berkreasi penuh inspirasi

kita harus semangat dalam beraktifitas

Selasa, 14 Juli 2020

Ekstrakurikuler


Madrasah di samping menjalankan tugas dan fungsinya dalam melakukan pembelajaran secara terstruktur, madrasah juga memprogramkan berbagai kegiatan ekstra yang diharapkan mampu menggali dan mengaktualisir berbagai potensi yang dimiliki peserta didik.

1. Diklat Jurnalistik
Diklat jurnalistik di MTsN 2 Nganjuk dilaksankan secara berkala yaitu setiap pekan minggu. Bersamaan dengan pemberian teori, setiap peserta diajak melakukan praktik secara langsung dan studi di media seperti Penerbit, Percetakan, Radio dan Tv. Setelah pelatihan selesai diberikan setiap peserta berkewajiban meliput berbagai peristiwa yang terjadi dilingkungan madrasah dan sekitarnya. Hasil liputan di evaluasi oleh pelatih dan di posting melalui majalah PEKERTI.

Jumlah peserta dalam setiap angkatan semakin meningkat dengan kecakapan yang baik. Pelatihan ini dilaksanakan dan dibina oleh pembina Jurnalistik.
Disamping diklat jurnalistik, setiap hari sabtu peserta didik juga mendapatkan pembinaan penulisan karya tulis ilmiyah (KTI)

2. Diklat Keorganisasian
Diklat keorganisasian dilaksanakan minimal sekali dalam satu periode kepengurusan OSIS. Materi diklat meliputi : Keorganisasian, leadership, management dengan segala komponennya, administrasi organisasi, problem solving dan desession making. Sedangkan pematerinya adalah mereka yang dianggap memiliki kompetensi dibidanganya, baik dari dalam maupun dari luar.

3. Pramuka
Disamping memberikan ruang bagi kegiatan pengembanagn diri dan eskul yang lain, madrasah juga memberikan ruang yang sama bagi terselenggaranya pendidikan pramuka kepada semua peserta didik. Kegiatan ini dilaksanakan setiap hari Sabtu setelah kegiatan pengembangan diri. Kegiatan ini terlaksana atas kerjasama yang baik dengan Kwarcab Pramuka Nganjuk

4. Kelompok Baca
Komunitas Baca Gudang Ilmu, adalah komunitas penggerak literasi, kegiatan dari komunitas Baca adalah rutin membaca buku dan menulis. Anggota komunitas ini diberi pelatihan secara terus-menerus untuk membuat karya tulis, berupa puisi, cerpen dan artikel ilmiah popular. Selain itu komunitas ini juga mengadakan kegiatan-kegiatan seperti bedah buku, bedah pemikiran tokoh dan diskusi bulanan, dengan mendatangkan pemateri yang berkompeten di bidangnya.

5. Kaligrafi
Kaligrafi merupakan warisan kebudayaan Islam yang memiliki nilai kreativitas tinggi. Dalam usaha mengembangkan minat peserta didik untuk mahir menulis huruf arab dengan baik dan indah sekaligus mewadahi peserta didik untuk melatih krativitas seninya, maka memfasilitasi dengan adanya ektrakulikuler kaligrafi. Kegiatan ekstrakulikuler kaligrafi dilaksanakan setiap pekan. Adapun kegiatan yang dilakukan diantaranya dengan mengajarkan teknik-teknik penulisan kaligrafi. Dengan adanya ektrakulikuler kaligrafi diharapkan dapat melatih skill peserta didik sekaligus untuk mempersiapkan mereka dalam berkompetisi diajang perlombaan-perlombaan yang terkait dengan kesenian kaligrafi.

6. Tahfidzul Qur’an
Al-Qur’an haruslah menjadi nilai yang menjiwai setiap gerak nafas kehidupan setiap peserta didik. Oleh karena itu al-Qur’an harus selalu didekatkan dengan mereka. Apabila pola itu bisa diwujudkan, maka pendidikan karakter yang saat ini sedang digelindingkan oleh pemerintah dengan sendirinya akan terjawab sudah. Itulah yang melandasi cita-cita luhur madrasah.

6. Olimpiade, Perlombaan Keolahragaan, Marching Band, Hadrah dan PMR
Bahwa salah satu indikator keberhasilan peserta didik baik dalam bidang akademik maupun non akademik, adalah kemampuan dan keberhasilannya dalam mengikuti event-event olimpiade atau perlombaan yang diselenggarakan oleh lembaga-lembaga di luar madrasah.

40 komentar:

Unknown mengatakan...

Nama:Muhammad ahdha akmaluddin. Kls:7-8

Unknown mengatakan...

Nama:Apris kurniawanto Kls:7-8

Fadhil mengatakan...

Nama : Fadhil Rizky Akbar
No.Absen : 12

Ekstrakulikuler yang ingin saya ikuti yaitu :
1.Pramuka : alasannya karna saat SD saya sudah memiliki kartu anggota pramuka tingkat kabupaten. Maka dari itu saya ingin meneruskan nya.
2.Hadroh : alasannya karna ingin meneruskan keahlian saat di SD
3.olahraga : saya ingin mengikuti olahraga khususnya sepak bola,karna sepak bola banyak sekali peminat nya dan saya termasuk yang suka olahraga tersebut.

Unknown mengatakan...

Nama : Elvina Masrurotul Mufiddah
Kelas: 7-8
Absen: 28

Unknown mengatakan...

Nama: Muhammad Rizki ari Kurniawan
Kls:7-8
Absen:04

Unknown mengatakan...

Nama: Muhammad Rizki ari Kurniawan
Kelas:7-8

Unknown mengatakan...

Nama:Muhammad ahdha akmaluddin. Kls:7-8. Ekstrakulikuler:Hadroh Karna saya igin pngen menguasai cara menabuh al banjari

Siti muslikah mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
Unknown mengatakan...

Nama:mohammad fahmi harist
Kelas:7-8
Absen:9

Unknown mengatakan...

Nama : Mandania Dewi Safitri
Kls. : 7-8

1. Diklat keorganisasian
Alasan : agar meningkatkan kedisiplinan diri, mengenal sesuatu yg baru dan manjadi lebih giat dalam kegiatan di madrasah.

2.Pramuka
Alasan: karna sejak kls 3 saya sudah mengikuti kegiatan tersebut makadari itu saya inggin melanjutkan kegiatan Pramuka agar lebih baik dalam kegiatan tersebut dan mengenal Lebih dalam makna Pramuka.

Unknown mengatakan...

Nama:Rendika guntur alfian akbar
Kelas:7-8
Noabsen:8

Unknown mengatakan...

Nama:cheiza Fadhilla Anditya putri
Kls:7-8
Kegiatan ekstra kulikuler yang ingin saya ikuti adalah
1.pmr:sebab saya melihat alumni² sebelumnya yang ikut PMR dan bercita-cita menjadi dokter mereka bisa menjadi dokter karna belajar dan mengikuti kegiatan PMR oleh sebab itu saya juga ingin mengikuti jejak mereka
2.tahfidzul Qur'an:saya ingin sekali memperlancar bacaan Qur'an saya dan ingin menambah hafalan Qur'an saya

Anonim mengatakan...

Nama:Laila Nur Rohmania
Kelas:7-8
No Absen:25

Anonim mengatakan...

Nama:Dhimas Pratama
No apsen:6
Ekstrakulikuler:
1. Sepak bola karena saya hobi dan minat dalam olah raga tersebut
2. Hadroh karena saya ingin mengasah skil lagi dan meneruskan saat SD KE MTs

Diana Aprilia mengatakan...

Nama: Diana Aprilia
Kelas: 7-8
No.Abs:29

Ekstrakurikuler : PMR , karena saya ingin mengetahui lebih luas tentang bagaimana cara menangani korban.
Supaya menumbuhkan rasa kemanusiaan dan melatih solidaritas

Unknown mengatakan...

Nama:Muhammad ahdha akmaluddin. Kls:7-8. Ekstrakulikuler:Hadroh Karna saya igin pngen menguasai cara menabuh al banjari

Siti muslikah mengatakan...

Nama: Wulan indah prastika
Kelas: 7-8
Absen: 30
Ekstrakulikuler:
1.Marching band: karna saya sejak
Kelas 3 sd sudah mengikuti kegiatan
Tersebut dan saya mulai mahir sejak
Kelas 5 sd, saya ingin melanjutkan ekstra kurikuler tersebut di MTsN

Siti muslikah mengatakan...

Nama: Wulan indah prastika
Kelas: 7-8
Absen: 30
Ekstrakulikuler:
1.Marching band: karna saya sejak
Kelas 3 sd sudah mengikuti kegiatan
Tersebut dan saya mulai mahir sejak
Kelas 5 sd, saya ingin melanjutkan ekstra kurikuler tersebut di MTsN

Unknown mengatakan...

Nama:Agis najrina Rahma
Kls:7-8
Absen:20
4.kelompok baca:alasan karena saya ingin lebih mengenal dunia membaca dan ingin menambah wawasan ilmu pengetahuan yg lebih luas
5.kaligrafi:alasan karena saya ingin menambah ilmu menggambar kaligrafi dan ingin bisa membuat tulisan kaligrafi yg sangat bagus

Thoba Syifa'ul mengatakan...

Nama : Thoba Syifa'ul Qolbi
Kelas : 7-8
Absen : 05

Ekstrakulikuler yang ingin saya ikuti adalah :

1. MTQ : Karena saya ingin mengembangkan bakat yang saya punya.

2. Hadrah : Karena saya suka bersholawat dan saya ikut dalam group banjari di daerah saya.

Santhemo mengatakan...

Nama :
Kelas :
Absen :

Saya ingin mengikuti ekstra menyanyi bimbingan vokal

Aisyah mengatakan...

Nama:aisyah novita sari
Absen:21

Ahmad johan mengatakan...

Nama:johan ahmad
Kls7.8
No absen:7
Ekstrakurikuler:
: PMR , karena saya ingin mengetahui lebih luas tentang bagaimana cara menangani korban.
Supaya menumbuhkan rasa kemanusiaan dan melatih solidaritas.

Puspa Ningtyas mengatakan...

Nama: Desthi Puspaningtyas
Kls: 7-8
Absen:17

Ekstrakurikuler yang ingin saya ikuti adalah

1. Diklat keorganisasian
Alsan: karena saya ingin meningkatkan kedisiplinan diri dan menjadi lebih giat dalam kegiatan di madrasah

2.Pramuka
Alasan: karena saya saat SD sudah memiliki kartu anggota Pramuka dan saya ingin meneruskan nya

Renr66823 mengatakan...

Nama:Queen kireina Zanuar Santi
Kls:78
No absen:18
1.pramuka karna saya sudah mengikuti kegiatan Pramuka dari SD jadi saya ingin meneruskan di mtsn
2.diklat keorganisasian ingin meningkatkan kedisiplinan diri dan mengenal sesuatu yg baru

Renr66823 mengatakan...

Nama:Queen kireina Zanuar Santi
Kls:78
No absen:18
1.pramuka karna saya sudah mengikuti kegiatan Pramuka dari SD jadi saya ingin meneruskan di mtsn
2.diklat keorganisasian ingin meningkatkan kedisiplinan diri dan mengenal sesuatu yg baru

Renr66823 mengatakan...

Nama:Queen kireina Zanuar Santi
Kls:78
No absen:18
1.pramuka karna saya sudah mengikuti kegiatan Pramuka dari SD jadi saya ingin meneruskan di mtsn
2.diklat keorganisasian ingin meningkatkan kedisiplinan diri dan mengenal sesuatu yg baru

Renr66823 mengatakan...

Nama:Queen kireina Zanuar Santi
Kls:78
No absen:18
1.pramuka karna saya sudah mengikuti kegiatan Pramuka dari SD jadi saya ingin meneruskan di mtsn
2.diklat keorganisasian ingin meningkatkan kedisiplinan diri dan mengenal sesuatu yg baru

P mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
P mengatakan...

Nama :mochamad nasrul mujib
Kelas:78
Absen:2

Wahyu kiss mengatakan...

Nama : Siti nur nabila intan julianti
Kelas : 7_8
Absen : 24
Pramuka : karena Saya di SD saya di SD sudah pernah mengikuti ekstra ini maka dari itu saya ingin melanjutkanya di Mts
Pmr : karena cita-cita saya dokter

Wahyu kiss mengatakan...

Nama : Siti nur nabila intan julianti
Kelas : 7_8
Absen : 24
Pramuka : karena Saya di SD saya di SD sudah pernah mengikuti ekstra ini maka dari itu saya ingin melanjutkanya di Mts
Pmr : karena cita-cita saya dokter

Unknown mengatakan...

Nama: Apris Kurniawanto
Kls:7-8
Absen:3

Fatoni mengatakan...

Nama:muhammad rizal fatoni
Kls:7_8
Absen:10

Fatoni mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
Unknown mengatakan...

Nama=Adinda nur alfianti
Kls =7-6
No absen=03

Radit mengatakan...

Nama: m. Raditya nur febrian
Kelas:7-3
Jawaban: 1. Seoranb yang sering ejek mengejek sesam temannya
2. Pergaulan bebas
3. Malas belajar dan sering nyontek.

Ashofa mengatakan...

Nama:Moch mi'rot ashofa
Kls:7-8
No.abs:17
Jawaban:tdk menghargai teman
:suka mengejek
:membeda bedakan teman

Unknown mengatakan...

Nama:muhammad syahrul roziqin
Kelas:7-1
Absen:17
Jawaban
virus corona semakin merebak,

kita harus menuruti protokol kesehatan seperti memakai masker setiap hr , tidak keluar rumah kecuali ada urusan penting , hindari kerumunan, jaga jarak, mkan bergizi dan jaga imun dan sll berdoa kpd Alloh swt agar sll diberikan kesehatan

edwyngafford mengatakan...

Gambling in the United States: Where to go if gambling in the United States
Where 남양주 출장안마 to go if 구미 출장안마 gambling 동해 출장마사지 in the United States: Where to 전라북도 출장마사지 go if gambling in the United 정읍 출장안마 States. Las Vegas, NV.