIYAH
KLS :7-3
NO. :18
JAWABAN: sinis,egois ,tidak saling percaya 1 sama lain , mementingkan diri sendiri, dan selalu berpikiran negatif

Unknown mengatakan...

Nama:Yella Eka Ariani
Kelas:7-1
No Absen:32
Jawab:Bagi saya sahabat adalah teman tapi sudah saya anggap sebagai saudara saya.Dia selalu menemani saya dalam suka maupun duka.Dia selalu datang ketika saya sedang butuh pertolongannya.
Hal-hal yang merusak persahabatan:
-Egois/mementingkan diri sendiri contohnya:Memaksa sahabat untuk pergi kekantin,kekopsis,dll.
-Tidak jujur antar satu sama lain
Contohnya:Menyembunyikan sesuatu dari sahabat,jika ada masalah dipendam sendiri.
-Adanya kecemburuan antar sahabat
Contohnya:Ketika sahabat akrab dengan teman yang lainnya dan menjadikan sahabat satunya marah.
-Iri dengan sahabat
Contohnya:Katika sahabat mempunyai keberhasilan dan sahabat satunya merasa bahwa dia juga harus mendapatkan itu.

Unknown mengatakan...

Nama : Aida Miftahus Sa'adah.
Kls : 7-1.
No.absen : 02
Jawaban : Hal² yg dpt merusak persahabatan adalah : 1.Merasa selalu dikucilkan dlm pertemanan/persahabatan. 2.Selalu berfikir negative tentang sikap slh satu dari sahabat. 3.Kecemburuan melihat sahabat sendiri asik dgn org lain. 4.Sengaja membuka rahasia/aib sahabat sendiri di depan umum.

Unknown mengatakan...

Nama:Sella fatimatuz zahra
No:30
Kelas:7-3
Komentar:sudah tidak ada kejujuran,

,adanya kecemburuan ,tidak ada keadilan,dan adanya persaingan.

Unknown mengatakan...

Nama:Fairuz Samudra Zhafran Zaky
Kelas:7.1
No.Absen:10
Komentar:'contoh hal-hal yang dapat merusak persahabatan':saling mengolok-olok.

Unknown mengatakan...

Nama:Muhammad fatkhurrahman
Kls:7-1
No:19
Komentar:menyimpan dendam,saling tidak ada kepercayaan antara satu dengan yang lain, sudah tidak ada kejujuran, merasa selalu dikucilkan dalam pertemanan.

Ayin Nadhirin mengatakan...

Nama : Ayin nadhirin
Kelas : 7,3
No. absen : 20
Jawab : tidak saling percaya 1 sama lain, mementingkan diri sendiri, keras kepala, menjelekkan nama sahabat

Ayin Nadhirin mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
Eva Auliya mengatakan...

Nama:Eva Aulya Aminatuz Zahro
Kelas:7-1
Absen:9
Menyimpan dendam,saling tdk ada kepercayaan antara satu dengan yang lain sudah tdk ada kejujuran merasa selalu di kucilkan dalam pertemanan saling meng olok-olok dan sering memfitnah teman

Dyna okta via fitri mengatakan...

𝙽𝚊𝚖𝚊:𝙳𝚢𝚗𝚊 𝚘𝚔𝚝𝚊𝚟𝚒𝚊 𝚏𝚒𝚝𝚛𝚒
𝙺𝚎𝚕𝚊𝚜:7-3
𝙽𝚘 𝚊𝚋𝚜:12
𝙹𝚊𝚠𝚊𝚋𝚊𝚗:𝚖𝚎𝚗𝚞𝚛𝚞𝚝 𝚜𝚊𝚢𝚊 𝚜𝚊𝚋𝚊𝚛 𝚒𝚝𝚞 𝚜𝚊𝚕𝚒𝚗𝚐 𝚖𝚎 𝚗𝚐𝚎𝚛𝚝𝚒 𝚂𝚊𝚝𝚞 𝚜𝚊𝚖𝚊 𝚕𝚊𝚒𝚗 𝚍𝚊𝚗 𝚜𝚊𝚑𝚊𝚋𝚊𝚝 𝚒𝚝𝚞 𝚜𝚎𝚕𝚊𝚕𝚞 𝚊𝚍𝚊 𝚍𝚒 𝚔𝚎𝚊𝚍𝚊𝚊𝚗 𝚊𝚙𝚊𝚙𝚞𝚗 𝚔𝚎𝚊𝚍𝚊𝚊𝚗 𝚜𝚞𝚔𝚊 𝚊𝚝𝚊𝚞𝚙𝚞𝚗 𝚔𝚎𝚊𝚍𝚊𝚊𝚗 𝚍𝚞𝚔𝚊 𝚍𝚊𝚗 𝚜𝚎𝚘𝚛𝚊𝚗𝚐 𝚜𝚊𝚑𝚊𝚋𝚊𝚝 𝚊𝚔𝚊𝚗 𝚜𝚎𝚕𝚊𝚕𝚞 𝚊𝚍𝚊 𝚓𝚒𝚔𝚊 𝚔𝚎2 𝚙𝚒𝚑𝚊𝚔 𝚝𝚎𝚛𝚜𝚎𝚋𝚞𝚝 𝚜𝚊𝚕𝚒𝚗𝚐 𝚖𝚎𝚖𝚊𝚑𝚊𝚖𝚒 𝚍𝚊𝚗 𝚜𝚊𝚕𝚒𝚗𝚐 𝚖𝚎𝚗𝚐𝚎𝚛𝚝𝚒

Salsa... mengatakan...

Nama:Nadine Salsabila
Kelas:7-1
Absen:20
Tidak saling percaya,menjelekkan nama sahabat,sengaja membuka rahsia di depan semua orang,dan saling menyimpan dendam.

Unknown mengatakan...

Nama:Bima Satrio Atmodjo
Kelas:7.1
No. Absen:06
Jawaban: contoh contoh sikap yang dapat merusak pertemanan yaitu saling menjelekkan,Tidak menghargai satu sama lain,kurangnya komunikasi satu sama lain

Unknown mengatakan...

Nama : Clara lovema ginarlika
Kelas : 7-5
No. Absen :9
Iri dengan sahabat , dan tidak percaya dengan sahabat
Bila kita iri dan tidak percaya dengan sahabat
Maka persahabatan akan rusak.

Unknown mengatakan...

Muh.ilham maulana. No apsen:14. Iri dengan sahabat dan tidak percaya sama sahabad

Unknown mengatakan...

Kelas 75 muh ilham maulana

Unknown mengatakan...

Nama : putri dewi puji lestari
Kls 7-3
Absen :27
Jawab : -merasa iri kepada teman
-adanya persaingan yang tidak sehat dan kecemburuan
-sudah tidak ada kejujuran ,rasa saling percaya dan rasa saling menjaga
Rahasia

Unknown mengatakan...

Nama: Mario Zenny Goutama
Kelas: 7-5
Absen: 16
Jawab: itu dengan keberhasilan teman/sahabat,kecemburuan yang dapat merusak pertemanan,

Unknown mengatakan...

Nama: Sany Maulidina Rahma
Kelas:7-1
Absen:28
Jawaban:bermuka dua , tidak menghormati nya , sudah tidak ada kejujuran , iri kepada satu sama lain dan tidak menjaga rahasia

Wiwit Anggiany mengatakan...

Nama: Wiwit Anggiany
Kelas: 7-5
Absen: 32
Jawab: Egois, Cemburuan, Tidak boleh memfitnah teman yang tidak bersalah, Dan Tidak boleh Mengejek Teman Sendiri

Unknown mengatakan...

Nama: Adelia Putri Nuryani
Kelas:7-5
Absen:1
Jawaban:
•Sudah tidak ada lagi rasa saling percaya dan saling menjaga rahasia
•Adanya persaingan yang tidak sehat dan Kecemburuan
•Egois
•Tidak adanya keadilan,keseimbangan,kebersamaan,dan rasa saling memiliki lagi.
•Bermuka 2
•Tidak menghormati dan menghargai.
Demikian jawaban dari saya,terimakasih.

Unknown mengatakan...

Nama:Enggal Eni Rohani
Kelas:7'3
Nomor absen:13
Jawaban:mengharapkan yg lain memulai tindakan pertama,selalu menuntut sahabat di samping anda,anda selalu melupakan sahabat saat anda punya pacar baru,menyimpan dendam,cemburuan ketika sahabat punya teman baru yang lebih asyik dari kita:)

Aulia Fairosa Nur aini mengatakan...

Nama: Aulia Fairosa Nur Aini
Kelas: 7-9
No.Absen 05
Jawaban: persahabatan akan rusak apabila teman kita punya teman baru��, atau kalau kita sedang berbicara dengan teman kita tpi dia menyebut nama teman barunya, ��dan saat sahabat kita punya pacar kita jomblo seorang merasa tidak dibutuhkan lagi!! Karena pacar dan teman barunya lebih asyik dari kita.

Unknown mengatakan...

Nama:moh.muhyiddin asshobri
Absence;18
Kls:7-9
Jawaban:kita harus saling mengisi kekosongan dalam persahabatan

RivaPujianingsih_02 mengatakan...

Nama:Riva Pujianingsih
Kelas:7'9
No.Absen:25
Jawaban:Tidak ada kepercayaan karena sudah punya teman yang baru yang lebih seru dan itu yang membuat kita bercerai berai

Unknown mengatakan...

Nama : Fahriz Rizky Albahri
Kelas : VII-9
No.absen : 10

Jawaban :Hal-hal yang merusak Persahabatan
·Sudah tidak ada kejujuran, rasa saling percaya dan rasa saling mebnjaga rahasia
·Adanya persaingan yang tidak sehat dan kecemburuan
·Mulai mementingkan kepentingan dan keuntungan pribadi
·Tidak adanya keadilan, keseimbangan , kebersamaan dan rasa saling memiliki lagi.

Unknown mengatakan...

Nama:Fariska widya syari
Klas:7'6
Absen:17
Jawaban:Menjelek-jelekan teman,tidak ada kejujuran,Tidak ada keadilan,Adanya persaingan,Mementingkan diri sendiri

Unknown mengatakan...

Nama : Feyruz Chalisa
Kelas : VII-9
No.Absn,: 11
Jabwaban.Kita Harus Saling Percaya, Dan Egois Akan Merusak tali Persahabatan

Zahra mengatakan...

Nama:Meyla Azahra Irma Putri Zazkia
Kls:7-3
Absen :19
Jawaban :selalu mendukung teman di setiap kondisi, tidak boleh menghiyanati kepercayaan teman, membantu teman saat sedang kesusahan

Zahra mengatakan...

Nama:Meyla Azahra Irma Putri Zazkia
Kls:7-3
Absen:19


Jawaban :selalu mendukung teman di setiap kondisi tidak boleh menghianati kepercayaan teman, membantu teman saat sedang kesusahan

Dian Nur Hidayah mengatakan...

Nama :Dian Nur Hidayah
No :07
Kelas: Vll'9

Jawaban tentang hal yang merusak persahabatan:
-Tidak percaya kepada sahabat
-Tidak dapat menjaga rahasia sahabat
-Berbohong kepada sahabat

Exdlyn mengatakan...

Nama Wiwid patmasari
Absen 31
Kelas 7'9
Jawab
1,tidak saling menghargai
2,adanya perselisihan
3,tidak adanya saling menghargai

Anonim mengatakan...

Nama. :Nurul hanifah
Kelas. :7-9
No absen:23
Jawaban :Sahabat pasti mempunyai karakter sebagai berikut:
Saling menyayangi dan berbagi dalam banyak hal
- Saling setia, jujur dan kerjasama yang baik
- Saling berkomunikasi secara intensif
- Saling menjaga rahasia saling percaya dan mengedepankan kejujuran
- Saling membantu terutama saat salah satu mendapatkan kesulitan
- Saling Menjaga persamaan hak dan kwajiban
- Saling menghargai adanya perbedaan, baik perbedaan hobi, visi dan status sosial

Nathaniela07 mengatakan...

Nama : Nathaniela Santika Dwi Nurlaila
Kelas : 7-2
Absen : 20
Komentar : Yg dpat merusak persahabatan adalah Bertengkar, Tidak Rukun

Unknown mengatakan...

Nama: ahmad chumaidi azkiya
Kelas:7-2
Komentar: dapat memecah belah tali persaudaraan

Unknown mengatakan...

Nama:ahmad chumaidi azkiya
Kelas:7-2
Komentar: dapat memutus tali persaudaraan

Nihayatuz mengatakan...

Nama: Nihayatuz zahwa cahaya islami
Kelas:7.2
Komentar:Menyimpan dendam dan cemburu

Wulan Agustin N. P mengatakan...

Nama: Wulan agustin nirmala putri
Kelas: 7-2
Nomor: 32
Jawaban:
•Sudah tidak ada kejujuran,
•Tidak ada rasa saling percaya
•rasa saling mebnjaga rahasia
•Adanya persaingan yang tidak sehat dan kecemburuan
•Mulai mementingkan kepentingan dan keuntungan pribadi
•Tidak adanya keadilan, keseimbangan , kebersamaan dan rasa saling memiliki lagi.

Unknown mengatakan...

Mengharapkan yang memulai tindakan pertama,menyimpan dendam

Faisa Najwa Andini mengatakan...

Nama : Faisa Najwa Andini
Kelas: 7-2
Komentar: Tidak saling percaya, mementingkan kehidupan pribadi

Unknown mengatakan...

Nama:Rani Mawar Lestari
Kelas:7-2
Jawaban:
-Menyimpan dendam
- mengharapkan yang lain memulai tindakan pertama

Rahma amelia putri ramadhani mengatakan...

nama: rahma amelia putri ramadhani
Kelas: 7-2
No absen: 26
JAWABAN: Suka berbicara di belakang,tidak percaya satu sama lain,mementingkan diri sendiri,keras kepala dan susah di bilangin,mencari mantan teman,menyimpan dendam,sudah tidak ada kejujuran.

Unknown mengatakan...

Nama:Saskiya a'yunul khusna
Kelas:7-2
No absen:29
Jawaban:-menyimpan dendam
-tidak saling percaya
-tidak rukun

Unknown mengatakan...

Nama=Eva Okta Viona
Kls=7"2
No absen=10
Komentar=saling menghargai teman,tidak membeda-bedakan teman,saling tolong menolong

Unknown mengatakan...

Nama: mayriska
Kelas:7-2

Jawaban:tidak ada saat di butuhkan, suka mementingkan diri sendiri, bertengkar, ngomongin dari belakang

Unknown mengatakan...

Nama: mayriska
Kelas:7-2
No absen:16
Jawaban:tidak ada saat di butuhkan, suka mementingkan diri sendiri, bertengkar, ngomongin dari belakang

Unknown mengatakan...

Nama=Eva Okta Viona
Kls =7"2
No ab=10
Jawaban=kita harus saling menghargai teman,saling tolong menolong,dan tidak saling membeda-bedakan teman,tidak boleh menyimpan rasa dendam terhadap teman

Unknown mengatakan...

Nama=Eva Okta Viona
Kls=7"2
No absen=10
Jawaban=sering bertengkar,membeda-bedakan pendapat,menyimpan rahasia,berprasangka buruk terhadap orang lain,selalu bersikap egois,selalu bersikap negatif thinking.

Fathur mengatakan...

Nama : Muhammad Fathurrahman Hadi
Kelas : 7-2
No absen : 19

Jawab : Hal-hal yang bisa merusak persahabatan :
1. Sudah tidak ada kejujuran,rasa saling percaya dan rasa saling menjaga rahasia.
2. Adanya persaingan yang tidak sehat dan kecemburuan
3. Mulai mementingkan kepentingan pribadi.
4.Tidak adanya keadilan,keseimbangan,kebersamaan dan juga saling memiliki lagi.

Unknown mengatakan...

Nama : Ash Zahra Sausan Salzabila
Kelas : 7-2
No absen : 07


Hal-hal yang dapat merusak persahabatan
1. Tidak percaya satu sama lain
2. Ada nya pertengkaran
3. Acuh tak acuh

Thanks kak mengatakan...

Nama:latifah azmul fauzi
Kelas:7.1
No absen:16
Hal hal yang dapat merusak persahabatan
1.bertengkar
2.berperasangka buruk kpd temanya
3.egois

Unknown mengatakan...

Nama:nur Sheilla Najwa
No.absen:22
Hal hal yg dpt merusak persahabatan
1bertengkar
2tidk saling menghormati
3berbohong
4sedikit sedikit emosi
5tidak saling mempercayai

Diana Aprilia mengatakan...

Nama: Diana Aprilia
Kelas: 7-8
No.Absen: 9
Hal Hal yang dapat merusak persahabatan
1.Tidak percaya satu sama lain
2.Iri pada sahabat
3.berbohong pada sahabat
4.Tidak saling menjaga rahasia

Thoba Syifa'ul mengatakan...

NO:5
NAMA:Thoba Syifaul Qolbi
Kelas 7-8

Jawab:
Tdak percaya satu sama lain
Tidak saling berbohong
Berprasangka buruk pada teman
Tidak saling menjaga rahasia
Bertengkar

Unknown mengatakan...

Nama :Siti nur nabila intan julianti
No absen:30
Kelas :7'8
Jawaban :1.Tidak saling percaya
2.Tidak menjaga rahasia satu sama
lain
3.Berbohong dgn sahabat
4.Berprasangka buruk
5.Iri dgn sahabat
6.Tidak saling bekerja sama
7.Tidak saling membantu
8.Egois dan maunya menang sendiri

Unknown mengatakan...

Nama: Rendika Guntur Alfian Akbar
No absen:28
Kelas:7-8Jawaban :1.Tidak saling percaya
2.Tidak menjaga rahasia satu sama
lain
3.Berbohong dgn sahabat
4.Berprasangka buruk
5.Iri dgn sahabat
6.Tidak saling bekerja sama
7.Tidak saling membantu
8.Egois dan maunya menang sendiri

M.vyan adrianto mengatakan...

No:22
Nama:muhammad vyan adrianto
Kelas:7.8

Jawab:
Tdak percaya satu sama lain
Tidak saling berbohong
Berprasangka buruk pada teman
Tidak saling menjaga rahasia
Bertengkar

#Mohamad Rizky Saputra mengatakan...

Nama:Mohamad Rizky Saputra
No absen:19
Kelas:7-8
Jawab:kita harus menjalin persaudara an yang dengan teman
Agar kita bisa menjalin per temanan yang akrap bagi kita semua

Unknown mengatakan...

Nama:Apris Kurniawanto
No absen:5
Kelas 7-8
Jawab : dengan kita meyakini bahwa sahabat itu sangat penting dalam kehidupan kita dan kita harus menghargai apa itu persahabatan ,dan persahabatan itu amatlah penting bagi kita semua

Aisyah mengatakan...

Nama:aisyah novita sari
No absen:03
Kls:78
Jawab:
1.Tidak percaya 1 sama lain
2.tidak saling menjaga rahasia
3.tidak saling membantu

Unknown mengatakan...

Nama:Dhimas Pratama
No apsen:8
Kls:7-8
Jawaban:tidak saling percaya
Tidak saling membantu
Tidak saling bertengkar

Alyatul Zulfaana Syafii'ah mengatakan...

Nama. : Alyatul Zulfaana Syafii'ah
Kelas :7-10
Absen :05
Yang dapat mempererat persahabatan :
1. Tidak saling Berbohong
2. Harus. Kompak
3. Saling mendukung
4. Tidak boleh saling mencurigai
5. Bila ada masalah harus di bantu

Unknown mengatakan...

NAMA: ilham dwi irfandi
KLS:7-10
NO:8
JAWABAN: sahabat adalah mereka yang
Tetap ada walau seluruh dunia berkata
Kau tak lagi berharga

Unknown mengatakan...

Nama:Fanita Nafadila Firdaningrum
Kelas: 7-10
Absen:27

Jawab:-tidak saling percaya
-ada rasa kecemburuan satu sama lain
-tidak dapat menjaga rahasia
-tidak kompak
-berbohong dengan sahabat nya sendiri
- egois dan mau menang sendiri

Unknown mengatakan...

Nama : Agustiani firnanda sari
Kelas : 7-10
No.abs : 02
Jawaban : persahabatan adalah hubungan timbal balik antara dua orang atau lebih yang didasari atas asas sukarela untuk berbagai kepentingan tertentu dengan intensitas hubungan yang erat.
Hal-hal yang merusak persahabatan
-sudah tidak ada kejujuran,rasa saling percaya dan rasa saling menjaga rahasia
- adanya persaingan yang tidak sehat dan kecemburuan
- mulai mementingkan kepentingan dan keuntungan pribadi
- tak adanya keadilan, keseimbangan, kebersamaan,dan rasa saling Memiliki lagi

Nama : MUHAMMAD MEIDIKA NUR ROHMAN mengatakan...

Nama : MUHAMMAD MEIDIKA NUR ROHMAN
Kls :7-10
No.Abs:11
JAWAB:1.Olahraga Bersama
2.Mengerjakan Tugas Bersama
3.Main Bersama
4.Berangkat Bersama
5.Makan Bersama
6.Saling Membantu
7.Nonton Film Bersama
8.DLL.

Melsanty mengatakan...

Nama:Melsanty Dyah Pangastuti
Kls:7-10
No. Absen: 19
Jawab: 1.Saling percaya satu sama lain
2. Saling membantu jika mengalami kesulitan
3. Saling menjaga rahasia
4. Saling menyemangatii

Siti muslikah mengatakan...

Nama: Wulan indah prastika
Kelas: 78
Absen:30

Jawaban:Mengingkari janji dengan sahabat dan egois dalam suatu perdebatan

Unknown mengatakan...

Nama:Muhammad bahri hafidin
Kelas:7-10
No absen:22
Jawaban:saling menghargai,tidak membeda bedakan teman,saling percaya satu sama lain

Elektronik mengatakan...

Nama: Arinka ardianti
Kelas: VII-10
No.abs:07
Jawab:
1. Adanya rasa saling percaya
2. Saling menjaga rahasia
3. Saling kompak
4. Saling membantu

Agis Najrina Rahma mengatakan...

Nama : Agis Najrina Rahma
Kelas : 7.8
No.absen : 1
Jawaban :
1. Perdebatan yang saling berselisih sampai
akhirnya menimbulkan perselisihan dan
sampai bertengkar akhirnya menimbulkan
permusuhan
2. saling mengolok ngolokkan akhirnya sampai
sakit hati dan menimbulkan kebencian
sampai pertengkaran
Contoh : berkelahi dengan teman dekat

Saling menggunjing

Jawaban dari soal pembelajaran konseling mengatakan...

Nama : Maya Setiyo Puji Purwandari
Kelas : 7-7
No.Absen : 15
Jawaban : Meluangkan waktu untuk berbicara bersama,saling memaafkan jika ada kesalah fahaman yg menimbulkan masalah,percaya terhadap sahabat, memperbaiki kesalahan-kesalahan yg pernah terjadi & memperbaiki hubungan persahabatan dengan dengan setulus hati

Unknown mengatakan...

Nama:Roro alifia tazkiya nafsi
Kelas:7-7
Absen:26
Jawaban:komunikasi yang harus di perbaiki,saling maaf memaafkan,jangan egois,memahami kelebihan dan kekurangan teman.

Unknown mengatakan...

Nama: Kisna Undarwati
Kls:7-7
Absen:13

Jwb :Dengan saling percaya ,,tidak egois,saling memaafkan,menerima kekurangan dan kelebihannya.

Unknown mengatakan...

Nama :Naila Marsamda Aulia
Kelas :7-7
No. Absen :21
Komentar :kita Harusaling mempercayai, menghormati, tidak egois, kita tidak boleh memaksakan kehendak kita dan kita harus mengerti keadaan teman dengan begitu persahabatan akan tercipta dengan harmonis

Unknown mengatakan...

Nama: Ahmad farel affandi
Kls: 7-7
Absen : 02
Jwb: saling percaya, tidal egois, sailing membanru

Unknown mengatakan...

NAMA:Enggar Dyah Sesulih
Kelas:77
No Absen:09
Jawab:saling percaya satu sama lain,saling menghargai dan saling menyayangi, saling menasehati, saling tidak memaksakan kehendak,saling tidak ada ke egoisan



Kesya mengatakan...

Nama:Kesya Aluna Ramadhani
Kelas:7-7
No Absen:012
Jawab:Saling menghargai sesama teman,Tidak membeda bedakan teman,Saling percaya,Dan saling memaafkan sesama lain

Unknown mengatakan...

Nama:Afifa Maulida takhalliya
Kelas : 7-7
Jawaban :
Bersalah atau tidak, usahakan untuk meminta maaf terlebih dulu kepadanya. Minta maaf yang tulus bisa membuat hubungan persahabatan kalian semakin membaik setelah diam-diaman.

Unknown mengatakan...

Nama :Afif Falih muwaffaq
Kelas:7-5
Absen:02
Jawaban :
Memaafkan teman apabila berbuat salah dan
Meminta maaf apabila berbuat salah

Wiwit Anggiany mengatakan...

Nama : Wiwit Anggiany
Kelas : 7-5
Absen : 32
Jawab : Tidak boleh membedakan-bedakan antara teman , saling memaafkan sama teman, tidak iri dengan keberhasilan teman , saling percaya , dan Saling menghargai

Yunita Febrianti mengatakan...

Nama: Yunita Febrianti
Absen: 7-7
Absen: 32
Jawab: saling memaafkan satu sama lain, saling menghargai pendapat untuk mengindari pertengkaran, saling percaya satu sama lain.

Devi karmilaasari mengatakan...

Nama:Rendi Febrian Dwi Pratama
Kelas:7-1
Absen:26
Jawab:menjaga kepercayaan,saling jujur,selalu ada disaat penting,jangan egois,menjadi pendengar yang baik.

Sylvia mengatakan...

Nama : sylvia ananda riawan
Kelas : 7-1
No absen : 31
Jawab : saling terbuka satu sama lain, saling menjaga rahasia, saling percaya, saling memaafkan satu dengan yang lainnya.

Unknown mengatakan...

Nama:Jasson Ibrahim Ardhiyanta
Kelas:7.1
Absen:12
Jawab:saling membantu tidak boleh membeda bedakan berteman dengan siapapun

Unknown mengatakan...

Nama: Muhammad Fatkhurrahman
No : 19
Kls : 7-1
Jawab:saling mempercayai satu sama lain, tidak egois, tidak membeda-bedakan teman.

Unknown mengatakan...

Nama:silma paramita
Kelas:7-1
Absen:30
Jawaban:
Meluangkan waktu untuk sahabat,pengertian,menjadi pendengar yang baik,saling memaafkan,tidak saling iri,mampu menjaga rahasia satu sama lai.

Anonim mengatakan...

Nama:Bima Satrio Atmodjo
Kelas:7.1
No.Absen:06
Jawaban:Saling Maafkan,Bermain bersama teman,Mempererat Persahabatan dengan cara saling berkomunikasi satu sama lain.

Salsa... mengatakan...

Nama:Nadine salsabila
Kelas:7-1
Absen:20
Jawaban:Bisa menjaga rahasia satu sama lain,saling mempercayai,tidak egois,saling memaafkan,dan saling menghargai.

Kanuahan mengatakan...

Nama:kanuahan kamil mathias
Kelas:7-3
absen:16
Jawab:saling mempercayai satu sama lain, tidak egois, tidak membeda-bedakan teman.

Unknown mengatakan...

Nama:Yella Eka Ariani
No Absen:32
Kelas:7-1
Jawab: Apabila persahabatan kita mengalami kerenggangan sikap saya untuk mempererat tali persahabatan kembali yaitu:
1.Selalu percaya satu sama lain
Contohnya:Jika sahabat satunya akrab dengan teman yang lain tindakan kita adalah selalu percaya dengannnya.
2.Tidak adanya ke egoisan
Contohnya:Jika sahabat satunya tidak mau pergi ke kantin,kopsis,dll maka tindakan saya adalah tidak memaksanya untuk ikut.
3.Selalu jujur kepada sahabat
Contohnya:Jika kita mengalami masalah sebaiknya kita jujur kepada sahabat.
4.Tidak iri dengan sahabat
Contohnya:Jika sahabat mempunyai keberhasilan sebaiknya kita menyemangatinya,selalu berusaha agar lebih baik kedepannya bukan malah iri dengannya.
5.Saling memaafkan
Contohnya:Jika ada satu masalah kita sebaiknya jangan menyalakan satu sama lain justu kita harus saling memaafkan satu sama lain.
Dengan begitu persahabatan kita akan kembali utuh/tidak adanya kerenggangan.

Unknown mengatakan...

Nama:Alya Nabila Zahra
Kelas:7-1
Absen:03
Jawaban:Menjadi pendengar yang baik saat teman/sahabat bercerita, saling menghargai satu sama lain, tidak membeda-bedakan teman, selalu menjaga kepercayaannya, tidak melupakan nya walaupun mendapat teman baru, saling memaafkan jika ada salah.

Unknown mengatakan...

Mama:Fairuz samurai zhafran zaky
Kelas:7.1
Jawaban:silaturahmi, sailing kontak

Unknown mengatakan...

Nama: Ahmad Alfan nurilazzam
Kelas:73
Jawaban:saling percaya satu sama lain, menjadi pendengar yang baik saat teman,jika ada satu masalah kita sebaiknya jangan menyalakan satu sama lain

«Terlama ‹Lebih tua   1 – 200 dari 227   Lebih baru› Terbaru»