Motivasi belajar adalah dorongan internal atau eksternal yang
mendorong seseorang untuk terlibat dalam kegiatan pembelajaran dengan
antusiasme dan semangat, sehingga dapat mencapai tujuan belajar yang
diinginkan. Motivasi ini penting karena menentukan sejauh mana seseorang
akan mengembangkan diri dalam proses pembelajaran.
Motivasi belajar adalah dorongan atau daya penggerak
yang mendorong seseorang untuk melakukan aktivitas belajar. Dorongan ini
bisa berasal dari dalam diri (motivasi intrinsik) maupun dari luar (motivasi
ekstrinsik).
Fungsi Motivasi Belajar:
-
Sebagai Pendorong: Motivasi
mendorong seseorang untuk terlibat dalam kegiatan belajar dan berusaha mencapai
tujuan.
-
Menentukan Arah: Motivasi
memberikan arah dan tujuan belajar, sehingga seseorang tahu apa yang ingin
dicapai.
-
Memperbaiki Perilaku: Motivasi
dapat membantu siswa mengubah tingkah laku dan perilaku belajar mereka.
-
Menjamin Kelangsungan: Motivasi
memastikan bahwa seseorang terus belajar dan tidak menyerah dalam proses
pembelajaran.
Jenis Motivasi Belajar:
-
Motivasi Intrinsik: Dorongan
yang berasal dari dalam diri, seperti rasa ingin tahu, minat pada materi, dan
keinginan untuk mengembangkan diri.
-
Motivasi Ekstrinsik: Dorongan
yang berasal dari luar, seperti pujian, hadiah, atau tekanan dari orang lain.
Pentingnya Motivasi Belajar :
-
Mengurangi Rasa Bosan: Motivasi
membantu siswa tetap semangat dan menghindari rasa bosan saat belajar.
-
Meningkatkan Minat: Motivasi
dapat meningkatkan minat siswa pada materi pelajaran dan kegiatan belajar.
-
Mencapai Tujuan: Motivasi
membantu siswa mencapai tujuan belajar mereka dan meningkatkan prestasi
akademik.
-
Membangun Karakter: Motivasi
membantu siswa mengembangkan karakter yang kuat dan bertekad dalam meraih
kesuksesan.
Contoh Kata-kata Motivasi Belajar :
-
"Kesuksesan datang dari usaha yang tidak pernah berhenti".
-
"Belajar adalah investasi terbaik untuk masa depan".
-
"Jangan takut gagal, karena kegagalan adalah langkah pertama menuju
keberhasilan".
-
"Setiap langkah kecil yang kamu ambil adalah kemajuan".
-
"Belajar adalah kunci untuk membuka pintu kesuksesan".
-
"Pendidikan adalah kunci untuk membuka pintu kesuksesanmu".
70 komentar:
Nama: Nisa Ussholikhah
Kelas: 7-6
No. absen: 29
Nama: Lavenia Ayu Shahira
Kelas: 7-6
No.absen: 17
jawaban
disebabkan berbagai faktor seperti:
-rendahnya motivasi belajar
-kurangnya minat pada pelajaran
-kemampuan belajar yang belum optimal
-rasa percaya diri yang rendah
Nama: Nisa Ussholikhah
Kelas: 7-6
No. absn: 29
Jawaban
Karna dapat disebabkan oleh beberapa faktor:
- Kurangnya motivasi dan minat belajar
-Masalah keluarga atau lingkungan
- Kurangnya belajar atau disabilitas
-Perlikau negatif teman sebaya
-Kurangnya dukungan guru atau sekolah
Nama:Firli Eliyana Azzahra
Kelas:7.6
Nomer absen:12
Jawab:Solusi dan Strategi yang Dapat Dilakukan:Identifikasi MasalahKomunikasi TerbukaKonsultasi dengan ProfesionalDukungan dari Orang Tua dan GuruPeningkatan MotivasiPengembangan Disiplin
Nama: Muhammad Fairuz Zulmi Irsyadi
Kelas:7-6
No.absen:22
jawaban
disebabkan oleh faktor:
-kurangnya motivasi
-kurangnya minat
-kurangnya kepercayaan diri
-pergaulan yang buruk
Nama: Mohamad Ainun Nasukha
Kelas: 7-7
No absen :18
Jawaban:
-Kurang bimbingan dari orang tua
-Salah pergaulan
-kurangnya keterampilan sosial
-Kurangnya motivasi
-kurangnya percaya diri
Nama: Ainun Dwi maulidya febrianti
Kelas:7.6
No absen:3
Jawaban
-kurang nya motivasi
-kurang nya metode belajar
-adanya masalah psikologis atau sosial yang mendarasi
-kurang nya percaya diri
nama:Eni setiyowati
kelas:7-6
no.absen:11
jawaban
sekolah bisa dimulai dengan memahami menjadi menjadi penyebabnya.faktor faktor seperti ketidakmampuan belajar,masalah emosional, lingkungan yang kurang mendukung,atau bahkan kebutuhan khusus yang belum terpenuhi bisa menjadi faktor utama
nama:Nayla rohmatul khoiriyah
kelas:Vll-6
no.absen:28
jawaban
-kurangnya motivasi
-kesulitan memahami materi
-masalah dengan lingkungan belajar
-kurangnya minat terhadap pelajaran
-masalah psikologis seperti rendahnya percaya diri
nama:Asya safiah
kelas:7-6
No.absen:6
jawaban
Karena tidak adanya minat belajar, pergaulan yang salah, menyepelekan sekolah
Nama: Ahmad Faiq Romadloni
Kelas:7-6
No. absen:1
Jawab:
-kurangnya rasa percaya diri
-kemampuan yang belum maksimal
-kurangnya minat
-rendahnya motifasi dari orang lain
Nama:Alvito vidi ardiansyah
Kelas:7-6
Absen:04
Jawaban
faktor tersebut di pengaruhi dengan
-lingkungan sekolah
-lingkungan teman di sekitar
-kurang di bimbing orangtua
-kurang di perhatikan saat di rumah/lingkungan sekolah
-tidak percaya diri
nama : Avisa Atha H.
kelas : 7.1
no.abs : 09
- kurangnya motivasi
- kesulitan memahami materi
-stres dan kurang minat
- keterlibatan dalam kegiatan lain
- keterbatasan
- kurangnya motivasi
nama: bunga cahya aulia
kelas: 7.1
no absen: 13
Topik: Anak yang tidak Berprestasi
STIMULUS:
1. Dukungan dari orang tua dalam belajar dan kegiatan sekolah.
2. Lingkungan sekolah yang positif dan memotivasi.
3. Guru yang aktif membimbing dan memberikan penghargaan.
4. Adanya tujuan dan cita-cita yang jelas dari dalam diri anak.
5. Kebiasaan belajar yang teratur dan konsisten.
RESPON:
1. Anak merasa termotivasi untuk belajar lebih giat.
2. Anak menjadi lebih percaya diri dalam menunjukkan kemampuannya.
3. Anak aktif dalam kegiatan akademik dan non-akademik.
4. Anak meraih prestasi baik di sekolah maupun luar sekolah.
5. Anak memiliki semangat untuk terus berkembang dan belajar.
Topik: Anak yang Tidak Lulus Sekolah
STIMULUS:
1. Kurangnya motivasi belajar dari dalam diri anak.
2. Lingkungan pertemanan yang kurang mendukung kegiatan belajar.
3. Kurangnya perhatian atau dukungan dari keluarga.
4. Sering membolos atau tidak hadir ke sekolah.
5. Kesulitan memahami pelajaran dan tidak mendapatkan bantuan belajar yang cukup.
RESPON:
1. Anak menjadi tidak fokus pada pelajaran dan tugas sekolah.
2. Prestasi belajar menurun drastis dari waktu ke waktu.
3. Anak kehilangan semangat untuk mengikuti ujian atau tugas akhir.
4. Anak merasa putus asa dan minder dibandingkan teman-temannya.
5. Akhirnya, anak tidak memenuhi syarat kelulusan dan tidak lulus sekolah.
Topik: anak yang nakal
STIMULUS:
1. memberikan pujian
2. memberikan penghargaan
3. memberikan contoh yang baik
4. memberi aturan dan sanksi
5. memberi nasehat
RESPON:
1. rendah hati dan tidak sombong
2. berubah menjadi lebih baik
3. akan mengikuti contoh tersebut
4. karena diberikan sanksi anak menjadi jera dan tidak akan mengulangi nakal lagi
5. mendengarkan nasihat dan menjalankannya
TOPIK: anak yang malas belajar
1. memberikan selingan permainan ditengah belajar
2. memberikan materi yang bervariasi seperti vdi/cerita
3. mengajak anak belajar diluar ruangan seperti taman/museum
4. memberikan pujian dan penghargaan
5. memberikan motivasi positif
REPSON:
1. menjadi semngat belajar dan tidak bosan
2. anak menjadi lebih tertarik karena ditengah' belajar diselingi dengan melihat vidio
3. memunculkan rasa ingin tahu pada anak sehingga menjadi semangat belajar
4. setalah memberikan pujian dan penghargaan anak menjadi lebih giat dan rajin
5. setalah anak diberikan motivasi anak lebih menjadi semngat dan rajin
Nama : syakina aulia azzahra
Kelas : 7.1
No absen : 30
1. Anak Nakal
• Stimulus: Diajak berbicara baik-baik
Respon: Anak merasa dihargai dan mulai terbuka mendengarkan
• Stimulus: Diikutkan dalam kegiatan sosial seperti kerja kelompok atau kerja tim
Respon: Anak belajar empati dan bertanggung jawab
• Stimulus: Berikan contoh nyata dari tokoh inspiratif
Respon: Anak mulai meniru sikap positif dari tokoh tersebut
• Stimulus: Diberi pujian saat menunjukkan atau melakukan sikap yang baik
Respon: Anak termotivasi untuk berperilaku lebih baik lagi
• Stimulus: Diberikan peran kecil yang membangun kepercayaan dirinya
Respon: Anak merasa dihargai,lebih bertanggung jawab dan merasa percaya diri
2. Anak Malas
• Stimulus: Diberi buku atau media belajar sesuai minatnya
Respon: Anak menjadi tertarik dan mulai membaca lalu mempelajarinya
• Stimulus: Belajar dengan metode interaktif atau bermain
Respon: Anak lebih aktif,menikmati proses belajar dan tidak mudah bosan
• Stimulus: Diberi jadwal belajar ringan namun konsisten
Respon: Anak mulai terbiasa belajar dengan teratur
• Stimulus: Diberi apresiasi atas usaha kecil yang dia raih
Respon: Anak merasa dihargai atas usahanya dan dia makin semangat
• Stimulus: Belajar bersama teman atau mentor yang positif
Respon: Anak jadi termotivasi untuk ikut belajar dengan semangat
3. Anak Tidak Berprestasi
• Stimulus: Diberikan bimbingan belajar secara personal atau individu
Respon: Anak akan menjadi lebih paham dan percaya diri
• Stimulus: Diberi target kecil yang bisa dia dicapai
Respon: Anak merasa berhasil dan dia ingin terus berkembang
• Stimulus: Diberi tugas sesuai minat dan potensinya
Respon: Anak akan tampil lebih baik dan lebih termotivasi
• Stimulus: Dilibatkan dalam kegiatan yang dapat membangun kepercayaan dirinya
Respon: Anak merasa mampu,dihargai, dan meningkatkan kepercayaan diri
• Stimulus: berikan nasihat supaya fokus pada proses, bukan hanya hasil akhir
Respon: Anak terus mencoba tanpa takut gagal
4. Anak Tidak Lulus Sekolah
• Stimulus: Diberi kesempatan ikut kelas remedial
Respon: Anak mulai mengejar ketertinggalannya
• Stimulus: Diceritakan kisah inspiratif tentang tokoh yang bangkit dari kegagalan
Respon: Anak jadi termotivasi untuk mencoba kembali
• Stimulus: Dilibatkan dalam pelatihan keterampilan
Respon: Anak merasa punya arah dan tujuan barunya
• Stimulus: Diberi dukungan emosional dan pendampingan yang cukup
Respon: Anak merasa tidak sendiri dan berani melanjutkannya
• Stimulus: Dibuatkan rencana belajar yang realistis dan fleksibel
Respon: Anak merasa dimengerti dan mau mencoba lagi
nama : Anindita Keisha Zahra
kelas : 7-1
no ab : 07
*TOPIK* :anak nakal
STIMULUS
1.memberi pujian
2.memberi penghargaan
3.memberi contoh yang baik
4.memberi aturan dan sanksi.
5.memberi nasihat.
RESPON
1.rendah hati, tidak sombong.
2.setelah diberi penghargaan anak itu berubah menjadi lebih baik.
3.akan mengikuti contoh tersebut.
4.karena diberikan sanksi anak menjadi jera dan anak tidak akan mengulangi nakal lagi
5.mendengarkan nasihat tersebut dengan baik.
*TOPIK* :anak yang malas belajar
STIMULUS
1.memberikan selingan permainan ditengah belajar
2. memberi materi yang bervariasi seperti nonton vidio atau cerita
3. mengajak anak belajar di luar ruangan seperti taman atau museum
4. memberikan pujian dan penghargaan
5. memberikan motivasi positif
RESPON
1.menjadi semangat belajar dan tidak bosan.
2.anak menjadi lebih tertarik belajar karena ditengah -tengah belajar diselingi dengan melihat vidio
3.memunculkan rasa ingin tahu pada anak sehingga anak menjadi semangat belajar
4.setelah diberikan pujian dan penghargaan anak menjadi lebih giat dan rajin .
5.setelah diberikan motivasi anak menjadi lebih semangat dan rajin.
*TOPIK* :anak yang tidak berprestasi
STIMULUS
1.dukungan dari orang tua dalam belajar dan kegiatan sekolah.
2.lingkungan sekolah yang positif dan memotivasi.
3.guru yang aktif membimbing dan memberikan penghargaan.
4.adanya tujuan dan cita-cita yang jelas dalan diri anak.
5.kebiasaan belajar yang teratur dan konsisten.
RESPON
1.anak merasa termotivasi untuk belajar lebih giat.
2.anak lebih percaya diri dalam menunjukkan kemampuannya.
3.anak aktif dalam kegiatan non-akademik dan akademik.
4.anak meraih prestasi baik disekolah maupun luar sekolah.
5.anak memiliki semangat untuk terus berkembang dan belajar.
*TOPIK* :anak yang tidak lulus sekolah
STIMULUS
1.kurnagnya motivasi belajar dalan diri anak.
2.lingkungan pertemanan yang kurang mendukung kegiatan belajar.
3.kurangnya perhatian atau dukungan keluarga.
4.sering membolos atau tidak hadir ke sekolah.
5.kesulitan memahami pelajaran dan tidak mendapatkan bentuan belajar yang cukup.
RESPON
1.anak menjadi tidak fokus pada pelajaran dan tugas sekolah.
2.prestasi belajar menurun drastis dari waktu ke waktu.
3.anak kehilangan semangat untuk mengikuti ujian atau tugas akhir.
4.anak merasa putus asa dan minder dibanding teman-teman nya.
5.akhirnya, anak tidak memenuhi syarat kelulusan dan tidak lulus sekolah.
Nama:Anas restu prayogo
Kelas:7-1
No:6
1.ANAK YANG NAKAL.
STIMULUS
1.perlu pendekatan yg lebih personal
2.memberikan dukungan emosional
3.mencari tahu akar masalah
RESPON
1.anak nakal perlu di ajak untuk mulai menunjukkan sikap positif terhadap belajar.
2.ANAK MALAS BELAJAR.
STIMULUS
1.perlu ada pendekatan yg lebih personal dan motifasi yg kuat.
2.memberikan dukungan belajar.
3.menciptakan lingkungan belajar yg menyenangkan.
RESPON
1.anak malas belajar perlu di ajak untuk mulai menunjukkan sikap yg lebih aktif dlm belajar.
3.ANAK TIDAK BERPRESTASI.
STIMULUS
1.perlu pendekatan yg lebih personal
dan berfokus pada pengembangan kemampuan diri dan kepercayaan diri mereka.
RESPON.
¹.anak tidak berprestasi perlu di ajak untuk mulai percaya dan kemampuan mereka menunjukkan sikap yg aktif.
4.ANAK YG TIDAK LULUS SEKOLAH. STIMULUS
1.perlu pendekatan yg lebih kompetensi dan fokus pada pengembangan diri dan kemampuan mereka.
2.memberi dukungan belajar.
RESPON.
1.anak tidak lulus sekolah perlu di ajak untuk kembali ke jalur belajar yg tepat.
Nama : Eki Damar Honest
Kelas : 7-1
Absen : 17
Nama: Eki Damar Honest
Kelas:7-1
Absen:17
Stimulus: -kurang perhatian dari orang tua
-kurang motivasi
-merasa bosan atau tidak memiliki kegiatan
-salah pergaulan
-kurang percaya diri
Respons : -menjadi lebih baik
-rendah hati dan tidak sombong
-lebih semangat dalam belajar
-mendengarkan nasehat dan melaksanakannya
-menjadi lebih percaya diri
Nama:M Reihan ari utomo
Kls:7-1
No abs:24
1.Anak yang nakal
STIMULUS
1.kurang perhatian dari orang tua
2.lingkungan yang tidak kondusif
3.kurangnya batasan dan disiplin yang konsisten
4.kebutuhan emosional yang tidak terpenuhi
RESPON
1.Mencari perhatian
2.menyalahkan orang lain
3.bersikap manipulatif
2.Anak yang malas belajar
STIMULUS
1.Kurangnya motivasi
2.tekanan atau stres
3.kesulitan belajar
RESPON
1.sering beralasan
2.mengeluh
3.cepat menyerah
3.anak yang tidak berprestasi
STIMULUS
1.kurang dukungan
2.pembelajaran yang kurang sesuai
3.kurangnya rasa percaya diri
RESPON
1.merasa dirinya bodoh
2.cepat frustrasi
3.tidak peduli terhadap nilai
4.Anak yang tidak lulus sekolah
STIMULUS
1.kurang memahami materi pembelajaran
2.tidak konsisten dalam belajar
3.faktor lingkungan
RESPON
1.merasa gagal
2.menjadi lebih tertutup
3.menghindari pembicaraan tentang sekolah
Nama:M farid hasan H
Kelas:7-6
No:24
Jawaban:
-kurang perhatian dan dukungan
-kurang motifasi
-masalah emosial
-gangguan belajar
Nama : Moh Rafasya Athar Rayhan
Kelas : 7-1
Absen : 25
1.ANAK NAKAL
STIMULUS
a.diberi nasihat
b.memeberikan contoh perilaku baik
c.melibatkan anak dalam pengambilan keputusan
d.memeberikan perhatian positif
e.memeberikan pujian untuk perilaku baik
RESPON
a.anak menjadi merasa bersalah dan tidak akan mengulangi lagi
b.anak akan meniru perilaku sopan,sabar,dan tanggung jawab
c.anaka merasa dihargai dan belajar tanggung jawab
d.anak tidak mencari perhatian lewat kenakalan
e.anak termotivasi untuk mengulangi perilaku tersebut
2.ANAK MALAS BELAJAR
STIMULUS
a.mengaitkan pelajaran dengan hal yang disukai anak
b.memeberi pujian atau penghargaan atas usaha,bukan hasil
c.menyediakan tempat belajar yang nyaman
d.memeberi jadwal pelajaran yang fleksibel
e.mengajak belajar sambil bermain
RESPON
a.anak merasa belajar itu menarik
b.anak termotivasi karena dihargai kerja kerasnya
c.anak lebih fokus dan tidak mudah terdistraksi
d.anak tidak merasa terbebani dan tetap semangat
e.anak merasa belajar itu menyenangkan
3.ANAK TIDAK BERPRESTASI
STIMULUS
a.menumbuhkan rasa ingin tahu dalam eksplorasi
b.memeberikan tantangan yang sesuai usia
c.menyediakan lingkungan yang mendukung dan positif
d.mendorong anak agar mempunyai tujuan dan cita-cita
e.memeberikan kesempatan untuk tampildan menunjukkan kemampuannya
RESPON
a.anak jadi suka belajar dan aktif mencari tahu sendiri
b.anak menjadi tertantang dan bangga saat berhasil
c.anak merasa aman untuk mencoba ,gagal,dan mencoba lagi
d.anak punya motivasi belajar
e.anak merasa dihargai dan percaya diri
Nama: Burhanudin Sasmito Nugroho
Kelas: 7-1
Nomer absen: 14
*(1) 5 Stimulus Anak Nakal:*
1. *Kurangnya perhatian orang tua*
2. *Pengaruh teman sebaya*
3. *Tidak ada konsekuensi jelas*
4. *Kebosanan atau kurang stimulasi*
5. *Lingkungan rumah yang tidak harmonis*
*5 Respons terhadap Kenakalan Anak:*
*1. Respons dengan Empati dan Komunikasi*
*2. Berikan Pilihan dan Konsekuensi Logis*
*3. Penguatan Positif (Positive Reinforcement)*
*4. Time-In, Bukan Time-Out*
*5. Jadi Contoh Perilaku yang Diinginkan*
*(2) 5 Stimulus Penyebab Anak Malas Belajar*
1.*Materi belajar tidak menarik/tidak relevan*
2.*Tidak ada tujuan jelas*
3.*Terlalu banyak tekanan*
4.*Lingkungan tidak kondusif*
5.*Kelelahan fisik/mental*
5 *Respons Efektif untuk Memotivasi Anak*
1.*Hubungkan belajar dengan minat anak*
2.*Bantu anak menetapkan tujuan kecil*
3.*Ganti hukuman dengan dukungan*
4.*Ciptakan rutinitas belajar yang menyenangkan*
*5. Ajak refleksi & beri pujian spesifik*
(3) anak tidak lulus sekolah:
Stimulus:
1. Ajakan melihat kegagalan sebagai awal, bukan akhir
2. Dukungan tanpa menghakimi
3. Menawarkan rencana atau pilihan alternatif masa depan
Respon Positif:
1. Munculnya kesadaran untuk bangkit
2. Kesediaan mencari jalur lain yang cocok
3. Penerimaan diri dan motivasi untuk terus maju
(4) Stimulus (Anak Tidak Berprestasi):
1. Pertanyaan untuk menggali kelebihan lain
2. Dorongan untuk menemukan potensi unik
3. Normalisasi kegagalan sebagai bagian dari proses
Respon Positif:
1. Niat untuk mencoba kembali
2. Menyadari kekuatan dalam aspek non-akademik
3. Antusiasme terhadap metode belajar alternatif
Nama: Ahmad Fajrul Falakh
Kelas: 7-1
Absen: 03
1.Anak Nakal
STIMULUS
a.Diberi motivasi
b.memberi tahu konsekuensi perbuatannya
c.mengajari cara mengelola emosi
d.memberikan pilihan kepada anak
e.sesekali memberi hukuman
RESPON
a.merasa di hargai dan di dukung untuk berubah
b.mengetahui apa kesalahannya
c.dapat menyelesaikan masalah dengan sehat
d.cenderung mematuhi aturan
e.menyesali perbuatannya
2.Anak yang malas belajar
STIMULUS
a.membuat jadwal belajar yang konsisten
b.memberikan pujian
c.menghubungkan materi dg hal yg menarik
d.memberi teman belajar
e.memberi kesempatan memilih tema
RESPON
a.lebih fokus dalam belajar
b.merasa lebih percaya diri
c.lebih tertarik untuk belajar
d.lebih semangat belajar
e.merasa lebih memiliki kontrol dan lebih termotivasi
3.Anak yang tidak berprestasi
STIMULUS
a.memberikan kesempatan untuk mencoba lagi
b.mengajari cara menerima kesalahan
c.selalu memberi dukungan
d.mengevaluasi kesalahannya
e.menekuni bidang yang membuat dirinya kesulitan
RESPON
a.kemampuannya terus meningkat
b.memiliki mental yg kuat dan tidak mudah menyarah
c.salalu merasa percaya diri
d.mengetahui beberapa kesalahannya
e.menjadi lebih mahir dalam segala bidang
4.Anak yang tidak lulus sekolah
STIMULUS
a.memberikan kesempatan bagi anak untuk belajar dari pengalaman
b.memberikan dukungan emosional
c.membuat rencana belajar yg dapat diikuti
d.mengajarkan anak untuk mengembangkan keterampilan dan kemandirian
e.mengajarkan anak untuk pantang menyerah
RESPON
a.merasa lebih percaya diri dan meningkatkan kemampuan
b.anak merasa lebih stabil
c.anak dapat fokus belajar dan melupakan kegagalan di masa lalu
d.anak menjadi lebih mandiri dan siap menghadapi masa depan
e.anak tidak merasa putus asa dan terus berlatih untuk bekal masa depan
Nama:RAFFA ADYA ACHMAD ARTEZA
Absen:27
Kelas7. 1
Nama:RAFFA ADYA ACHMAD ARTEZA
Absen:27
Kelas7. 1
Belajar, sebagai perubahan perilaku yang dihasilkan dari interaksi stimulus dan respons, terlihat jelas pada anak-anak yang bermasalah dalam belajar. Anak yang malas belajar mungkin merespons stimulus berupa tugas sekolah yang sulit dengan penundaan atau kurangnya usaha. Sementara itu, anak yang tidak berprestasi bisa jadi merespons tekanan dari orang tua atau teman sebaya dengan kecemasan, yang memengaruhi kinerja akademisnya. Terakhir, anak yang tidak lulus sekolah mungkin merespons kegagalan ujian dengan menarik diri dari kegiatan belajar, menunjukkan bagaimana pengalaman membentuk perilaku.
Nama: Ipung Danuarta
Kelas:7.1
Absen:20
Anak yang nakal, malas belajar, tidak berprestasi, atau tidak lulus sekolah sebaiknya diberikan stimulus berupa pendekatan yang penuh empati, motivasi positif, dan pemahaman terhadap kebutuhan emosional serta minat mereka. Orang tua dan guru perlu responsif dengan menciptakan lingkungan yang mendukung, memberikan kesempatan untuk mengeksplorasi potensi diri, serta membangun komunikasi yang terbuka agar anak merasa dihargai dan didengar. Dengan cara ini, anak akan lebih mudah diarahkan untuk berubah ke arah yang lebih baik tanpa merasa tertekan atau dihakimi.
nama: aura sukma prastanty
kelas: 7-4
no abs: 06
Anak yang nakal, malas belajar anak yang malas berprestasi, dan anak yang tidak lulus sekolah sebaiknya diberi contoh yang baik, buat aturan dan beri sanksi yang tegas, hindari hukuman fisik dan hentakan, mendoakan dan memotivasi.
Buat ruang belajar yang nyaman dan kondusif, gunakan media belajar yang menarik, memberikan beragam aktivitas mengamati reaksi terhadap prestasi.
Beri pengertian dan empati, hindari tekanan, perkuat rasa percaya diri, bantu anak mengembangkan kemampuan mengatasi tantangan
Nama : Jihan alfiyyah nur'aini
Kelas : 7-4
No Absen :
Anak yang nakal, malas belajar anak yang malas berprestasi, dan anak yang tidak lulus sekolah sebaiknya diberi contoh yang baik, buat aturan dan beri sanksi yang tegas, hindari hukuman fisik dan bentakan, mendoakan dan memotivasi.
Buat ruang belajar yang nyaman dan kondusif, gunakan media belajar yang menarik, memberikan beragam aktivitas mengamati reaksi terhadap prestasi.
Beri pengertian dan empati, hindari tekanan, perkuat rasa percaya diri, bantu anak mengembangkan kemampuan mengatasi tantangan
Nama:Raya arnawa r. a
Kelas:7.4
Absen:23
Anak yang nakal, malas belajar, anak yang malas berprestasi, dan anak yang tidak lulus sekolah sebaiknya diberi contoh yang baik, buat aturan dan beri sanksi yang tegas, hindari hukuman fisik dan bentakan, mendoakan dan memotivasi.
Buat ruang belajar yang nyaman dan kondusif, gunakan media belajar yang menarik, memberikan beragam aktivitas mengamati reaksi terhadap prestasi.
Beri pengertian dan empati, hindari tekanan, perkuat rasa percaya diri, bantu anak mengembangkan kemampuan mengatasi tantangan.
NAMA. :Afifah nur azizah
KELAS. :7-4
NO APSEN :01
Anak yang nakal, malas belajar anak yang malas berprestasi, dan anak yang tidak lulus sekolah sebaiknya diberi contoh yang baik, buat aturan dan beri sanksi yang tegas, hindari hukuman fisik dan hentakan, mendoakan dan memotivasi.
Buat ruang belajar yang nyaman dan kondusif, gunakan media belajar yang menarik, memberikan beragam aktivitas mengamati reaksi terhadap prestasi.
Beri pengertian dan empati, hindari tekanan, perkuat rasa percaya diri, bantu anak mengembangkan kemampuan mengatasi tantangan
Nama:vadilla ni permatasari
Kelas:7.4
No abs:28
Anak yang nakal, malas belajar anak yang malas berprestasi, dan anak yang tidak lulus sekolah sebaiknya diberi contoh yang baik, buat aturan dan beri sanksi yang tegas, hindari hukuman fisik dan hentakan, mendoakan dan memotivasi.
Buat ruang belajar yang nyaman dan kondusif, gunakan media belajar yang menarik, memberikan beragam aktivitas mengamati reaksi terhadap prestasi.
Beri pengertian dan empati, hindari tekanan, perkuat rasa percaya diri, bantu anak mengembangkan kemampuan mengatasi tantangan
Nama: wilda juliana a.
Kelas: 7.4
No absen: 29
1. ANAK YANG NAKAL
STIMULUS:
a. melawan aturan/perintah
b. merusak barang
c. memukul atau mendorong
RESPON:
sebaiknya membangun empati dan kepedulian
2. ANAK YANG MALAS BELAJAR
STIMULUS:
a. selalu tidur didalam kelas
b. tidak mau belajar
c. lebih menghabiskan waktu untuk bermain game daripada belajar
RESPON:
buat belajar menjadi lebih menarik dan memulai dari hal yang mudah
3. ANAK YANG TIDAK BERPRESTASI
STIMULUS:
a.anak yang tidak tertarik pada kompetisi
b.anak yang kesulitan dalam belajar
c.anak yang memiliki masalah perilaku/emosional
RESPON:
miliki tujuan yang khas dan motivasi yang kuat dan meningkatkan keterampilan diri
4. ANAK YANG TIDAK LULUS
STIMULUS:
a.tidak memenuhi persyaratan akademik
b.absensi yang terlalu banyak
c.melanggar aturan sekolah yang berat
RESPON:
memahami persyaratan kelulusan dan fokus pada pembelajaran dan nilai akademik
Nama: Naura Dwi lestari
Kelas: 7.4
No absen: 20
Jawaban
-anak nakal serta malas belajar=anak yang suka mbolos pelajaran
-tidak berprestasi= anak yang tidak suka dan malas belajar hingga sering mendapatkan nilai jelek dan tidak berprestasi
-tidak lulus sekolah= anak yang nakal serta malas belajar hingga tidak lulus sekolah
Nama: dimyati juri nurifin
Kelas: 7.4
No absen: 8
1. ANAK YANG NAKAL
STIMULUS:
a. melawan aturan/perintah
b. merusak barang
c. memukul atau mendorong
RESPON:
sebaiknya membangun empati dan kepedulian
2. ANAK YANG MALAS BELAJAR
STIMULUS:
a. selalu tidur didalam kelas
b. tidak mau belajar
c. lebih menghabiskan waktu untuk bermain game daripada belajar
RESPON:
buat belajar menjadi lebih menarik dan memulai dari hal yang mudah
3. ANAK YANG TIDAK BERPRESTASI
STIMULUS:
a.anak yang tidak tertarik pada kompetisi
b.anak yang kesulitan dalam belajar
c.anak yang memiliki masalah perilaku/emosional
RESPON:
miliki tujuan yang khas dan motivasi yang kuat dan meningkatkan keterampilan diri
4. ANAK YANG TIDAK LULUS
STIMULUS:
a.tidak memenuhi persyaratan akademik
b.absensi yang terlalu banyak
c.melanggar aturan sekolah yang berat
RESPON:
memahami persyaratan kelulusan dan fokus pada pembelajaran dan nilai akademik
Nama:Puji Arum Ana
Kelas:7-4
No absen:21
1.Anak yang nakall
•stimulus:Beri contoh yang baik
•respon:Anak akan lebih mudah mengikuti perilaku orang dewasa
2.Anak yang malas belajar
•stimulus:ciptakan lingkungan belajar yang menyenangkan
•respon:pastikan tempat belajar bersih, terang, dan tidak terlalu banyak gangguan
3.Anak yang tidak berprestasi
•stimulus:membantu anak belajar
•respon:Bantu anak memahami materi pelajaran dan mengerjakan tugas
4.Anak yang tidak lulus
•stimulus:Berikan solusi dan bantuan
•respon:bantu anak merancang rencana untuk memperbaiki diri
Nama: Zessy Fitria .E
Kelas: 7-4
No Abs: 31
1.Anak nakall:
•Stimulus: Beri contoh yang baik.
•Respon: Anak akan lebih mudah mengikuti perilaku orang dewasa.
2.Anak yang malas belajarr:
•Stimulus: Ciptakan lingkungan belajar yang menyenangkan.
•Respon: Pastikan tempat belajar bersih, terang, dan tidak terlalu banyak gangguan.
3.Anak yang tidak berprestasii:
•Stimulus: Membantu anak belajar.
•Respon: Bantu anak memahami materi pelajaran dan mengerjakan tugas.
4.Anak yang tidak luluss:
•Stimulus: Berikan solusi dan bantuan.
•Respon: Bantu anak merancang rencana untuk memperbaiki diri.
Ralat salah
Nama:Ahmad Wayandika Aditya Pratama
Kelas :7-4
No. Absen:02
1) ANAK YANG NAKAL
Stimulus:
-selalu bolos pelajaran
-melawan perintah guru
-suka membuly teman² nya
Respon :
-Berusaha untuk merubah sikap nya yang nakal
2) ANAK YANG MALAS BELAJAR
Stimulus:
-tidak mendengarkan penjelasan guru
-ramai dengan teman ketika belajar
-tidur ketika jam pelajaran berlangsung
Respon:
-Belajar lebih giat lagi, dan tidak memperdulikan gangguan
3) ANAK YANG TIDAK BERPRESTASI:
Stimulus:
-anak yang kurang suka dengan perlombaan
-sulit paham dalam pembelajaran
-anak yang sedang bermasalah
Respon:
-Mencari motivasi hidup agar lebih dari semangat belajar
4) ANAK YANG TIDAK LULUS:
Stimulus:
-melanggar peraturan sekolah
-terlalu banyak absen
-tidak memenuhi syarat² pembelajaran
Respon:
-Memahami syarat² kelulusan dan fokus dalam pembelajaran
Nama : TALITHA NABILA ELISYA
MAMA:Yaffa Ciellina PH
ABSEN: 31
KELAS:VII-4
1. ANAK YANG NAKAL
STIMULUS:
a. melawan aturan/perintah
b. merusak barang
c. memukul atau mendorong
RESPON:
pendekatan yang lembut namun tegas, dengan fokus pada komunikasi, dan berikan nasihat seperti Dorong untuk berempati, Sampaikan aturan dan konsekuensinya, Jelaskan dampak negatif dari tindakan tersebut, Beri teguran dengan cara yang tidak menyinggung.
2. ANAK YANG MALAS BELAJAR
STIMULUS:
a. selalu tidur didalam kelas
b. tidak mau belajar
c. lebih menghabiskan waktu untuk bermain game daripada belajar
RESPON:
buat belajar menjadi lebih menarik dan memulai dari hal yang mudah
3. ANAK YANG TIDAK BERPRESTASI
STIMULUS:
a.anak yang tidak tertarik pada kompetisi
b.anak yang kesulitan dalam belajar
c.anak yang memiliki masalah perilaku/emosional
RESPON:
miliki tujuan yang khas dan motivasi yang kuat dan meningkatkan keterampilan diri
4. ANAK YANG TIDAK LULUS
STIMULUS:
a.tidak memenuhi persyaratan akademik
b.absensi yang terlalu banyak
c.melanggar aturan sekolah yang berat
RESPON:
memahami persyaratan kelulusan dan fokus pada pembelajaran dan nilai akademik
Balas
Nama: ika Juliana Endika
Absen: 12
Kelas: VII 4
1. ANAK YANG NAKAL
STIMULUS:
a. melawan aturan/perintah
b. merusak barang
c. memukul atau mendorong
RESPON:
pendekatan yang lembut namun tegas, dengan fokus pada komunikasi, dan berikan nasihat seperti Dorong untuk berempati, Sampaikan aturan dan konsekuensinya, Jelaskan dampak negatif dari tindakan tersebut, Beri teguran dengan cara yang tidak menyinggung.
2. ANAK YANG MALAS BELAJAR
STIMULUS:
a. selalu tidur didalam kelas
b. tidak mau belajar
c. lebih menghabiskan waktu untuk bermain game daripada belajar
RESPON:
buat belajar menjadi lebih menarik dan memulai dari hal yang mudah
3. ANAK YANG TIDAK BERPRESTASI
STIMULUS:
a.anak yang tidak tertarik pada kompetisi
b.anak yang kesulitan dalam belajar
c.anak yang memiliki masalah perilaku/emosional
RESPON:
miliki tujuan yang khas dan motivasi yang kuat dan meningkatkan keterampilan diri
4. ANAK YANG TIDAK LULUS
STIMULUS:
a.tidak memenuhi persyaratan akademik
b.absensi yang terlalu banyak
c.melanggar aturan sekolah yang berat
RESPON:
memahami persyaratan kelulusan dan fokus pada pembelajaran dan nilai akademik
Nama:TALITHA NABILA ELISYA
Kelas:7⁴
Absen:26
1. ANAK YANG NAKAL
STIMULUS:
a. melawan aturan/perintah
b. merusak barang
c. memukul atau mendorong
RESPON:
pendekatan yang lembut namun tegas, dengan fokus pada komunikasi, dan berikan nasihat seperti Dorong untuk berempati, Sampaikan aturan dan konsekuensinya, Jelaskan dampak negatif dari tindakan tersebut, Beri teguran dengan cara yang tidak menyinggung.
2. ANAK YANG MALAS BELAJAR
STIMULUS:
a. selalu tidur didalam kelas
b. tidak mau belajar
c. lebih menghabiskan waktu untuk bermain game daripada belajar
RESPON:
buat belajar menjadi lebih menarik dan memulai dari hal yang mudah
3. ANAK YANG TIDAK BERPRESTASI
STIMULUS:
a.anak yang tidak tertarik pada kompetisi
b.anak yang kesulitan dalam belajar
c.anak yang memiliki masalah perilaku/emosional
RESPON:
miliki tujuan yang khas dan motivasi yang kuat dan meningkatkan keterampilan diri
4. ANAK YANG TIDAK LULUS
STIMULUS:
a.tidak memenuhi persyaratan akademik
b.absensi yang terlalu banyak
c.melanggar aturan sekolah yang berat
RESPON:
memahami persyaratan kelulusan dan fokus pada pembelajaran dan nilai akademik
Nama : Jihan alfiyyah nur'aini
Kelas : 7-4
No Absen : 13
Anak yang nakal, malas belajar anak yang malas berprestasi, dan anak yang tidak lulus sekolah sebaiknya diberi contoh yang baik, buat aturan dan beri sanksi yang tegas, hindari hukuman fisik dan bentakan, mendoakan dan memotivasi.
Buat ruang belajar yang nyaman dan kondusif, gunakan media belajar yang menarik, memberikan beragam aktivitas mengamati reaksi terhadap prestasi.
Beri pengertian dan empati, hindari tekanan, perkuat rasa percaya diri, bantu anak mengembangkan kemampuan mengatasi tantangan
Nama:Revinno zuan mulyono
Kelas:7-4
No Absen:24
1) ANAK YANG NAKAL
Stimulus:
-selalu bolos pelajaran
-melawan perintah guru
-suka membuly teman² nya
Respon :
-Berusaha untuk merubah sikap nya yang nakal
2) ANAK YANG MALAS BELAJAR
Stimulus:
-tidak mendengarkan penjelasan guru
-ramai dengan teman ketika belajar
-tidur ketika jam pelajaran berlangsung
Respon:
-Belajar lebih giat lagi, dan tidak memperdulikan gangguan
3) ANAK YANG TIDAK BERPRESTASI:
Stimulus:
-anak yang kurang suka dengan perlombaan
-sulit paham dalam pembelajaran
-anak yang sedang bermasalah
Respon:
-Mencari motivasi hidup agar lebih dari semangat belajar
4) ANAK YANG TIDAK LULUS:
Stimulus:
-melanggar peraturan sekolah
-terlalu banyak absen
-tidak memenuhi syarat² pembelajaran
Respon:
-Memahami syarat² kelulusan dan fokus dalam pembelajaran
Balas
Nama: elysia cahya widoyo
Absen: 09
Kelas: 7-4
1. ANAK YANG NAKAL
STIMULUS:
a. melawan aturan/perintah
b. merusak barang
c. memukul atau mendorong
RESPON:
pendekatan yang lembut namun tegas, dengan fokus pada komunikasi, dan berikan nasihat seperti Dorong untuk berempati, Sampaikan aturan dan konsekuensinya, Jelaskan dampak negatif dari tindakan tersebut, Beri teguran dengan cara yang tidak menyinggung.
2. ANAK YANG MALAS BELAJAR
STIMULUS:
a. selalu tidur didalam kelas
b. tidak mau belajar
c. lebih menghabiskan waktu untuk bermain game daripada belajar
RESPON:
buat belajar menjadi lebih menarik dan memulai dari hal yang mudah
3. ANAK YANG TIDAK BERPRESTASI
STIMULUS:
a.anak yang tidak tertarik pada kompetisi
b.anak yang kesulitan dalam belajar
c.anak yang memiliki masalah perilaku/emosional
RESPON:
miliki tujuan yang khas dan motivasi yang kuat dan meningkatkan keterampilan diri
4. ANAK YANG TIDAK LULUS
STIMULUS:
a.tidak memenuhi persyaratan akademik
b.absensi yang terlalu banyak
c.melanggar aturan sekolah yang berat
RESPON:
memahami persyaratan kelulusan dan fokus pada pembelajaran dan nilai akademik
Balas
Nama: M. Fa'izd catur setyo budi Utomo
Absen: 15
Kelas: 7-4
ANAK YANG NAKAL
Stimulus:
-selalu bolos pelajaran
-melawan perintah guru
-suka membuly teman² nya
Respon :
-Berusaha untuk merubah sikap nya yang nakal
2) ANAK YANG MALAS BELAJAR
Stimulus:
-tidak mendengarkan penjelasan guru
-ramai dengan teman ketika belajar
-tidur ketika jam pelajaran berlangsung
Respon:
-Belajar lebih giat lagi, dan tidak memperdulikan gangguan
3) ANAK YANG TIDAK BERPRESTASI:
Stimulus:
-anak yang kurang suka dengan perlombaan
-sulit paham dalam pembelajaran
-anak yang sedang bermasalah
Respon:
-Mencari motivasi hidup agar lebih dari semangat belajar
4) ANAK YANG TIDAK LULUS:
Stimulus:
-melanggar peraturan sekolah
-terlalu banyak absen
-tidak memenuhi syarat² pembelajaran
Respon:
-Memahami syarat² kelulusan dan fokus dalam pembelajaran
Balas
Nama: M. Fa'izd catur setyo budi utomo
Kelas :7-4
No. Absen:15
1) ANAK YANG NAKAL
Stimulus:
-selalu bolos pelajaran
-melawan perintah guru
-suka membuly teman² nya
Respon :
-Berusaha untuk merubah sikap nya yang nakal
2) ANAK YANG MALAS BELAJAR
Stimulus:
-tidak mendengarkan penjelasan guru
-ramai dengan teman ketika belajar
-tidur ketika jam pelajaran berlangsung
Respon:
-Belajar lebih giat lagi, dan tidak memperdulikan gangguan
3) ANAK YANG TIDAK BERPRESTASI:
Stimulus:
-anak yang kurang suka dengan perlombaan
-sulit paham dalam pembelajaran
-anak yang sedang bermasalah
Respon:
-Mencari motivasi hidup agar lebih dari semangat belajar
4) ANAK YANG TIDAK LULUS:
Stimulus:
-melanggar peraturan sekolah
-terlalu banyak absen
-tidak memenuhi syarat² pembelajaran
Respon:
-Memahami syarat² kelulusan dan fokus dalam pembelajaran
Balas
Nama:Aulia izzatunnisa'
Kelas:7-4
No.abs:05
1.ANAK YANG NAKAL
Stimulus:
a.menolak aturan
b.keras kepala
c.sulit diatur
Respon:
Meniru perilaku orang lain
2.ANAK YANG MALAS BELAJAR
Stimulus:
a.kurang disiplin
b.tidak percaya diri
c.enggan belajar
Respon:
Teruslah bersemangat untuk belajar
3.ANAK YANG TIDAK BERPRESTASI
Stimulus:
a.rendah diri
b.tidak percaya diri
c.sikap defensif
Respon:
Anak mengalami masalah saat belajar
4.ANAK YANG TIDAK LULUS SEKOLAH
Stimulus:
a.putus ada
b.tidak mengikuti ujian
c.hasil belajar rendah
Respon:
Rubahlah perilaku mu dan, termotivasilah untuk belajar.
Nama : M AKBAR BADRUS B
No absen:16
Kelas :7.4
Stimulus:sikap
1.anak yang selalu membolos
2.tidak mengerjakan PR
3.bohong kepada guru
4.melanggar tata tertib
Respon:
1.dibenci semua guru
2.tidak di hargai oleh semua orang
3.dijauhi oleh teman
4.tidak punya teman
Nama:Albian Rangga Fardiansyah
Kelas:7-4
No.absen:03
Anak yang nakal, malas belajar anak yang malas berprestasi, dan anak yang tidak lulus sekolah sebaiknya diberi contoh yang baik, buat aturan dan beri sanksi yang tegas, hindari hukuman fisik dan bentakan, mendoakan dan memotivasi.
Buat ruang belajar yang nyaman dan kondusif, gunakan media belajar yang menarik, memberikan beragam aktivitas mengamati reaksi terhadap prestasi.
Beri pengertian dan empati, hindari tekanan, perkuat rasa percaya diri, bantu anak mengembangkan kemampuan mengatasi tantangan.tetap semangat belajar.
Nama:meyza kurnia marshafina
Kelas:7-4
Absen:14
1.ANAK YANG NAKAL
Sikap:cenderung,melanggar aturan,melawan guru,dan mengganggu teman
Perilaku:sering bolos,berkelahi,merusak fasilitas sekolah,dan tidak mengerjakan tugas
2.ANAK YANG MALAS BELAJAR
Sikap:tidak memiliki motivasi belajar,mudah menyerah,dan tidak peduli dengan nilai
Perilaku:sering tidak masuk kelas,tidak mengerjakan tugas,dan tidak memperhatikan pelajaran
3.ANAK YANG TIDAK BERPRESTASI
Sikap:merasa rendah diri,tidak percaya diri,dan kurang termotivasi untuk berprestasi
Perilaku:sulit memahami pelajaran,kurang aktif di kelas,dan tidak memilliki target belajar
4.ANAK YANG TIDAK LULUS
Sikap:merasa kecewa,putus asa,dan kehilangan arah
Perilaku:menjadi lebih tertutup, menarik dari lingkungan sosial,dan mungkin melakukan tindakan negatif
Nama: Galih arda lingga
Absen:10
Kelas:VII-4
1.ANAK YANG NAKAL
Stimulus:
-bolos pelajaran
-melakukan pembully'an
-merusak fasilitas yang ada
Respon:
Berubah menjadi anak yang
lebih baik
2.ANAK YANG MALAS BELAJAR
Stimulus:
-menunda-nunda
-mengeluh
-kurang inisiatif
-nilai yang menurun
Respon:
Terus lah menjadi anak yang rajin belajar
3.ANAK YANG TIDAK BERPRESTASI
Stimulus:
-kurang motivasi
-Mudah menyerah
-kurang percaya diri
-tidak peduli dengan hasil
Respon:
Fokus lah pada proses dan usaha bukan hanya hasil
Hargai setiap kemajuan kecil tekan kan penting nya belajar
4.ANAK YANG TIDAK SEKOLAH
Stimulus:
-acuh tak acuh
-terlalu banyak melanggar aturan
-tidak di siplin
Respon:
Termotivasi lah untuk memperbaiki diri dan belajar dengan sungguh-sungguh
NAMA:Geofaidy fardhan farel fio
KELAS:7-4
NO. ABSEN:11
Stimulus:sikap
1. Berbohong kepada guru atau org tua
2.tidak pernah mengerjakan PR
3.selalu melanggar aturan
4.selalu bolos pelajar
•Respon
1.tidak pernah lagi dipercaya oleh guru atau orang tua
2.
NAMA:Geofaidy fardhan farel fio
KELAS:7-4
NO. ABSEN:11
Stimulus:sikap
1. Berbohong kepada guru atau org tua
2.tidak pernah mengerjakan PR
3.selalu melanggar aturan
4.selalu bolos pelajar
•Respon
1.tidak pernah lagi dipercaya oleh guru atau orang tua
2. Tidak mendapat prestasi
3.dibenci oleh guru
4.tidak pernah mendapat nilai yang baik
Nama: bintang maulid Saputra
Kls:7-4
No:07
1.) Anak yang nakal
STIMULUS
a.diberi nasihat
b . memberikan contoh prilaku yang baik
c.memberikan perhatian positif
RESPON
a.anak menjadi merasa bersalah dan tidak akan mengulangi lagi
b.anak akan meniru perilaku yang baik
c.anak tidak mencari perhatian lewat kenakalan
2.) Anak yang malas belajar
STIMULUS
a.mengajak belajar sambil bermain
b.menyediakan tempat yang nyaman
RESPON
a.anak itu akan merasa belajar itu menarik
b.anak lebih fokus
3.) Anak yang tidak berprestasi
STIMULUS
a.menumbuhkab rasa ingin belajar
b.memberikan tantangan sesuai kemampuan
c.memberikan kesempatan untuk tampil
RESPON
a.anak menjadi suka belajar
b.anak menjadi tertantang sesuai kemampuan
c.anak merasa dihargai dan percaya diri
4.)Anak yg tidak lulus sekolah
STIMULUS
a.kurang nya motivasi belajar
b.lingkungan pertemanan kurang mendukung
RESPON
a.kurangnya perhatian atau dukungan belajar
b.sering bolos
Nama: alfan faris fanani
Kls:7-4
No:04
1.) Anak yang nakal
STIMULUS
a.diberi nasihat
b . memberikan contoh prilaku yang baik
c.memberikan perhatian positif
RESPON
a.anak menjadi merasa bersalah dan tidak akan mengulangi lagi
b.anak akan meniru perilaku yang baik
c.anak tidak mencari perhatian lewat kenakalan
2.) Anak yang malas belajar
STIMULUS
a.mengajak belajar sambil bermain
b.menyediakan tempat yang nyaman
RESPON
a.anak itu akan merasa belajar itu menarik
b.anak lebih fokus
3.) Anak yang tidak berprestasi
STIMULUS
a.menumbuhkab rasa ingin belajar
b.memberikan tantangan sesuai kemampuan
c.memberikan kesempatan untuk tampil
RESPON
a.anak menjadi suka belajar
b.anak menjadi tertantang sesuai kemampuan
c.anak merasa dihargai dan percaya diri
4.)Anak yg tidak lulus sekolah
STIMULUS
a.kurang nya motivasi belajar
b.lingkungan pertemanan kurang mendukung
RESPON
a.kurangnya perhatian atau dukungan belajar
b.sering bolos
Nama:M Nidhom Ni'am Qariri
Kelas:74
Absen:19
A. anak yang nakal
stimulus
1.suka melanggar tata tertib madrasah
2.suka melakukan kekerasan
3.suka berkata kotor
respon
1.tidak di sukai guru
2.di jauhi teman
3.di cap jelek oleh orang lain
B.Anak yang malas belajar
stimulus
1.tidak mau mengerjakan pr
2.lebih suka bermain hp
3.ramai dengan teman sebangku
respon
1.akan menyontek teman
2.kecanduan hp
3.tidak paham penjelasan guru
C. anak yang tidak berprestasi
stimulus
1.mudah bosen
2.tidak percaya diri
3.sulit paham dalam pembelajaran
respon
1.sering bolos
2.kurang aktif dikelas
3.tidak paham pembelajaran
D. anak yang tidak
stimulus
1.sering bolos
2.tidak mengerjakan tugas
3.absen terlalu sering
respon
1.sering masuk bk
2.nilai dibawah kkm
3.tidak naik kelas
Nama: M. Ilham R
Kelas: 7.4
No absen: 18
A. anak yang nakal
stimulus
1.suka melanggar tata tertib madrasah
2.suka melakukan kekerasan
3.suka berkata kotor
respon
1.tidak di sukai guru
2.di jauhi teman
3.di cap jelek oleh orang lain
B.Anak yang malas belajar
stimulus
1.tidak mau mengerjakan pr
2.lebih suka bermain hp
3.ramai dengan teman sebangku
respon
1.akan menyontek teman
2.kecanduan hp
3.tidak paham penjelasan guru
C. anak yang tidak berprestasi
stimulus
1.mudah bosen
2.tidak percaya diri
3.sulit paham dalam pembelajaran
respon
1.sering bolos
2.kurang aktif dikelas
3.tidak paham pembelajaran
D. anak yang tidak
stimulus
1.sering bolos
2.tidak mengerjakan tugas
3.absen terlalu sering
respon
1.sering masuk bk
2.nilai dibawah kkm
3.tidak naik kelas
Nama:Tristan Irfin Kenzi faiz
Kelas :7-4
No. Absen:27
1) ANAK YANG NAKAL
Stimulus:
-selalu bolos pelajaran
-melawan perintah guru
-suka membuly teman² nya
Respon :
-Berusaha untuk merubah sikap nya yang nakal
2) ANAK YANG MALAS BELAJAR
Stimulus:
-tidak mendengarkan penjelasan guru
-ramai dengan teman ketika belajar
-tidur ketika jam pelajaran berlangsung
Respon:
-Belajar lebih giat lagi, dan tidak memperdulikan gangguan
3) ANAK YANG TIDAK BERPRESTASI:
Stimulus:
-anak yang kurang suka dengan perlombaan
-sulit paham dalam pembelajaran
-anak yang sedang bermasalah
Respon:
-Mencari motivasi hidup agar lebih dari semangat belajar
4) ANAK YANG TIDAK LULUS:
Stimulus:
-melanggar peraturan sekolah
-terlalu banyak absen
-tidak memenuhi syarat² pembelajaran
Respon:
-Memahami syarat² kelulusan dan fokus dalam
Nama :M.Habib Ubaida
Kelas. :7-4
No.Absen:17
Stimulus:
-selalu bolos pelajaran
-melawan perintah guru
-suka membuly teman² nya
Respon :
-Berusaha untuk merubah sikap nya yang nakal
2) ANAK YANG MALAS BELAJAR
Stimulus:
-tidak mendengarkan penjelasan guru
-ramai dengan teman ketika belajar
-tidur ketika jam pelajaran berlangsung
Respon:
-Belajar lebih giat lagi, dan tidak memperdulikan gangguan
3) ANAK YANG TIDAK BERPRESTASI:
Stimulus:
-anak yang kurang suka dengan perlombaan
-sulit paham dalam pembelajaran
-anak yang sedang bermasalah
Respon:
-Mencari motivasi hidup agar lebih dari semangat belajar
4) ANAK YANG TIDAK LULUS:
Stimulus:
-melanggar peraturan sekolah
-terlalu banyak absen
-tidak memenuhi syarat² pembelajaran
Respon:
-Memahami syarat²
Nama: Anggi Anggara putri
kelas:7.11
Absen:04
•>ANAK YG NAKAL
-merokok
-membuly
-mabuk
-sering membuat masalah
-tidak menghormati yg lebih tuan
•>ANAK YG MALAS BELAJAR
-tidak pernah membantu orang tua
-kurang fokus
-tidak betah belajar
-nilai akademik menurun
-menghindari tanggung jawab
•>TIDAK BERPRESTASI DI SEKOLAH
-kurangnya memahami mapel yg di berikan
-terlalu malas untuk belajar
-suka bermain game 24 jam
-tidak fokus saat belajar
-tidak pernah membuka buku
•>TIDAK LULUS SEKOLAH
-tidak pernah belajar
-bolos sekolah
-tidak ikut ujian
-terlibat pelanggaran atau masalah
-nilai rapot jelek
Nama : mega selvi Rahma wati
Kelas : 7 - 5
Nomor absen : 18
• anak yang nakal :
- sering terlambat
- bolos sekolah
- tidak mengerjakan tugas
- ribut di kelas
- melakukan tindakan yang merugikan diri sendiri atau orang lain
• anak yang malas belajar :
- tidak antusias dalam belajar
- menghindari pelajaran yang sulit
- mudah putus asa
- tidak mampu menyelesaikan tugas dengan baik
• anak yang tidak berprestasi :
- hasil belajar yang kurang memuaskan
- kesulitan memahami materi
- tidak mampu menyelesaikan tugas dengan baik
nama: zhafit Diyantoro
kelas: 7.5
absen:32
jawaban
1.anak yang nakal
stimulus
-bolos sekolah
respon
- merubah perilaku yg jelek
2.anak yang malas belajar
stimulus
-tidak mengerjakan PR
respon
-semangat belajar
3.anak yang tidak berprestasi
stimulus
-tidak mampu menyelesaikan tugas dengan baik
respon
-semangat belajar
Nama:Hesti Nur Hafizah
Kls:7.11
Absn:9
Jawaban :1.ANAK YANG NAKAL
-membantah guru
-sering terlambat/bolos
-sering ribut dikelas
-mengganggu proses pelajaran
-mengganggu teman
CARA MENANGGAPI
-pendekatan positif
-menciptakan lingkungan belajar
-memberi sangsi yang tegas namun bijaksana
-cari tahu penyebab kenakalannya
-berikan dukungan
2.ANAK YANG MALAS BELAJAR
-sering tidak mengerjakan tugas
-mudah bosan saat pelajaran
-tidak fokus saat pelajaran
-lebih suka bermain dari pada pelajaran
-kurang ilmu pengetahuan
CARA MENANGGAPI
-berkomunikasi dengan guru
-ruang belajar yang nyaman
-metode belajar yang bervariasi
-libatkan anak dalam proses belaja
-pujian dan hadiah
3.ANAK TIDAK BERPRESTASI
-anak yang kesulitan dalam pelajaran tertentu
-kesulitan mengikuti pelajaran
-memiliki masalah dalam motivasi belajar
-masalah emosional
-masalah sosial
CARA MENANGGAPINYA
-hindari menyalahkan
-dengarkan dengan empati
-berikan dukungan emosional
-bekerjasama dengan sekolah
-dorong aktivitas non-akademik
4.ANAK TIDAK LULUS SEKOLAH
-putus sekolah
-malas belajar
-menyepelekan nilai
-tidak sekolah
-tidak mengikuti pelajaran/ujian
CARA MENANGGAPI
-berkomunikasi dengan tenang&empati
-pahami penyebab kegagalan
-berikan motivasi&dukungan
-bantu mencari solusi
- berikan apresiasi atas usaha
Nama:Regisha Retno Ningtyas
Kelas: VII-11
Nomer Absen:27
Jawaban:
•Anak yang nakal
Stimulus:
-menolak aturan
-keras kepala
-berani menjawab
-melanggar peraturan
-enggan mendengarkan nasihat guru
•Anak yang malas belajar
Stimulus:
-jarang mendapat apresiasi
-mudah menyerah
-menunda-nunda tugas/pekerjaan rumah
-kurangnya minat dan motivasi belajar
•Tidak berprestasi disekolah
Stimulus:
-Kurangnya motivasi untuk belajar dan mencapai prestasi
-Tidak mengikuti pelajaran dengan baik
-Tidak mengerjakan tugas atau pekerjaan rumah
-Tidak memperhatikan saat guru mengajar
-Sulit memahami materi pelajaran
-Tidak berpartisipasi dalam diskusi kelas
-Lebih fokus pada aktivitas lain di luar sekolah
•Tidak lulus sekolah
Stimulus:
-suka bolos
-tidak mengikuti pembelajaran dikelas
-tidak mengikuti ujian sekolah
-kurangnya belajar
nama:J.Has Michael H.M
kelas:7.5
nomer absen:13
jawaban
1.anak yang nakal
stimulus
-bolos sekolah
respon
- merubah perilaku yg jelek
2.anak yang malas belajar
stimulus
-tidak mengerjakan PR
respon
-semangat belajar
3.anak yang tidak berprestasi
stimulus
-tidak mampu menyelesaikan tugas dengan baik
respon
-semangat belajar
Nama: Elma dwi safira
Kelas: 7.5
No. Absen:10
jawaban:
1.Anak yang nakal
-sering terlambat
-bolos sekolah.
-tidak mengerjakan tugas.
-ribut di kelas.
-melakukan tindakan yang merugikan diri
sendiri atau orang lain.
2.Anak yang malas belajar
-tidak antusias dalam belajar.
-menghindari pelajaran yang sulit.
-mudah putus asa.
-tidak mampu menyelesaikan tugas
dengan baik.
3.Anak yang tidak berprestasi
-hasil belajar yang kurang memuaskan.
-kesulitan memahami materi.
-tidak mampu menyelesaikan tugas
dengan baik.
Nama: Amelia Dwi Rahayu
Kelas: 7.1
No Absen: 05
1.anak yang nakal
- Stimulus: Memberikan teladan yang baik
Respon: Anak akan menjadi pribadi yang lebih baik
- Stimulus: Membuat aturan yang jelas dan konsisten
Respon: Anak akan menaati peraturan dimana saja
- Stimulus: Memberi penjelasan tentang perilaku baik/buruk
Respon: Anak akan lebih mengerti tentang perilaku baik/buruk
- Stimulus: Memberi nasehat dengan nada lembut
Respon: Anak akan lebih tanggung jawab
- Stimulus: memberikan pertanyaan yg menantang ke anak untuk berpikir
Respon: Anak akan selalu berpikir sebelum bertindak
2.anak yang malas
- Stimulus: Mengajak nya melakukan aktivitas yang membuat nya tertarik
Respon: Anak dapat meningkatkan minat pada aktivitas tersebut
- Stimulus: Menetapkan struktur dan rutinitas seharian
Respon: Anak merasa ter motivikasi
- Stimulus: Memberinya buku pelajaran yang di minati
Respon: Anak akan lebih sering membaca
- Stimulus: Mengajak nya berolahraga
Respon: Anak akan lebih berenergi
- Stimulus: Mengajak nya jalan-jalan
Respon: Anak akan mengurangi rasa malasnya
3.anak yang tidak berprestasi
- Stimulus: Memberi jadwal harian
Respon: Anak akan lebih giat belajar
- Stimulus: Memberikan metode belajar yang mudah
Respon: Anak akan memahami pelajaran tersebut sedikit demi sedikit
- Stimulus: Membantu menjelaskan materi yang belum dipahami
Respon: Anak akan berkembang pelan-pelan
- Stimulus: Memberikan semangat untuk belajar berprestasi
Respon: Anak akan semangat untuk berprestasi
- Stimulus: Memberikan buku pelajaran dan membantu belajar
Respon: Anak akan berprestasi
4.anak yang tidak lulus sekolah
- Stimulus: Memberi kesempatan untuk remedial
Respon: Anak mulai berjuang ketertinggalan nya
- Stimulus: Memberikan motivasi
Respon: Anak akan ter motivasi
- Stimulus: Memberi semangat
Respon: Anak lebih semangat belajar
- Stimulus: Membantu untuk fokus ke belajar
Respon: Anak akan lebih bekerja keras untuk lulus sekolah
- Stimulus: Membantu menganalisis kegagalan/kesalahan
Respon: Anak akan belajar dari kesalahan sebelumnya
Nama: Nikeisha Dzakiyatur Rofifah
Kelas: 7.1
No Absen: 26
1.anak yang nakal
- Stimulus: Memberikan teladan yang baik
Respon: Anak akan menjadi pribadi yang lebih baik
- Stimulus: Membuat aturan yang jelas dan konsisten
Respon: Anak akan menaati peraturan dimana saja
- Stimulus: Memberi penjelasan tentang perilaku baik/buruk
Respon: Anak akan lebih mengerti tentang perilaku baik/buruk
- Stimulus: Memberi nasehat dengan nada lembut
Respon: Anak akan lebih tanggung jawab
- Stimulus: memberikan pertanyaan yg menantang ke anak untuk berpikir
Respon: Anak akan selalu berpikir sebelum bertindak
2.anak yang malas
- Stimulus: Mengajak nya melakukan aktivitas yang membuat nya tertarik
Respon: Anak dapat meningkatkan minat pada aktivitas tersebut
- Stimulus: Menetapkan struktur dan rutinitas seharian
Respon: Anak merasa ter motivikasi
- Stimulus: Memberinya buku pelajaran yang di minati
Respon: Anak akan lebih sering membaca
- Stimulus: Mengajak nya berolahraga
Respon: Anak akan lebih berenergi
- Stimulus: Mengajak nya jalan-jalan
Respon: Anak akan mengurangi rasa malasnya
3.anak yang tidak berprestasi
- Stimulus: Memberi jadwal harian
Respon: Anak akan lebih giat belajar
- Stimulus: Memberikan metode belajar yang mudah
Respon: Anak akan memahami pelajaran tersebut sedikit demi sedikit
- Stimulus: Membantu menjelaskan materi yang belum dipahami
Respon: Anak akan berkembang pelan-pelan
- Stimulus: Memberikan semangat untuk belajar berprestasi
Respon: Anak akan semangat untuk berprestasi
- Stimulus: Memberikan buku pelajaran dan membantu belajar
Respon: Anak akan berprestasi
4.anak yang tidak lulus sekolah
- Stimulus: Memberi kesempatan untuk remedial
Respon: Anak mulai berjuang ketertinggalan nya
- Stimulus: Memberikan motivasi
Respon: Anak akan ter motivasi
- Stimulus: Memberi semangat
Respon: Anak lebih semangat belajar
- Stimulus: Membantu untuk fokus ke belajar
Respon: Anak akan lebih bekerja keras untuk lulus sekolah
- Stimulus: Membantu menganalisis kegagalan/kesalahan
Respon: Anak akan belajar dari kesalahan sebelumnya
Posting Komentar