berkreasi penuh inspirasi

kita harus semangat dalam beraktifitas

Kamis, 12 Desember 2019

Kadin kuatkan sendi perdagangan dan perindustrian Indonesia


Kamar Dagang Industri (Kadin) Indonesia senantiasa memberikan yang terbaik untuk masyarakat bangsa dan negara. Dengan motto “Tabah, Jujur, Setia” yang tertulis pada pita bersimpul semakin menguatkan dan memberikan andil dalam upaya menjadikan pilar Sumber Daya Manusia yang Unggul. Mari kita wujudkan motto Kadin dalam sendi-sendi kehidupan perdagangan dan perindustrian.


 Untuk mewujudkan Indonesia yang produktif perlu menggandeng masyarakat untuk senantiasa berpartisipasi aktif dalam menyalurkan dan menyampaikan aspirasi, harapan, dan saran kepada pemerintah agar segera untuk mewujudkan visi Indonesia sebagai Pembangunan Sumber Daya Manusia.

Kita sebagai masyarakat berharap dengan sepenuh hati untuk memberikan dorongan kepada bangsa Indonesia untuk lebih produktif, berdaya saing, dan fleksibilitas dalam menghadapi tantangan global yang dinamis dan penuh risiko seperti di era kini.

    Mari kita memberikan kepercayaan dengan karya usaha nyata untuk menjadikan Kadin sebagai pilihan pertama dan utama dalam mewakili suara dan kepentingan dunia usaha beserta seluruh stakeholders-nya, berkaitan dengan pembuatan dan implementasi kebijakan ekonomi di seluruh Indonesia.

Dengan struktur dan komposisi organisasi Kadin yang kuat baik yang berada di Pusat dan daerah mampu menjembatai masyarakat untuk semakin peduli. Dengan harapan akan meningkatkan kepercayaan masyarakat sehingga menjadi menghubung antara mitra yang strategis dan efektif bagi pemerintah dan dunia usaha.

Kita sangat yakin akan dedikasi dan reputasi serta kemandirian Kadin yang selama ini sudah terbangun dengan baik. Sebagai sebuah organisasi ternama dalam dunia usaha baik dari segala aspek institusi, keuangan, kepemimpinan, pelayanan masyarakat, dukungan politik, dan kerja sama internasional, diharapkan mampu memberikan peluang emas yang menggembirakan dalam berbagai sektor.

Kadin dengan segala kemampuan yang selama ini sudah terbukti mampu memberikan pengaruh dalam dunia usaha di upayakan lebih mempercepat program reindustrialisasi perekonomian nasional, melahirkan local champion yang berpotensi menjadi global citizen dalam perekonomian.

Untuk mendukung kekuatan yang telah eksis hingga selama ini perlu adanya sinergi dengan berbagai sektor. Perlu diperkuat sebuah kerjasama dengan berbagai komunitas bisnis internasional yang paling relevan dan strategis dalam program reindustrialisasi perekonomian nasional. Semuanya itu perlu di implementasikan dalam bentuk Memory of Understanding (MoU) sebagai penguatan sebuah organisasi.


Sebuah organisasi ternama seperti Kadin Indonesia akan memberikan kesempatan dunia usaha untuk maju dan berkembang bersama serikat pekerja dan dunia pendidikan menciptakan tenaga siap pakai dengan kualifikasi internasional. Sangat membangakan dengan potensi pekerja yang memiliki keahlian yang tersertifikasi profesional sesuai bidang keahliannya.

Suatu lompatan yang senantiasa di gulirkan Kadin Indonesia untuk menjembatani dunia usaha demi kemajuan. Berbagai bentuk yang telah dilakuan diantaranya bersinergi saling memberikan penguatan bersama pengusaha kreatif untuk menciptakan berragam inovasi dan teknologi siap pakai. Semu bisa dilaksanakan dengan baik oleh Kadin melalui berbagai terobosan yang mutakhir.

 Sebagai bekal dalam upaya meningkatkan pendanaan suatu usaha perlu menggiatkan berbagai sektor untuk menyokong. Kita sebgai bangsa Indonesia tentu akan memberikan peluang yang baik bagi dalam negeri. Sumber pendanaan dalam negeri dalam skala massif, berjangka panjang, dan signifikan dalam membangun industri di sektor-sektor yang paling strategis (pangan, perumahan, infrastruktur, energi, dsb). Masyarakat akan mendapatkan kesempatan yang lebih dengan hadirnya inovasi Kadin Indonesia.

Berbagai langkah yang bisa diambil oleh Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia dalam menggaet potensi perlu adanya sumbang saran dari masyarakat dengan jalan, salah satunya adalah dengan menyelenggarakan dialog nasional ekonomi kreatif untuk memajukan SDM dan teknologi untuk meningkatkan ekonomi kreatif.

Dewasa ini dapat kita rasakan laju perubahan dinamika perekonomian yang serba cepat dan canggih dengan di barengi komunikasi dan internet. Untuk itulah keberadaan Kadin memandang Indonesia perlu memanfaatkan potensi itu secara maksimal dengan mempersiapkan SDM terampil di bidang teknologi dan industri kreatif agar bisa bersaing di level nasional, regional, dan internasional.

Langkah jitu dalam mengembagkan sayap dalam memberikan pelayanan prima pada masyarakat, Kadin di harapkan mampu menangkap peluang pasar dengan melakukan penetrasi, seperti yang telah dilaksanakan penandatanganan MoU dengan berbagai mitra seperti Telkomsel, LinkAja, MASTEL, Indiskop, Agile, Soulfy, SmartFM, dan EndorsMe untuk mewujudkan program mendorong SDM unggul di sektor ekonom kreatif. Itu semua menandakan bahwa Kadin semakin eksis dalam dinamika masyarakat.

Sangat bijak bila kita sebagai pemangku kebijakan dan pelaku dunia usaha untuk senantiasa menggelorakan semangat untuk maju dan melangkah terdepan seperti halnya Kadin. Dengan SDM yang unggul, kita harapkan ekonomi kreatif bisa menjadi kekuatan baru, dan untuk mencapai ini, baik dunia usaha maupun pemerintah tentunya harus bekerja menciptakan terobosan-terobosan yang bisa diterapkan oleh semua pemangku kepentingan.

Beragam sektor bisa kita garap dengan apik dengan berbagai langkah yang tepat untuk mengelolanya. Beberapa sektor yang bisa di garis bawahi menjadi tiga sektor unggulan adalah kuliner, fashion, dan kriya. Dubsektor prioritas senantiasa mampu memberikan kesempatan yang baik pula diantaranya sektor film, musik, dan pengembangan aplikasi dan permainan.

Kadin senantiasa mendorong masyarakat menjadi produktif dengan berbagai inovasi. Berbagai bentuk produktivitas sumber daya manusia (SDM) diupayakan harus mampu memberikan kesempatan emas sehingga kita tidak kalah bersaing dengan negara lain. Sebagai langkah bijak dalah dengan meningkatkan produktivitas SDM sehingga memiliki standar kebutuhan industri di masa kini.

Terimakasih Kadin telah memberikan warna dalam dunia perkonomian sehingga mampu menjadi pengayom dan penopang perekonomian masyarakat dengan berbagai inovasi kreatif dalam menyongsong industri 4.0 yang akan menghantarkan bangsa Indonesia menjadi bangsa yang maju dan terdepat dalam berbagai bidang.

Referensi :
https://kadin.id/
https://www.cnnindonesia.com/ekonomi/20191010172746-92-438500/kadin-daya-saing-ri-turun-karena-produktivitas-rendah

3 komentar:

nyittt mengatakan...

semoga menang ya pak Eko,,kalah menang tetap semangat menulis ya pak.

atiq - catatanatiqoh mengatakan...

wih mantap, semoga juara :)

Han mengatakan...

Semoga menang Pak Eko