berkreasi penuh inspirasi

kita harus semangat dalam beraktifitas

Senin, 08 April 2019

Jaheku Togaku

Sangat senang rasanya kita saat berkebun dan bertaman ada rasa suka dan nyaman dalam hati ini. Sebagai langkah yan baik untuk menumbuhkan kecintaan kita pada tananaman terutama tanaman obat keluarga. Dengan berbagai langkah akan semakin mendekatkan kita pada suatu hobi berkebun. Yang perlu di persiapkan untuk memulai dengan melakukan pelestarian lingkungan yang merupakan suatu langkah dalam rangka sumbangsih dalam lingkungan yang untuk menjaga dan melindungi bumi. Untuk itu mari kita berupaya dengan sekuat dan semampu kita, salah satunya adalah kegiatan menanam Tanaman Obat Keluarga (TOGA). Dengan TOGA kita akan semakin peduli lingkungan terlebih tanaman yang ada ternyata sangat bermanfaat dan berguna bagi kita. Berbagai macam tanaman obat bisa kita memanfaatkan lahan yang ada di sekitar kita.

Pada saat ada mahasiswa Kuliah Kerja Nyata di lembaga pendidikan kami, juga di berikan pencerahan untuk bertanam di media polybag dengan berbagai macam jenis tanaman obat keluarga, sehingga bisa kami implementasikan dalam keseharian dalam berkebun. Disamping berkebun di rumah pengetahuan tersebut juga kita lakukan untuk mengenalan TOGA kepada para siswa kami di sekolah dengan mengembangkan Green House yang representatif untuk media belajar dan berkreasi, banyak manfaat untuk mempelajari tanaman obat keluarga. Perlu sekali  ditanamkan sejak anak-anak usia dini sebagai generasi yang berkualitas untuk meningkatkan kualitas hidup sehat menjadi sumber daya yang berkualitas sehingga mampu memotivasi pola dan perilaku hidup sehat dalam kehidupan sehari-hari sehingga mampu memicu prestasi yang membanggakan.
Pada kesempatan ini kita akan membahasa mengenai Jahe dari kita untuk keluarga kita. Pasti tahu apakah tananman jahe itu, jahe merupakan tanamam yang mudah tumbuh disekitar tempat tinggal kita. Hanya dengan segumpal jahe kita bisa menanamnya dan bisa kita manfaatkan untuk kesibukan berkebu, namun dengan keterbatasan lahan tempat kita tinggal, kita bisa memanfaatkan media tanam polybag. Berjajar rapi di samping pagar rumah yang berisi polybag bisa kita manfaatkan
Tanaman jahe sangat bermanfaat sebagai minuman dan obat bagi keluarga kita. Manfaat jahe bukan hanya sebagai tumbuhan yang bisa menghangatkan tubuh saja. Beragam minuman yang bisa kita buat dengan berbahan dasar jahe. Bagaimana cara membuat minuman jahe yang biasa kami lakukan dirumah. Supaya mendapatkan manfaat jahe yang baik, sebaiknya pilih jahe segar sehingga terasa segar. Sangat mudah untuk mengolah jahe dengan mengupas lalu merebus dan mencampur dengan gula dan bila suka dengan tambahan madu serta bahan yang disukai. Mengolah jahe untuk minuman akan membuat kita akan semakin tahu manfaat minum jahe yang khas untuk kita. Ada beberapa cara membuat minuman jahe diantara dengan di parut dan langsung di tumbuk kasar. Supaya lebih enak dan meresap sebaiknya membiarkan jahe selama sekitar 5 menit dalam gelas sehingga rasanya makin enak. Air jahe dapat diminum baik panas maupun dingin dan siap untuk dihidangkan bersama keluarga. Keluarga kami sangat familier dengan minuman jahe sehingga tiap hari selalu minum jahe walau segelas bikin kita makin hangat dan sehat.
Ada kalanya kita tidak suka terlalu pedas rasa jahenya, sangat mudah bila rasanya terlalu kuat, tidak perlu risau kita bisa menambahkan jeruk nipis dan madu, coba bedakan pasti akan terasa segar dan enak. Sesuai selera dan makin kita nyaman untuk meminumnya dan kita bisa menyesesuaikan dengan keinginan kita, suka pedas ataupun suka yang sedang-sedang saja untuk itu perlu dicoba dengan resep yang berimbang.
Sering kali kami sering keluar rumah untuk mencari wedang jahe, beragam menu tersedia dengan aneka rasa termasuk wedang rondhe. Wedang ronde biasa di jual dalam gerobak yang sering kita jumpai. Wedang jahe merupakan minuman tradisional yang diwariskan oleh nenek moyang kita sejak dulu hingga secara turun temurun menjadi sajian yang sangat dinantikan kehadirannya secara unik dan sesuai selera pembuatnya. Sebagai minuman tradisional yang kita dibuat dari bahan alami dan diolah dengan cara yang sederhana. Beberapa minuman tradisional mempunyai kashiat bagi peningkatan stamina kesehatan kita.
Jahe kita kenal sebagai tanaman herbal yang paling mudah kita  dikenali aromanya, dengan aroma yang khas akan segera kita ketahui bahwa itu adalah jahe yang kita suka apalagi diseduh dengan campuran madu dan jeruk nipis. Semua ini juga memiliki manfaat agar traveling kalian dihindari dari rasa tidak nyaman karena cuaca yang ekstrim. Cuaca ekstrim dengan cuaca yan tidak menentu terkadang dingin dan terkadang panas. Seperti kita ketahui bahwa cuaca dingin memang sangat tidak nyaman bagi kita dan akan berdampak buruk bagi kesehatan kita. Walaupun kita sudah mengenakan jaket tebal dengan kaos kaki pula namun apalagi kondisi stamina kesehatan kita sedang menurun akan menambah tununnya derajat tingkat kesehatan kita.  (endry)

Tidak ada komentar: