berkreasi penuh inspirasi

kita harus semangat dalam beraktifitas

Senin, 08 April 2019

Wayangku Resolusiku

Wayang membuatku bangga sebuah kebanggaan tak terkira. Dengan wayang mampu membangun karakter bangsa melalui falsafah-falsafah wayang kepada para siswa dan anak-anak kita. Dengan semangat pembaharuan melalui resolusi. Berkat falsafah wayang pula mampu melalui resolusi 2018 hingga terwujud berbagai karya diantaranya karya antologi cerpen Anak, karya buku antologi Jangan Pernah Berhenti Mengajar, Menyelamatkan Masa Depan Generasi Emas dan Majalah Pekerti majalah sekolah yang terbit setiap semester, kebetulan saya menjadi Pimpinan redaksinya. Wayang mengajarkan kira untuk cinta Tanah Air, Hormat Kepada Orang Tua, termasuk membangun Karakter Bangsa.

Ada seorang rekan yang tertarik juga setelah melihat status ku mengenai wayang dia bilang saat tetangga setel wayang dengan bahasa Jawa, namun dia tidak menerti bahasa Jawa namun tetangganya terus langsung  menjelaskan filsafat wayang sedikit demi sedikit. Akhirnya dia jadi tertarik. Awalnya tidak suka wayang karena perbedaan bahasa yang terlalu jauh dengan bahasa yang selama ini dia pergunakan. Kemudian saya tanggapi bahwa bahasa tidak terpengaruh  signifikan  yang terpenting  penokohkan, karakter danfalsafah di balik nya yang bikin kita semangat untuk belajar dengan sunguh-sungguh.
Dengan beranjaknya tahun ke tahun 2019 ini ternyata semakin bergeliat untuk mengembangkan potensi diri termasuk dalam hal berkreasi, sebagai seorang pendidik di bangku sekolah saya berkeinginan sekali untuk mengembangkan potensi peserta didik binaannku dengan berbagai lifeskill yang bermanfaat dan tepat guna kelak. Berbagai lifeskill saya coba untuk memperkenalkan kepada mereka, terutama broadcasting dan jurnalistik. Tentu semua tidak mudah untuk menggapainya termasuk dalam mengenalkan kepada mereka hingga timbul ketertarikan mempelajarinya. Namun saya berkeyakinan bahwa apa yang dilakukan kini sangat bermanfaat bagi kehidupan mereka nanti. Beragam profesi ada di sekitar kita namun perlu kita kemas semenarik mungkin untuk menjembatani mereka dengan hal-hal yang ringan dan bisa dilaksanakan walau dengan perlahan.
Semoga ditahun 2019 ini bisa meramu dengan baik untuk menumbuhkan kecintaan pada aneka profesi kepada para perserta didik sebagai peluang karier yang yang akan mereka geluti selepas lulus sekolah nanti. Apa yang kita lakukan dapat bermanfaat dan mampu menumbuhkan semangat untuk terus belajar mengasah diri dengantanpa paksaan dan mampu melakukannya sepenuh hati. Kita senantiasa berdoa untuk semua demi masa depan yang gemilang sebagi generasi emas Bangsa Indonesia.  (endry)

Tidak ada komentar: