berkreasi penuh inspirasi

kita harus semangat dalam beraktifitas

Sabtu, 21 September 2019

Mengebor Air Tanah


Pernahkah kita menakar air yang kita pergunakan sehari-hari, mulai bangun tidur hingga tidur kembali? Mudahkah kita mendapatkan air untuk mencukupi keperluan? Tahukah kita ada yang mengalami kesulitan air? Apa yang kita perlakukan untuk air tetap terjaga? Sederetan pertanyaan mengenai air yang senantiasa kita temui saat musim kemarau.


Dua orang berperawakan kekar membawa pipa dengan pengait besi. Menuaikan tugas membantu mengebor air tanah dengan peralatan sederhana. Dengan sigap penuh semangat, siap mengerjakan pengeboran di lokasi area persawahan. Dengan cekatan merangkai pipa besi menjadi kesatuan pengeboran.

Peralatan sudah siap tiba waktunya untuk memulai, pipa besi dipasang mata bor untuk mempermudah pengeboran. Dengan penuh kekuatan mata bor ditusukan ke tanah untuk mengawali lubang pengeboran. Tepat  di sebelah parit di bawah pohon turi sebagai tempat sumur baru. Begitu lubang sudah menganga lebar, tiba waktunya mengerahkan tenaga ekstra untuk  menggerakkan pengait pipa ke kanan dan kekiri.

Sudah dua jam pengeboran, tak terasa sambungan pipa hampir penuh, sebagai tanda sudah menembus tanah beberapa meter. Dalam sekejab air menampakan kekuatan, menembus pipa besi disertai lumpur yang halus. Semakin kuat menggerakan pipa besi untuk mengangkat lumpur menuju permukaan.

Rasa lega tak terhiraukan tatkala berhamburan air, membuahkan kesungguhan dalam menggapai sumber air tanah. Berpeluh untuk mengalirkan air dalam kesejukan, tanpa ragu membasahi bumi demi menyelamatkan kehidupan. Yang kita harapkan bisa memberikan manfaat dengan segala keiklasan dan niat untuk sesama.

Sangat berat mendapatkan setetes air di musim kemarau. Bulir padi mulai berisi dengan keras, menggerombol menyatu dalam ikatan. Menopang dengan kuat beratnya padi dan daun dengan batang kian tegak berdiri. Betapa berat membesarkan bulir padi menjadi beras yang siap untuk kita konsumsi.

Air sangat vital untuk kehidupan kita, semua makhluk membutuhkan keberlangsungan berkembangbiak. Air membawa kekuatan menggerakan sendi-sendi kehidupan yang hakiki. Berbekal air semakin menambah kekuatan, melangkah dengan menggapai kehidupan yang diidamkan. Semoga air senatiasa menyatukan kehidupan denagn segala kedinamisannya.
#OdopBatch7 #OneDayOnePosting

Tidak ada komentar: