berkreasi penuh inspirasi

kita harus semangat dalam beraktifitas

Kamis, 21 November 2019

Merengkuh Kemandirian sesi 4


Setelah kita sadar-sesadarnya akan kekurangan diri kita, tentu kita tidak hanya tinggal diam belaka, namun terus berupaya untuk senantiasa berbenah dan berbenah, yang lebih baik untuk meningkatkan rasa percaya diri, yang diperkuat oleh kelebihan dan kemampuan kita. 



Kelebihan pada diri kita akan bisa kita rasakan dengan segera, tanpa adanya kritikan dari orang lain, dan biasa kita lakukan untuk menambah rasa percaya diri, dengan menonjolkan kemampuan kita dalam berbagai hal. Kemampuan yang kita miliki merupakan bagian dari pesona diri kita, saat berada di hadapan orang lain dan pada masyarakat secara luas.

Secara sadar tentu kita akan mengatakan, saya bisa dan saya mampu untuk melakukannya. Dengan niat dan itikat baik, tanpa ada perasaan ragu untuk melangkah, akan memudahkan kita untuk semakin meningkatkan rasa percaya diri. 

Untuk itulah perlunya kita dalam meningkatkan pemahan diri kita. Kelebihan yang kita miliki, harus terus untuk kita pelihara dengan baik, dengan jalan terus belajar dan mendalami bidang ilmu keahlian kita. Segala hal yang membangkitkan di upayakan untuk di kembangkan secara kontinu dan berkesinambungan.

Tidak ada kata tidak, dalam mengembangkan potensi diri, yang ada hanyalah tekun dan selalu berusaha. Hanya dari kita semua berawal dan hanya dari kita semua bisa dilakukan. Teruslah untuk maju dan berkembang sesuai bidang keahlian kita, semua yang kita lakuakan akan membuahkan hasil maksimal dengan dukungan kita sebagai pribadi yang baik. Perluas kecakapan hidup dengan beragam kemampuan yang telah kita miliki.

Kelebihan kita akan nampak dengan sendirinya, tatkala kita bisa menyesuaiakan dengan lingkungan sekitar. Lingkungan kita ibarat sayuran, yang siap sedia setiap saat untuk kita konsumsi. Namun sebagai sayuran tentu harus mengalami proses memasak, hingga dapat kita konsumsi dengan lezat.

Makanan yang kita konsumsipun, akan semakin nikmat dan menggugah selera makan kita. Kelebihan kita harus kita tonjolkan dengan dalih untuk meningkatkan potensi diri, namun perlu di ingat bahwa potensi yang kita tonjolkan adalah potensi yang positif dan bisa di rasakan manfaatnya bagi orang lain.

Segala yang kita miliki merupakan suatu yang berharga dan bisa di nikmati dengan baik, apabila kita mampu mengelolanya dengan baik pula. Pengelolaan diri sangat perlu di perkuat untuk menjaga potensi diri kita ke arah yang semakin baik. Untuk itulah pengembangan diri sangat kita butuhkan dan perlu kita lakukan peningkatan. 

Ada kalanya kita bisa memberikan kesempatan untuk mengikuti berbagai aktifitas dan perkumpulan.  Hal yang sering terlupakan adalah kurang kepemahaman mengenai perlunya sebuah perkumpulan, yang sejatinya bisa meningkatkan pengetahuan yang banyak.

Dari berbagai kegiatan perkumpulan, bisa dilakukan dengan harapan untuk mendapatkan umpan balik. Masukan dari kelompok mengenai kemampuan kita akan memudahkan kita untuk memahami diri kita sendiri, sehingga pola pikir kita akan semakin terasah.

Di era kini sebuah perkumpulan semakin menjamur, dengan berbagai karakteristik yang beragam. Mulai dari yang sederhana, hingga perkumpulan yang luar biasa dengan berbagai aktifitas, yang memberikan nilai lebih bagi para anggota komunitas.

Semakin cakap kita dalam berkomunikasi, akan memberikan peluang yang lebih dalam mengembangkan potensi diri. Sebagai bagian dalam penguatan diri, akan memberikan banyak hal yang akan mendatangkan manfaat yang kita butuhkan. Inilah langkah awal kita bisa meraih kesuksesan dalam mengelola komunikasi secara bijak.  (endry) bersambung

5 komentar:

Han mengatakan...

Perjalanannya Pak Eko keren banget. Lanjut Pak. Semangat!

atiq - catatanatiqoh mengatakan...

wah mantap Pak Eko :)

Lia Anelia mengatakan...

Komunikasi yang baik, awal dari kesuksesan, ya Pak... mantap Pak Eko. 👍

Yulia Tan mengatakan...

Keren.... Lihat fotonya jadi pengen bina PMR lagi 🤭

Mak 'Nces mengatakan...

Tulisan pak eko selalu membuat motivasi untuk terus berkarya.semangat terus ya pak eko 💪🏻🙏🏻🤗