berkreasi penuh inspirasi

kita harus semangat dalam beraktifitas

Sabtu, 04 Januari 2020

PENTINGNYA DISIPLIN BELAJAR

Sebagai seorang pelajar kita semua mempunyai tugas utama yaitu belajar. Proses belajar yang baik diharapkan akan dapat menghasilkan prestasi yang optimal. Oleh karena itu kita perlu memikirkan kebiasaan dan cara belajar yang baik agar dapat memperoleh hasil sesuai dengan yang kita harapkan.

Pengertian Disiplin Belajar
     Disiplin adalah sikap mental yang mengandung kerelaan mematuhi semau ketentuan, peraturan dan norma yang berlaku dalam menunaikan tugas dan tanggung jawab. Disiplin belajar adalah membiasakan diri dalam menuntut ilmu dengan tugas belajar setiap saat dan tidaka memaksakan untuk belajar sehari penuh tapi dengan belajar sedikit demi sedikit


Tujuan Disiplin Belajar
     Tujuan disiplin belajar adalah menjadikan peraturan yang ada di sekolah sebagai pendukung untuk giat belajar dan bukan sebagai alat untuk mencambuk demi masa depan
Hal-hal yang harus Diperhatikan untuk Disiplin belajar
a.  Mengerti maksud dan tujuan memasuki suatu sekolah, tidak hanya sekedar untuk diketahui oleh teman.
b.  Sekolah bertujuan bekerja keras untuk mendapatkan ilmu dan bukan untuk teman-teman
c.  Belajar harus siap mental agar kelak bila ada sulitnya pelajaran sudah siap menerima kenyataan di sekolah.
d.  Harus mengikuti segala peraturan dan benar mengikuti pelajaran dengan kesungguhan hati
e.  Memiliki sopan santun terhadap guru, orang tua, keluarga dan masyarakat
f.   Tidak hanya mau menanggungnya sendiri

                          Memanfaatkan gasebo untuk belajar


              Biblioterapi dengan Belajar di Ruang Bimbingan Konseling

Pentinnya disiplin dalam belajar
Sebagai seorang pelajar kita semua mempunyai tugas utama yaitu belajar. Proses belajar yang baik diharapkan akan dapat menghasilkan prestasi yang optimal. Oleh karena itu kita perlu memikirkan kebiasaan dan cara belajar yang baik agar dapat memperoleh hasil sesuai dengan yang kita harapkan. Sebelum melakukan kegiatan belajar, ada beberapa hal yang perlu dipersiapkan, antara lain sebagai berikut :     

     1.   Diri Sendiri
a.   Kita harus menumbuhkan rasa senang terhadap pelajaran yang akan kita pelajari. Hal ini sangat membantu dalam rangka menumbuhkan semangat belajar ( motivasi ) yang akan membuat kita dapat menikmati belajar dan tidak cepat bosan.
b.   Menumbuhkan rasa senang terhadap guru . Hal ini penting sekali karena apabila kita tidak senang terhadap guru maka secara langsung kita tidak akan dapat menerima pelajaran dengan baik dan tentunya kita tidak akan dapat berkonsentrasi dengan baik.
c.   Badan harus sehat dengan makan dan olah raga teratur. Badan yang sehat akan sangat membantu dalam proses belajar karena kita dapat belajar tanpa gangguan pusing, mual atau gangguan kesehatan yang lain. Seperti pepatah, “ Di dalam badan yang sehat terkandung jiwa yang kuat”, dengan demikian kita akan dapat belajar dengan baik.
d. Menumbuhkan rasa percaya diri bahwa kita bisa melakukannya.. Munumbuhkan optimisme sangat penting untuk menumbuhkan semangat belajar, sedangkan pesimisme ( tidak percaya diri ) akan cenderung melemahkan semangat.

      2.     Tempat Belajar
a.   Sediakan tempat yang teratur.
Teratur dan dipersiapkan untuk belajar dan tidak bercampur dengan kegiatan yang lain. Tempat diatur dengan baik sehingga menjadikan kita mudah mendapatkan apa yang kita butuhkan.
b.   Hindari tempat yang berangin.
Tempat yang terlalu banyak angina akan cepat menimbulkan rasa kantuk dan tentunya juga kurang baik bagi kesehatan.
c.   Harus ada penerangan yang baik.
Penerangan yang baik penting sekali untuk kesehatan mata. Penerangan yang kurang akan mengganggu penglihatan dan mata cepat lelah. Sebaiknya menggunakan lampu neon dengan jarak yang cukup dengan meja belajar kita.
d.   Usahakan tempat yang tenang dari keramaian anak-anak.
Ketenangan akan memudahkan kita berkonsentrasi terhadap materi pelajaran. Tentunya juga akan lebih baik apabila jauh dari kegiatan anak-anak agar kita tidak terganggu dengan suara berisik anak-anak yang sedang bermain.
e.   Mengatur tempat dengan rapi.
Tempat yang rapi akan membuat kita nyaman dalam belajar dan kenyamanan itu akan membuat kita betah atau tidak cepat bosan .( Suasana yang berantakan dan kotor akan membuat kita malas belajar).

3.     Bahan Pelajaran.
a.   Menentukan bahan yang akan dipelajari, tidak campur baur.
Menyelesaikan masalah satu persatu lebih baik dibandingkan dengan menyelesaikan beberapa masalah sekaligus. Demikian juga dengan belajar satu bidang studi tertentu satu waktu, baru selanjutnya belajar bidang studi yang lain akan lebih baik.
b.   Mentaati ketetapan diri sendiri.
Kita harus dapat mentaati aturan yang kita buat sendiri, misalnya kita akan belajar selama 20 menit, tapi berulang-ulang. Jadi kita harus mentaati waktu tersebut, tidak diselingi dengankegiatan lain yang kurang perlu misalnya ngobrol, menonton televisi, dsb.
c.   Menyediakan alat yang dibutuhkan dalam pelajaran tersebut.
Menyiapkan peralatan yang mungkin dibutuhkan dalam belajar , misalnya, mistar, pulpen, pensil, penghapus, jangka, buku-buku referensi. Maksudnya adalah agar kegiatan belajar kita tidak terputus, karena mencari alat yang dibutuhkan.

      4.    Waktu Belajar.
Waktu belajar disesuaikan dengan jadwal atau kegiatan kita masing-masing. Oleh karena itu penting sekali membuat program belajar atau jadwal belajar kita sehari-hari. Hal ini dimaksudkan agar kegiatan yang satu tidak berbenturan waktunya dengan kegiatan yang lain. Sehingga dalam belajarpun kita akan tenang karena memang sudah kita rencanakan waktunya.

Berikut ini kiat-kiat mengatur waktu yang ditulis oleh Heanne Shay Schummm dalam buku bejudul Sekolah? Siapa Takut ? berikut ini :
1.      Tetapkan Prioritas !
Kalau banyak yang harus dikerjakan, buatlah daftar apa yang harus dan akan dikerjakan. Lalu, urutkan setiap tugas dalam urutan 1,2,3 dan seterusnya menurut tingkat urgensi.
2.     Jangan Membenani diri dengan jadwal yang berlebihan !
Lakukanlah perubahan untuk mencapai prestasi secara bertahap. Kalau terlalu banyak yang harus kita lakukan, kita dapat menjadi bingung dengan jadwal tersebut.
3.    Luangkah waktu untuk membiasakan diri menjadi teratur !
Menjadi teratur membutuhkan pembiasaan yang cukup lama.
4.     Luangkan waktu untuk refreshing !
Waktu untuk penyegaran membantu Anda agar tetap sehat secara mental dan fisik.
5.    Jangan Menunda-nunda !
Banyak orang menunda-nunda karena suatu alasan. Mungkin tugas yang mereka hadapi terlalu sulit atau pekerjaan tersebut membuat stress. Apapun penyebabnya, menunda-nunda bisa menjadi kebiasaan buruk.

5.     Istirahat.
Istirahat yang baik bukan masalah lamanya istirahat tetapi kualitas istirahat tersebut. Istirahat yang paling adalah tidur. Jadi setelah belajar sebaiknya tidak melakukan aktivitas yang berat yang menyita pikiran, agar apa yang baru saja kita pelajari dapat tersimpan baik dalam ingatan kita. Cara belajar yang baik juga akan menentukan hasil yang akan kita dapatkan, misalnya seperti berikut.

a.   Apabila sudah memiliki cara belajar yang sesuai sebaiknya dilanjutkan.
Tiap orang adakalanya memiliki cara belajar yang sesuai dengan dirinya. Hal ini dimungkinkan karena manusia memiliki type yang berbeda yatiu type auditif visual, dan kenestetik ( psikomotorik).

Ada seorang yang dapat belajar dengan baik yaitu dengan cara mendengarkan, ada yang dengan cara melihat, dan adapula yang harus mempraktekkan. Kita harus mengenali type diri kita sehingga dapat menerapkan cara belajar yang tepat.

b.  Bagi yang sulit belajar ada beberapa cara yang dapat dicoba, antara lain sebagai berikut:

       1)  Baca keseluruhan dalam satu bab, sambil menandai hal yang penting. Menandai bagian yang penting dengan cara menggaris bawahi atau dengan spidol/stabile berwarna agar kita mudah mencarinya.

               2)    Membaca sambil menulis pokok-pokoknya dalam catatan.
Yaitu dengan menyediakan buku khusus ringkasan yang berisi pokok-  pokok dari materi yang kita pelajari.

               3)    Mempelajari pokok-pokoknya saja.
Dengan mempelajari bagian-bagian yang penting kemudian berusaha memberikan pengembangan dengan bahasa kita sendiri agar kita mudah untuk memahaminya.

               4)    Membuka kembali bagian yang lupa
Berusaha mengingat apa yang kita pelajari dari bagian yang penting dan apabila lupa kita dapat membuka kembali buku  yang sebelumnya sudah kita berikan tanda.

               5)    Menggunakan simbol-simbol tertentu untuk memadai.
Simbol yang dimaksud adalah symbol khusus yang mudah kita mengerti, misalnya dengan menggunakan spidol warna merah untuk hal yang sangat penting dan sulit, spidol kuning untuk penjelasannya dan sebagainya. Atau dengan gambar-gambar tertentu yang memudahkan ingatan kita.

               6)    Mempraktikkan dan berlatih mengerjakan soal.  
Bidang studi tertentu memerlukan praktik untuk memperjelas teori, misalnya: matematika, IPA, olahraga, ketrampilan dan sebagainya.
Pelajaran matematika  misalnya, apabila kita sering latihan mengerjakan soal maka akan lebih mudah mengerti atau memahami materi. Juga untuk pelajaran olah raga , ada gerakan –gerakan tertentu yang harus dipraktekkan dengan benar agar tidak terjadi cedera.

               7)    Menanyakan kepada guru.
           Keberanian untuk bertanya harus ditumbuhkan pada diri siswa. Seperti halnya pepatah, “ malu bertanya sesat dijalan”, artinya apabila tidak mau bertanya padahal kita tidak tahu maka akan mengalami kesulitan. Bertanya bukan berarti bodoh, tetapi untuk menjelaskan masalah. Pastilah Bapak/Ibu guru akan senang apabila siswa berani bertanya apabila ada hal yang belum jelas.


                    Materi Disiplin Belajar

      

             Inilah Waktu Yang Tepat Untuk Belajar Menurut Islam


                    

Referensi : Buku Bimbingan Konseling
https://www.youtube.com/watch?v=htyjuFrbtvw

287 komentar:

«Terlama   ‹Lebih tua   201 – 287 dari 287
Dwi Pangga sulistyo mengatakan...

Nama:Dwi Pangga Sulistyo
Kelas:7-1
No absen:02
Karna Disiplin itu penting dalam kehidupan,disiplin mengajarkan kita tentang norma / peraturan
Contoh :disiplin waktu, mengumpulkan tugas tepat waktu, datang tidak terlambat ke sekolah, belajar tepat waktu , mengerjakan pr

Unknown mengatakan...

Nama: M. Raditya nur Febrian
Kls:7-3
Karena dengan disiplin kita bisa tepat waktu dengan belajar

Isna mengatakan...

Nama. :istnatulmu'auwanah
No absen :17
Kelas :7-3
Jawaban :karena disiplin itu sgt penting,dan disiplin dpt meningkatkan ketertiban seorang siswa dimana saja & kpn saja.
Contoh : -tidak terlambat saat datang ke sekolah.
-menaati peraturan tata tertib yg ada di sklh.
-tidak bolos pelajaran.

Isna mengatakan...

Nama. :istnatulmu'auwanah
No absen :17
Kelas :7-3
Jawaban :karena disiplin itu sgt penting,dan disiplin dpt meningkatkan ketertiban seorang siswa dimana saja & kpn saja.
Contoh : -tidak terlambat saat datang ke sekolah.
-menaati peraturan tata tertib yg ada di sklh.
-tidak bolos pelajaran.

Isna mengatakan...

Nama. :istnatulmu'auwanah
No absen :17
Kelas :7-3
Jawaban :karena disiplin itu sgt penting,dan disiplin dpt meningkatkan ketertiban seorang siswa dimana saja & kpn saja.
Contoh : -tidak terlambat saat datang ke sekolah.
-menaati peraturan tata tertib yg ada di sklh.
-tidak bolos pelajaran.

Unknown mengatakan...

Nama:Anggik Puspitasari(7-3)
Jawaban:Kedisiplinan siswa sangat penting untuk kemajuan sekolah, supaya proses pembelajaran berjalan baik. Contoh disiplin:Masuk sekolah tepat waktu,menaati peraturan sekolah,memakai seragam sesuai ketentuan sekolah

Kanuahan mengatakan...

Nama:kanuahan kamil mathias
kls:7-3
Jwb:karena dengan disiplin kita bisa menjadi murid yg bertanggung jawab dan akan membuat hidup kita lebih beraturan
Contohnya:Berangkat sekolah tepat waktu dan Mamatuhi peraturan sekolah

Unknown mengatakan...

Nama:Sella Fatimatuz Zahra
Kelas:7'3
No.absen:29
Jawaban:Kita sebagai siswa harus disiplin karena kedisiplinan kita bisa menciptakan proses pembelajaran yang baik.
Contoh sikap disiplin adalah
-Mengumpulkan tugas tepat waktu
-Datang tepat waktu dan
-Menaati tata tertib sekolah.

Unknown mengatakan...

Nama: Mohammad angga
No absen:6
Kelas:7-3
Mendengar kan gurudengan seksama
Melaksanakan peraturan
Menaati tata tertib

Dimas Surya mengatakan...

Nama:Dimas Surya Darma
Kelas: 7-3
No absen:02

Jawab: Karena disiplin itu dapat meningkatkan ketertiban seorang siswa, serta merupakan kunci kesuksesan dari seorang siswa.
Contoh:
1) Berangkat sekolah tepat waktu
2) Menaati peraturan tata tertib sekolah
3) Melaksanakan piket kelas sesuai jadwal

Unknown mengatakan...

Nama:Sella Fatimatuz Zahra
Kelas: 7'3
No.absen:29
Jawaban:kenapa kita sebagai siswa harus disiplin,karena kedisiplinan kita dapat menciptakan proses pembelajaran yang baik.
Contoh sikap disiplin adalah
-Mengumpulkan tugas tepat waktu
-Berangkat tepat waktu dan
-Mematuhi tata tertib sekolah

Unknown mengatakan...

Nama:Sella Fatimatuz Zahra
Kelas: 7'3
No.absen:29
Jawaban:kenapa kita sebagai siswa harus disiplin,karena kedisiplinan kita dapat menciptakan proses pembelajaran yang baik.
Contoh sikap disiplin adalah
-Mengumpulkan tugas tepat waktu
-Berangkat tepat waktu dan
-Mematuhi tata tertib sekolah

Unknown mengatakan...

Dengan kedisiplinan yang tinggi, maka seseorang dapat membiasakan hidup untuk menaati semua peraturan berlaku baik di rumah,sekolah maupun masyarakat.

Contoh:1.masuk sekolah tepat waktu
2.tidak terlambat masuk sekolah
3.menaati tata tertib sekolah

Dyna okta via fitri mengatakan...

Nama:dyna okta via fitri
Kelas:7_3
No abs:08
Jawaban:dengan kedisiplinan yang tinggi,maka seseorang dpt membiasakan hidup untuk menaati semua peraturan berlaku baik dirumah,disekolah maupun dilingkungan masyarakat

Unknown mengatakan...

Nama:M Rocky Arya
Kelas:7'3
Absen:05
Jawab:Dengan kedisiplinan yang tinggi, maka seseorang dapat membiasakan hidup untuk menaati semua peraturan berlaku baik di rumah,sekolah maupun masyarakat
Contohnya:-melaksanakan piket kelas sesuai jadwal
-menaati tatatertib sekolah
-tidak terlambat saat datang ke sekolah

Unknown mengatakan...

Nama:Muhamad febryan tri sarnazi
No absen:01
Jawab:Kita sebagai siswa harus disiplin karena kunci kesuksesan adalah disiplin tidak hanya disiplin dalam waktu tetapi dalam segala hal.
Contohnya:-Berangkat ke sekolah tepat
waktu,
-Menggunakan attribut atau
peralatan sekolah sesuai
dengan ketentuan yang ada,
-Menaati peraturan tata
tertib disekolah
-Mendegarkan guru dengan
seksama saat menerangkan t
tugas
-Melaksanakan piket kelas
sesuai jadwal

Indah mengatakan...

Nama: Nofi indah nuraini
Kelas:7-3
Absen:24
Kita perlu displin karena untuk menumbuhkan rasa tanggung jawab, membentuk karakter serta untuk dapat menghargai waktu

Unknown mengatakan...

Nama: Enggal Eni Rohani
Kls:7'3
Nomor absen:22
Jawaban: Karena adanya kedisiplinan di sekolah di harapkan mampu menciptakan suasana lingkungan belajar yg nyaman sehingga siswa mampu memahami bahwa nilai di siplin itu bukanlah bernilai demi di siplinnya itu sendiri,melainkan demi tujuan yg lain yg lebih luas,yakni demi stabilitas dan kedamaian hidup bersama
Contoh sikap di siplin:Menaati tata tertib sekolah,melaksanakan piket kelas sesuai jadwal

Unknown mengatakan...

Nama:Sella Fatimatuz Zahra
Kelas7'3
No.absen:29
Jawaban:kenapa kita sebagai siswa harus disiplin?karena kedisiplinan kita dapat menciptakan proses pembelajaran yang tertib.
Contoh sikap tertib adalah
-Datang tepat waktu
-Mengumpulkan tugas tepat waktu dan
-Mematuhi tata tertib sekolah

Ayin Nadhirin mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
Ayin Nadhirin mengatakan...

Nama : Ayin Nadhirin
Kelas : 20
No.Absen : 20
Jawab : kedisiplinan siswa sangat penting untuk kemajuan sekolah itu sendiri .
Contoh :
- piket seauai jatwal
- menaati tata tertib di sekolah
- masuk sekolah tepat waktu

Salsa... mengatakan...

nama:Nadine Salsabila
kelas:7-1
absen:21
jawaban:karena kedisiplinan adalah kunci meraih kesuksesan
contohnya:datang ke sekolah tepat waktu,melaksanakan piket kelas,dan mentaati peraturan yang berlaku di sekolah

Salsa... mengatakan...

nama: nadine salsabila
kelas:7-1
absen:21
jawaban: karena disiplin adalah kunci utama dalam kesuksesan
contohnya: berangkat ke sekolah tepat waktu, melaksanakan piket kelas, mentaati peraturan yang berlaku di sekolah,dll

Salsa... mengatakan...

nama:Nadine salsabila
kelas:7-1
absen:21
jawaban: karena kedisiplinan adalah kunci utama keberhasilan
Contoh: berangkat ke sekolah tepat waktu,melaksanakan piket kelas dan mentaati peraturan yang berlaku di sekolah

Salsa... mengatakan...

nama: nadine salsabila
Kelas:7-1
Absen21
Jawaban: karena kedisiplinan adalah kunci utama keberhasilan
Contoh: berangkat ke sekolah tepat waktu, melaksanakan piket kelas dan mentaati peraturan yang berlaku di sekolah

Salsa... mengatakan...

nama: Nadine salsabila
Kelas:7-1
Absen:21
Jawaban:karena kedisiplinan adalah kunci utama keberhasilan
Contohnya:berangkat sekolah tepat waktu, melaksanakan piket kelas dan mentaati peraturan yang berlaku di sekolah

Laili nur khomariah mengatakan...

NAMA:LAILI NUR QOMARIYAH
KLS : 7.3
NO ABSEN : 18
JAWABAN : KITA SEBAGAI SISWA HARUS DISIPLIN KARNA KUNCI KESUKSESAN ADALAH DISIPLIN TIDAK HANYA disiplin dalam waktu tetapi dalam segala hal .
Contoh :- melaksanakan piket
kelas
- mengikuti upacara bendera
- memakai atribut lengkap
- melaksanakan piket

Laili nur khomariah mengatakan...

NAMA:LAILI NUR QOMARIYAH
KLS : 7.3
NO ABSEN : 18
JAWABAN : KITA SEBAGAI SISWA HARUS DISIPLIN KARNA KUNCI KESUKSESAN ADALAH DISIPLIN TIDAK HANYA disiplin dalam waktu tetapi dalam segala hal .
Contoh :- melaksanakan piket
kelas
- mengikuti upacara bendera
- memakai atribut lengkap
- melaksanakan piket

Salsa... mengatakan...

nama:Nadine salsabila
kelas:7-1
absen:21
jawaban:karena kedisiplinan adalah kunci utama keberhasilan/kesuksesan
contoh disiplin: berangkat ke sekolah tepat waktu, melaksanakan piket kelas, mentaati peraturan yang berlaku di sekolah,dll

Unknown mengatakan...

Nama: Sella Fatimatuz Zahra
Kelas: 7'3
No.absen: 29
Jawaban:kenapa kita harus disiplin? Karena kedisiplinan kita dapat menciptakan proses pembelajaran yang baik
Contoh sikap disiplin adalah
-Datang tepat waktu
-Mengerjakan tugas tepat waktu
-Mematuhi tata tertib sekolah

Unknown mengatakan...

Nama: Sella Fatimatuz Zahra
Kelas: 7'3
No.absen: 29
Jawaban:kenapa kita harus disiplin? Karena kedisiplinan kita dapat menciptakan proses pembelajaran yang baik
Contoh sikap disiplin adalah
-Datang tepat waktu
-Mengerjakan tugas tepat waktu
-Mematuhi tata tertib sekolah

Salsa... mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
Salsa... mengatakan...

nama:Nadine salsabila
kelas:7-1
absen:21
jawaban:karena kedisiplinan adalah kunci utama keberhasilan/kesuksesan
contoh disiplin: berangkat ke sekolah tepat waktu, melaksanakan piket kelas, mentaati peraturan yang berlaku di sekolah,dll

Salsa... mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
Salsa... mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
Farid mengatakan...

Nama: Jorghi Atta Al-Farid
Kelas: 7-1
No Absen: 11
Jawab:Disiplin merupakan tanggung jawab kita yg harus diselesaikan
Contoh -patut lalu lintas,
-menaati tata tertib sekolah

Farid mengatakan...

Nama: Jorghi Atta Al-Farid
Kelas: 7-1
No Absen: 11
Jawab:Disiplin merupakan tanggung jawab kita yg harus diselesaikan
Contoh -patut lalu lintas,
-menaati tata tertib sekolah

Unknown mengatakan...

Nama :Laili Nur Qomariyah
Kelas:73
No.absen:18
Jawaban ; karena kunci kesuksesan
adalahh disiplin,disiplin
tidakk hanya disiplin waktu saja
Contoh;
=>Menaati peraturan sekolah
=>Memakai atribut sekolah
=>Menjalankan piket kelas
=>Mengikuti upacara pada hari senin
=>Datang ke sekolah tepat pada
waktunya

Laili nur khomariah mengatakan...

NAMA : LAILI NUR QOMARIYAH
KLS. : 7.3
No absen : 18
Jawaban: karena disiplin adalah kunci kesuksesan disiplin tidak hanya disiplin dalam waktu tetapi dalam segala hal
Contohnya:- memakai atribut lengkap
-mengikuti upacara setiap hari senin
-melaksanakan piket kelas
-datang tepat waktu

Anonim mengatakan...

Nama:Ahsan maulan
Kls:7,9
Jawab:Disiplin merupakan tanggung jawab kita yg harus diselesaikan
Contoh patut lalu lintas , tidak terlambat sekolah

Unknown mengatakan...

Nama:sobri
Kls:7-9
Jawaban:agar kita pada saat dimasa depan nanti kita selalu disiplin

Unknown mengatakan...

Nama : Fahriz Rizky Albahri
Kelas : 7-9
No.absen : 10

Jawaban :
Disiplin belajar adalah membiasakan diri dalam menuntut ilmu dengan tugas belajar setiap saat dan tidaka memaksakan untuk belajar sehari penuh tapi dengan belajar sedikit demi sedikit.
Contoh :
-Berangkat ke sekolah tepat
waktu
-Menggunakan attribut atau
peralatan sekolah sesuai
dengan ketentuan yang ada
-Menaati peraturan tata
tertib disekolah.

RivaPujianingsih_02 mengatakan...

Nama:riva pujianingsih
Kelas:7-9
Absen:32
Jawaban:kedisiplinan sangat penting bagi siswa apa lagi disiplin dalam belajar

RivaPujianingsih_02 mengatakan...

Nama:riva pujianingsih
Kelas:7-9
Absen:32
Jawaban:kedisiplinan sangat penting bagi siswa apa lagi disiplin dalam belajar

Unknown mengatakan...

Nama : Djaseena Sabrina dzakiah
Kelas : 7-6

Unknown mengatakan...

Nama : Djaseena Sabrina dzakiah
Kelas: 7-6
Jawab: karena disiplin mengajarkan kita tidak selalu terlambat dalam mengerjakan apapun dan selalu terbiasa cepat
CONTOH:tidak terlambat berangkat sekolah ,selalu mengerjakan piket

Unknown mengatakan...

Nama:pandu raka pradana
Absen:4
Kls:7-3
Jawab:kita sebagai siswa harus disiplin karena kunci kesuksesan adalah disiapin tidak hanya disiplin dalam waktu tetapi waktu segala hal
Contoh:1.mendengarkan penjelasan guru

2.tidak ngobrol

3.mengerjakan tugas tepat waktu

4.tidak keluar kelas saat guru menjelaskan

5.tidak membuat kegaduhan

6.fokus dan konsentrasi dengan pelajaran yang dijelaskan guru

7.bertanyalah jika kamu tidak mengerti

Nama:alika wahyu uswatun khasanah mengatakan...

Nama :alika wahyu uswatun khasanah
Kelas :7-9
Jawaban:sikap disiplin itu penting
dalam bidang pendidikan,
Berangkat sekolah tepat waktu
Mentaati peraturan sekolah
Dan bertanggung jawab

Nama:alika wahyu uswatun khasanah mengatakan...

Nama :alika wahyu uswatun khasanah
Kelas :7-9
Jawaban:sikap disiplin itu
penting dalam bidang
pendidikan,brangkat
sekolah tepat
waktu,mentaati sekolah
Dan bertanggung jawab

Nama:alika wahyu uswatun khasanah mengatakan...

Nama :alika wahyu uswatun khasanah
Kelas :7-9
Jawaban:sikap disiplin itu penting
Dalam bidang pendidikan,
Brangkat sekolah tepat waktu,
Mentaati peratura sekolah,
Dan bertanggung jawab.

Nama:alika wahyu uswatun khasanah mengatakan...

Nama :alika wahyu uswatun khasanah
Kelas :7-9
Jawaban:sikap disiplin itu penting
Dalam bidang pendidikan,
Brangkat sekolah tepat waktu,
Mentaati peratura sekolah,
Dan bertanggung jawab.

Nama:alika wahyu uswatun khasanah mengatakan...

Nama :alika wahyu uswatun khasanah
Kelas :7-9
Jawaban:sikap disiplin itu penting
Dalam bidang pendidikan,
Brangkat sekolah tepat waktu,
Mentaati peratura sekolah,
Dan bertanggung jawab.

Unknown mengatakan...

Nama:Jovita deviana aulya putri hadi
Kelas:7-2
Alasan:karena disiplin itu sangat penting untuk membentuk karakter
Contoh disiplin:mengikuti upacara bendera

Nathaniela07 mengatakan...

Nama : Nathaniela Santika Dwi Nurlaila
kelas : 7.2
absen : 20
Komentar : kita harus disiplin supaya kedepanya menjadi lebih baik dan terbiasa hidup Disiplin

Nathaniela07 mengatakan...

Nama : Nathaniela Santika Dwi Nurlaila
Kelas : 72
absen : 20
Komen : Kita harus disiplin agar lebih baik kedepanya dan membiasakan dengan hidup Disiplin

Fathur mengatakan...

Nama: Muhammad Fathurrahman Hadi
Kelas: 7-2
Mengapa kita harus disiplin? Karena dengan kedisiplinan yang tinggi maka kita sebagai siswa dapat membiasakan hidup untuk menaati segala peraturan yang ada.
Contoh disiplin : masuk sekolah tepat waktu sesuai peraturan yang telah di tentukan.

Fathur mengatakan...

Nama : Muhammad Fathurrahman Hadi
Kelas : 7-2
Mengapa kita sebagai siswa harus disiplin? Karena dengankedisiplinan yang tinggi maka kita dapat membiasakan hidup untuk mena'ati semua peraturan yang berlaku baik dirumah, sekolah maupun masyarakat
Contoh disiplin: masuk sekolah tepat waktu sesuai jam yang telah ditentukan

Fathur mengatakan...

Nama : Muhammad Fathurrahman Hadi
Kelas : 7-2
Mengapa kita sebagai siswa harus disiplin? Karena dengankedisiplinan yang tinggi maka kita dapat membiasakan hidup untuk mena'ati semua peraturan yang berlaku baik dirumah, sekolah maupun masyarakat
Contoh disiplin: masuk sekolah tepat waktu sesuai jam yang telah ditentukan

Rahma amelia putri ramadhani mengatakan...

Nama:rahma amelia putri ramadhani
No absen:26
Kelas:7-2
Jawab:karena disiplin dapat menumbuhkan rasa tanggung jawab kita sebagai seorang siswa.
Contoh:berangkat sekolah tepat waktu,
Mengikuti upacara dengan tertib,
Melaksanakan piket kelas sesuai jadwal.

Fathur mengatakan...

Nama :Muhammad Fathurrahman Hadi
Kelas:7-2
No absen :19
Mengapa kita sebagai siswa harus disiplin? Karena dengan kedisiplinan yang tinggi maka kita sebagai siswa dapat membiasakan hidup untuk menaati segala peraturan yang berlaku baik di rumah sekolah maupun masyarakat
Contoh :masuk sekolah sesuai jam yang telah di tetapkan

Fathur mengatakan...

Nama :Muhammad Fathurrahman Hadi
Kelas:7-2
No absen :19
Mengapa kita sebagai siswa harus disiplin? Karena dengan kedisiplinan yang tinggi maka kita sebagai siswa dapat membiasakan hidup untuk menaati segala peraturan yang berlaku baik di rumah sekolah maupun masyarakat
Contoh :masuk sekolah sesuai jam yang telah di tetapkan

Unknown mengatakan...

Nama:Saskiya a'yunul khusna
Kelas:7-2
No Absen:29
Jawab:Disiplin dalam belajar memang penting, karena agar kita disiplin dalam belajar dan itu sangat penting.

Aisyah nuriatul humairoh 7-2 mengatakan...

Nama Aisyah nuriatul humairoh
Kelas 7-2
Abesen 4
Jawaban kenapa kita sebagai siswa harus disiplin,dengan ke disiplina maka siswa akan dapat membiasakan hidup untuk menaati semua peraturan berlaku baik di sekolah,rumah maupun masyarakat contoh beranahakat sekolah tepat waktu.bagaimana membiasakan anak supaya bisa disiplin,yaitu di didik sejak kecil dan mnegur apabila melakukan kesalahan

Unknown mengatakan...

NAMA:Golden arnawa giovano.A
Kls:7-10
No absen:12
Jawab:Jangan pernah sepelekan waktu dengan melakukan berbagai hal yang tidak penting,lakukan hal yang utama,jangan menunda nunda waktu

Unknown mengatakan...

Nama: mandania Dewi Safitri
Kls:7-8
Absen:31
Jwb:
Kita diwajibkan belajar agar dapat meraih cita cita yg tinggi dan juga akan membanggakan orangtua,dan mempermudah mencari pekerjaan agar tidak tergantung kepada orang tua lagu

Fadhil mengatakan...

Nama : Fadhil Rizky Akbar
Kelas: 7-8
No.abs :12

Jawaban :
-buatlah daftar apa yang harus dan akan dikerjakan
-Luangkah waktu untuk membiasakan diri menjadi teratur
-Luangkan waktu untuk refreshing
-Lakukanlah perubahan untuk mencapai prestasi secara bertahap.
-Jangan Menunda-nunda

M.vyan adrianto mengatakan...

Nama:muhammad vyan adrianto
Jwb:karna disiplin itu sangat penting

Aisyah mengatakan...

Nama:aisyah novita sari
Kls:78
Absen:21

Unknown mengatakan...

Nama:siti nur nabila intan julianti
Kelas:7'8
Absen:24
Jwb:Disiplin sangat penting dlm melakukan segala kegiatan terutama belajar. Disiplin belajar dpt menjadikan kita pintar dan tdk membuat kita jdi anak yg pemalas.Disiplin dpt membuat kita pintar dan pandai dlm mengatur/membagi waktu.

Siti muslikah mengatakan...

Nama:Wulan indah prastika
Kelas:7-8
Absen:30

Waktu yang tepat untuk belajar adalah di pagi hari/setelah sholat subuh.
Karena kita setelah istirahat/tidur malam.

Unknown mengatakan...

Nama: fanita nafadila firdaningrum
Kelas:7-10
absen:27
Jawab: karena kedisiplinan itu sangat penting,kita sebagai siswa penting untuk disiplin karena kata kunci kesuksesan itu kesiplinan

Alyatul Zulfaana Syafii'ah mengatakan...

Nama: Alyatul Zulfaana Syafii'ah
Kls:7-10 Absen:24
Jawab: penjelasan nya adalah agar waktu kita tdk berbenturan dengan waktu yg lain karena sebab itulah kita harus membuat waktu yg tepat atau jadwal. Berikut ini kiat kiat mengatur waktu yg di tulis oleh heanne shay schummm :
1.tetapkan prioritas
2.jangan membebani diri dng jadwal yg berlebihan
3.luangkah waktu untuk membiasakan diri menjadi teratur
4.luangkan lah Waktu untuk refreshing
5.jangan menunda-nunda waktu

Fatoni mengatakan...

Nama:muhammad rizal fatoni
No absen:10
Kelas:7-8
Jawaban:keDisiplin siswa sangat penting untuk kemajuansekolah itu sendiri

Rahma Aulia Sari mengatakan...

Nama:Rahma Aulia Sari
Kelas:7-10
No.Absen:19
Jawab:"Untuk mengatur waktu belajar yang baik dan efektif kita perlu membuat daftar atau jadwal rencana belajar dengan itu bisa membuat kerjaaan kita lebih teratur,tidak menunda-nunda waktu untuk belajar,menyelesaikan hal yang lebih penting dahulu dan tidur atau istirahat yang cukup".

Unknown mengatakan...

Nam : fitriana rohmatus solekha
Kls : 7-10
Noabn: 28
Jawab: dengan kita belajar kita dapat mewujudkan cita" yang kita inginkan

M.Fadzillah Amardy mengatakan...

Nama: M. Fadzillah Amardy
Kelas: 7-10
Absen:15
Jawaban: melakukan pekerjaan yang penting lebih dahulu
Tidak menunda Pekerjaan
Membuat daftar pekerjaan yang harus dilakukan

M.Fadzillah Amardy mengatakan...

Nama: M. Fadzillah Amardy
Kelas: 7-10
Absen: 15
Jawaban: Melakukan pekerjaan yang penting terlebih dahulu
Tidak menunda-nunda pekerjaan
Membuat daftar pekerjaan yang harus dilakukan

M.Fadzillah Amardy mengatakan...

Nama: M. Fadzillah Amardy
Kelas: 7-10
Absen: 15
Jawaban: Melakukan pekerjaan yang penting terlebih dahulu
Tidak menunda-nunda pekerjaan
Membuat daftar pekerjaan yang harus dilakukan

M.Fadzillah Amardy mengatakan...

Nama: M. Fadzillah Amardy
Kelas: 7-10
Absen: 15
Jawaban: Melakukan pekerjaan yang penting terlebih dahulu
Tidak menunda-nunda pekerjaan
Membuat daftar pekerjaan yang harus dilakukan

Agis Najrina Rahma mengatakan...

Nama : Agis Najrina Rahma
Kelas : 7.8
No absen : 20

Jawaban: 1. kita harus bisa mengatur waktu dan harus menyelesaikan mana yang lebih penting yang harus kita dahulukan setelah itu kita baru menyelesaikan belajar yang lebih ringan.
2. kita harus bisa membuat suasana belajar yang nyaman dan menyenangkan.
3. kita harus merangkum pokok pembelajaran yang kita pelajari
4. kita harus bisa mengerti yang kita pelajari tidak hanya hafalan.
5. kita harus belajar dengan rutin tidak harus lama.

Nama:alika wahyu uswatun khasanah mengatakan...

Nama :alika wahyu uswatun khasanah
Kelas :7-9
No.absen:3
Jawaban :sikap di siplin itu penting
dalam pendidikan,berangkat
sekolah tepat waktu, mentaati
peraturan sekolah yang ada,
bertanggung jawab agar
mencapai
kesuksesan/keberhasilan
kedepannya

Unknown mengatakan...

Nama:Jendra
Kelas:7g
No.absen:16

Jawaban:Karena kita bisa memperluas minat yang kita miliki. Syaratnya kita harus terlebih dahulu menemukan apa yang kita minati. Dengan belajar, kita bisa mewujudkan sesuatu yang mungkin menjadi ambisi kita dimasa lalu tetapi kita tidak punya waktu untuk mewujudkannya.

Unknown mengatakan...

Nama:Jendra
Kelas:7g
No.absen:16

Jawaban:Karena kita bisa memperluas minat yang kita miliki. Syaratnya kita harus terlebih dahulu menemukan apa yang kita minati. Dengan belajar, kita bisa mewujudkan sesuatu yang mungkin menjadi ambisi kita dimasa lalu tetapi kita tidak punya waktu untuk mewujudkannya.

Evan mengatakan...

Nama:Evan Kristianto Laia
Kls:7-1
Absen:15
Jawab:Kita Sebagai siswa siswi,harus Belajar dengan giat dan di siplin,,dan kita juga harus disiplin mematuhi peraturan sekolah kita "Contohnya"..

(Harus seragam,dan Harus rapi dan bersih)
(membawa Alat belajar)
(dilarang membawa senjata tajam)
(dilarang membawa mainan)
(dilarang berantam dengan teman)
(dilarang membuang sampah sembarangan)
(Menjaga tertib kelas)
(melaksanakan piket kelas)
(dilarang memanjat tebing sekolah)
(dilarang bermain di belakang sekolah)

Evan mengatakan...

Nama:Evan Kristianto Laia
Kls:7-1
Absen:15
Jawab:Kita Sebagai siswa siswi,harus Belajar dengan giat dan di siplin,,dan kita juga harus disiplin mematuhi peraturan sekolah kita "Contohnya"..

(Harus seragam,dan Harus rapi dan bersih)
(membawa Alat belajar)
(dilarang membawa senjata tajam)
(dilarang membawa mainan)
(dilarang berantam dengan teman)
(dilarang membuang sampah sembarangan)
(Menjaga tertib kelas)
(melaksanakan piket kelas)
(dilarang memanjat tebing sekolah)
(dilarang bermain di belakang sekolah)

Anonim mengatakan...

Nama:Sekar Wangining Praja
Kelas:7-1
Absen:29
Jawaban:karena disiplin itu penting
Pentingnya disiplin itu bisa mengajarkan kita untuk tepat waktu.

Unknown mengatakan...

Bagus dan menginspirasi

«Terlama ‹Lebih tua   201 – 287 dari 287   Lebih baru› Terbaru»